Penerapan metode pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X Akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang tahun ajaran 2010/2011) / Ratna Suliyantiningtias

Main Author: Suliyantiningtias, Ratna
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/27729/
Daftar Isi:
  • KataKunciModelPembelajaranNumberedHeadTogether(NHT)PrestasiBelajarSiswaPerkembangansuatubangsasangatdipengaruhiolehkualitassumberdayamanusia(SDM).MengingatdenganadanyatuntutanperkembanganzamansaatinikualitasSDMsangatditentukanolehfaktorpendidikan.Peranpendidikansangatpentinguntukmenciptakankehidupanyangcerdaskreatifdaninovatif.SalahsatuupayayangdilakukannegarauntukmeningkatkankualitaspendidikannasionaladalahdenganmelakukanpenyempurnaankurikulumdariKBK(KurikulumBerbasisKompetensi)disempurnakanmenjadiKTSP(KurikulumTingkatSatuanPendidikan).HasilwawancaradengangurumatapelajaranKewirausahaanmenunjukkanbahwagurumasihmenggunakanmetodepembelajarankonvensionalatauguruyanglebihbanyakmendominasiprosespembelajaran.Denganmetodeinimayoritassiswacenderungbosandanpasifinikarenamerekaterbiasabergantungpadamateriyangdisampaikanguru.Muridjugatidakaktifdalammengikutipelajaran.SalahsatumetodeyangdapatdijadikanalternatifdalammeningkatkankeaktifandanprestasibelajarsiswaadalahmodelpembelajaranNHT.Pendekatanyangdigunakanpadapenelitianiniadalahpendekatankualitatifkarenadatayangdiperolehdinyatakanbersifatdeskriptif.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasXprogramkeahlianAkuntansidenganmatapelajaranKewirausahaantahunajaran2010/2011diSMKArdjuna2Malang.Datadikumpulkandengancaraobservasiwawancaratescatatanlapanganangketdandokumentasi.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)Penerapanpembelajarankooperatifmodelnumberedheadtogether.(2)Apakahpenerapanpembelajarankooperatifmodelnumberedheadtogetherdapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa.(3)Hambatandansolusidalampelaksanaanpembelajarankooperatifmodelnumberedheadtogether.(4)Responsiswasetelahmengikutipembelajarankooperatifmodelnumberedheadtogether.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelNHTpadamatapelajaranKewirausahaankelasXAkuntansiSMKARDJUNA2Malang(1)dapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa.(2)Padaaktivitasbelajarsiswayangdilakukandisetiapsiklusdiperolehhasilyangbaik.(3)Terdapatbeberapafaktorpenghambatdansolusinyadalampenelitianini.(4)Responsiswasangattinggihalinidapatmenunjukkanbahwaadanyapeningkatkanrasasalingpercayaantarsesamatemansiswabisalebihaktifdalampembelajarandikelasmerasalebihberanimengungkapkanpendapatdapatmelatihmerekaberbagipengetahuandenganteman-temanmerekadapatmenghargaipendapatoranglainmerekalebihmudahmemahamimaterimerasabetahbelajardikelaskarenasuasanatidakmembosankanbisasalingmembantubisamembuatbersemangatuntukmempelajarikembalimateriyangtelahdisampaikandirumah.KemampuansiswadalammemahamimaterisecaracepatdantepatpadamatapelajaranKewirausahaanjugamengalamipeningkatan.22orangsiswayangmenjadisubyekpenelitiansebanyak90.9%(20orang)sudahtuntasbelajardisiklusII.SebelumnyasiswayangtuntasdisiklusIhanya13siswa(477%).BerdasarkanhasilpenelitianmenunjukkanbahwadenganmodelpembelajaranNumberedHeadTogether(NHT)dapatmeningkatkanprestasibelajarsiswahalinidapatdilihatdarinilairata-ratakelassebelumpenerapanmetodeNHTadalah535dan575.DansetelahpenerapanmetodeNHTnilairata-ratakelaspadasiklusIsebesar677dansebesar816padasiklusII.Adapunsaranyangdapatdiberikanpenelitidaripenelitianyangtelahdilakukaniniadalah(1)PembelajarankooperatifmodelNHTsangatbermanfaatbagisiswakarenamodelpembelajaraninitelahtebuktidapatmeningkatkanprestasibelajarsiswasehinggabagigurumatadiklatKewirausahaandangurumatadiklatyanglainnyadiharapkandapatmenerapkanpembelajaranNHTini.DalammenerapkanpembelajrankooperatifmodelNHThendaknyagurujugaharusmemperhatikanalokasiwaktudankeaktifankelas.(2)BagipenelitiberikutnyadapatmelakukanpenelitiantentangpembelajarankooperatifmodelNHTadamatadiklatlainselainmatadiklatKewirausahaandandapatdikembangkanuntuksekolah-sekolahlain.(3)Guruharusdapatmemotivasisiswauntukmengadakanpersiapanbelajardirumahsebelummateridisampaikandisekolah.Dengancaramemberitahusiswasebelumdiadakantes.Sehinggasiswaakanlebihtermotivasiuntukbelajarsebelumtes.(4)PembelajarankooperatifmodelNHTsangatmemerlukansaranadanprasaranapembelajaranyangmemadaimisalnyaruangpembelajaransertamediapembelajaranmisalnyaOHPdanLCD.Olehkarenaitudukungandaripihaksekolahsebagaipenyediasaranadanprasaranasangatdiperlukan