Penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X MM 3 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Valian Abrori
Main Author: | Abrori, Valian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/27716/ |
Daftar Isi:
- KatakunciModelNumberedHeadsTogetherAktivitasbelajarHasilbelajar.Pendidikanmerupakansuatuhalyangsangatpentingbagikemajuanbangsa.Untukmewujudkanpendidikanyangmaksimaldiperlukanupayauntukmeningkatkanmutupendidikan.BerbagaiupayatelahdilakukanpemerintahuntukmeningkatkankualitaspendidikandiIndonesia.SalahsatunyaadalahpenyempurnaankurikulumdariKBK(KurikulumBerbasisKompetensi)menjadiKTSP(KurikulumTingkatSatuanPendidikan).KTSPdirancanguntukmeningkatkanmutupendidikandandisesuaikandengankarakteristiksekolah.Untukmewujudkankualitaspendidikanyangoptimaldiperlukankerjasamadariberbagaipihakbaikdarigurusiswamaupunlingkungansekolah.Agardapatmenciptakansituasipembelajaranyanglebihbervariasidandapatmeningkatkanperansiswadalampembelajaranmakaperluditerapkanmetodepembelajaranmisalnyametodepembelajarankooperatifkarenadapatdijadikansebagaisalahsatualternatifdalampembelajaranuntukmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswa.Penelitianinimerupakanjenispenelitiantidakankelasdenganmenggunakanpendekatankualitatifdandilakukanmelaluiduasiklus.SubyeknyaadalahsiswakelasXMultimedia3diSMKMuhammadiyah3Singosari.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasi(pengamatan)interview(wawancara)dokumentasitescatatanlapangandanangketbelajarafektifisiswa.TeknikanalisisdatayangdigunakanmelaluitigatahapyaituReduksiDataPenyajianDatadanPenarikanKesimpulan.PenelitianinibertujuanuntukmenerapkanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogetherpadasiswakelasXMultimedia3matapelajaranKewirausahaandiSMKMuhammadiyah3Singosarimeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswasertauntukmengetahuikendala-kendalapadasaatprosespembelajaran.Hasilpenelitianinitelahterbuktimampumeningkatkanaktivitasbelajarsiswadarisikluskesiklus.PadasiklusIskoryangdiperolehadalah31danskormaksimalnya40denganpersentasenilairata-rata7750%dantermasukdalamkategorikurangbaik.PadasiklusIIskoryangdiperolehadalah35danskormaksimalnya40denganpersentasenilairata-rata8750%dantermasukdalamkategorisangatbaik.Selainitupenilitianinimenunjukkanpeningkatanterhadaphasilbelajarsiswayangterlihatdariperbandinganhasilpre-testyangdilaksanakanpadasaatpratindakandenganhasilpost-testyangdiberikanpadasaatakhirpenerapan.Jumlahsiswayangtuntasbelajarpadasaatpre-testsebanyak7siswa(2187%)sedangkanyangbelumtuntassebanyak25siswa(7813%).Hasilpost-testsiklusImenunjukkanpeningkatanhasilbelajardengansiswayangtuntassebanyak22siswa(6875%)danyangbelumtuntassebanyak10siswa(3125%).Untukhasilpost-testsiklusIIjugamenunjukkanpeningkatanhasilbelajarjikadibandingkandengansiklusIyaitudenganjumlahsiswayangtuntassebanyak27siswa(8437%)danyangbelumtuntashanyasebanyak5siswa(1563%).Saranyangdapatpenelitiberikanadalahsebagaiberikut(1)GurumatapelajaranKewirausahaanhendaknyalebihmemotivasisiswaagarberpikiraktifsalingbekerjasamaantarsiswadanmemberikanbimbinganpadasiswauntukmemecahkansuatumasalah(2)pembelajarankooperatifdenganmodelNumberedHeadsTogetherdapatdigunakansebagaisalahsatualternatifyangdapatdipakaiGurumatapelajaranKewirausahaandalammelaksanakanpembelajaranterhadapsiswa.Karenadenganmetodetersebutdapatmeningkatkanaktivitassiswamenimbulkankerjasamaanggotadanmendorongsiswauntukmenghargaipendapatoranglainsehinggamendorongsemangatbelajardanakhirnyadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.