Implementasi pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (Studi pada siswa kelas XII Jurusan Akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Zaifullah

Main Author: Zaifullah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/27703/
Daftar Isi:
  • KatakunciPembelajarankooperatifGroupInvestigationKeaktifanHasilbelajarPembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI)dilakukanuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.PembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI)merupakanvariasidalampembelajaran.Berdasarkanhasilpenelitianmenunjukkanbahwasemakintinggikeaktifansiswadalambelajarmakasemakinbaikhasilbelajarmereka.Penelitianinidilakukanuntukmengetahuikeaktifandanhasilbelajarpadamatapelajarankewirausahaan.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)penerapanmodelpembelajaranGroupInvestigation(2)keaktifanbelajarsiswapadasaatpenerapankooperatifmodelGroupInvestigation(3)hasilbelajarsiswasetelahdiadakanpembelajarankooperatifmodelgroupinvestigation(4)responsiswapadasaatpenerapankooperatifmodelGroupInvestigationpadamatapelajarankewirausahaan.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilakukandalamduasiklusdimanadalamsetiapsiklusmeliputiempattahapyaituperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.SubjekpenelitianadalahkelasXIIjurusanAkuntansi2SMKMuhammadiyah5Kepanjen.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakantespanduanobservasiformatpenilaiandanangketuntuksiswadandokumentasi.DalamtindakansiklusIkeaktifandanhasilbelajarpembelajaranmasihkurang.PadatindakansiklusIIkeaktifansiswasudahsangatbaikdibandingkandengansiklusI.Teknisanalisisdilakukandengancarareduksidatapenyajiandatasertapenarikankesimpulan.Hasilbelajarterdiridariaspekkognitifdenganmenganalisishasilpretesdanposttessetiapsiklus.Sedangkanaspekafektifdanpsikomotordianalisisdenganmenghitungpersentasefrekuensisetiapindikatoryangmuncul.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)pembelajarankooperatifmodelGroupInvestigationsangatbermanfaatbagisiswakarenamodeltersebuttelahterbuktidapatmeningkatkankeaktifanbelajarsiswakeaktifanbelajarsiswayangpadasiklusIsebesar514%meningkatpadasiklusIIsebesar816%.(2)hasilbelajarsiswasetelahditerapkanpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigationmengalamipeningkatandimanadiketahuipadatindakansiklus1nilaiposttestsiswameningkatsebesar86%dibandingnilaipretestmerekasebesar43%.Padatindakansiklus2nilaiposttestsiswameningkatsebesar73%dibandingkannilaiposttestmerekasebesar933%.Diketahuibahwadalamtindakansiklus2inikelastelahmemenuhitarafketuntasanbelajardimanapersentasesiswayangtuntasbelajardiatasbatasminimumpersentaseketuntasanbelajarkelas.Berdasarkanpenelitianinisaranyangdiajukanadalahsebagaiberikut(1)KepalaSekolahhendaknyadapatmenjadikanpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI)sebagaisalahsatupertimbangandalamupayamemperbaikipenerapanstrategipembelajarandisekolah(2)GuruhendaknyadapatmenjadikanpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI)sebagaivariasidalampemilihanmodelpembelajarandengantujuanagarsiswatidakbosanataujenuhsertasiswadapatlebihaktifdanberpartisipasidalamkegiatanpembelajaran(3)SiswaseharusnyadapatberpikirkreatifaktifmandiridanlebihtermotivasidalamprosespembelajaranmelaluipenerapanpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigation(GI).Sehinggasiswatidakterlalubergantunglagiterhadapguru.