Implementasi pembelajaran kooperatif model TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK 2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari pada mata pelajaran menerapkan prinsip kerjasama dengan kolega dan pelangga
Main Author: | Azhar MR., Vicky |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/27722/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPembelajaranKooperatifTeamAssistedIndividualizationAktivitasHasilbelajar.PendidikanmempunyaiperananpentingdalammeningkatkankualitassumberdayamanusiadiIndonesia.Berbagaiupayapendidikantelahdilakukanuntukmeningkatkankualitassumberdayamanusiatersebut.SalahsatunyaadalahdenganmelakukanpengembangankurikulumdiIndonesiasecarabertahapdandisesuaikandenganperkembangandankemajuanjaman.Selainpengembangankurikulumhalyangperludiperhatikandalamupayameningkatkankualitassumberdayamanusiaadalahprosespembelajaran.PadaSMKMuhammadiyah3Singosarimetodepembelajaranyangbanyakditerapkanadalahmetodekonvensionalseperticeramahdantanyajawabyangmenyebabkansiswapasifdankurangmandiridalambelajar.Olehkarenaitudiperlukansuatustrategiyangdapatmendorongsiswauntuklebihaktifdalamkegiatanbelajarmengajar.Strategitersebutdapatdilakukandenganmengimpelentasikanpembelajarankooperatifsehinggasuasanabelajarlebihkondusifdanmendorongperanaktifsiswadalambelajar.SalahsatubentukpembelajarankooperatifadalahmodelpembelajaranTAI(TeamAssistedIndividualization)dimanasiswaberinteraksidansalingmembantusatusamalainsehinggasecaralangsungdapatmendorongsiswauntuklebihaktifdalampembelajaran.Penelitianinimerupakanjenispenelitiantindakankelasdenganmenggunakanpendekatankualitatif.Pelaksanaanpenelitiantindakankelasinidilakukanmelaluiduasiklusdimanatiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasidan(4)refleksi.SubyekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXAPK2SMKMuhammadiyah3Singosari.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasi(pengamatan)interview(wawancara)dokumentasitesdancatatanlapangan.TeknikanalisisdatadalampenelitianinimelaluitigatahapyaituDataReduction(ReduksiData)DataDisplay(PenyajianData)danConclusionDrawing(PenarikanKesimpulan).Hasilpenelitianinitelahterbuktimampumeningkatkanaktivitasbelajarsiswadarisikluskesiklus.PadasiklusIaktivitaskooperatifsiswasecaraklasikalhanyamencapaipersentasesebesar5836%.PadasiklusIImeningkatsebesar2837%menjadi8673%.Selainitupenilitianinimenunjukkanpeningkatanterhadaphasilbelajarsiswabaikdalamranahkognitifmaupunafektif.Padaranahkognitifpeningkatantersebutterlihatdariperbandinganhasilpre-testyangdilaksanakanpadasaatpratindakandenganhasilpost-testyangdiberikanpadasaatakhirpenerapan.Jumlahsiswayangtuntasbelajarpadasaatpre-testsebanyak3siswa(91%)sedangkanyangbelumtuntassebanyak30siswa(909%).Hasilpost-testsiklusImenunjukkanpeningkatanhasilbelajardengansiswayangtuntassebanyak23siswa(6969%)danyangbelumtuntassebanyak10siswa(3031%).Untukhasilpost-testsiklusIIjugamenunjukkanpeningkatanhasilbelajarjikadibandingkandengansiklusIyaitudenganjumlahsiswayangtuntassebanyak30siswa(909%)danyangbelumtuntassebanyak3siswa(91%).Walaupunpadapost-testsiklusIImasihterdapatsiswayangbelumtuntasiniadalahhalyangwajarkarenacukupsulituntukmencapaitarafkeberhasilan100%siswatuntassemua.SedangkanpadaranahafektifpadasiklusIterdapatsiswayangtidaktuntassebanyak9siswa(2727%)danyangtuntassebanyak24siswa(7273%).PadasiklusIImeningkatmenjadi100%siswatuntasdalampenilaianafektif.Berdasarkanhasilpenelitianinipenelitimenyarankan(1)BagiSMKMuhammadiyah3SingosariperlumenyediakansaranadanprasaranauntukmendukungefektivitaspenerapanpembelajarankooperatifmodelTAI(TeamAssistedIndividualization)yaituberupapengadaanliteraturgunamempermudahsiswadalammemperolehinformasidanmemperlancarprosesbelajar(2)BagiguruMenerapkanPrinsipKerjasamadenganKolegadanPelanggandiSMKpembelajarankooperatifmodelTAI(TeamAssistedIndividualization)dapatdijadikanalternatifpilihandalampraktikpembelajarandikelaskarenadapatmendorongsiswamenjadilebihaktifyangnantinyadapatberpengaruhpadahasilbelajar(3)BagipenelitiselanjutnyadisarankanuntukmelakukanpenelitiantentangpembelajarankooperatifmodelTAI(TeamAssistedIndividualization)padapengajaranmatadiklatyangsamaataumatadiklatlainnyaditempatyangberbedauntukmengembangkanmodelpembelajaranyanginovatifdankreatifdalamprosespembelajaran(4)Bagisiswahendaknyamempersiapkandiridenganbelajarterlebihdahulusebelummengikutipembelajarandikelassehinggapadasaatdiskusikelassiswamudahmengikutipembelajarandansiswajugaperlumeningkatkankeberaniandalammengajukanpertanyaanmaupunberargumentasigunalebihmemahamiterhadapmateriyangdipelajari.