Penerapan kolaborasi pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) dengan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (studi pada siswa kelas XI Jurusan Penjualan SMK Wisnuwardhana Malang) / Irma Setyoningsih

Main Author: Setyoningsih, Irma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/27681/
Daftar Isi:
  • KataKunciPembelajaranKooperatifThinkPairShare(TPS)ProblemBasedLearning(PBL)danhasilbelajar.Pendidikanmempunyaiperananyangsangatpentingdalampembangunan.Pembangunandalamduniapendidikanbertujuanuntukmengembangkansumberdayamanusiayangberkualitasdanberbagaiusahatelahdilakukanuntukmeningkatkanmutudaripendidikan.Mutupendidikanakantercapaijikaprosesbelajarefisiendanefektif.Agarprosesbelajardilakukansecaraefisiendanefektifperludiperhatikanadanyakemampuanbelajarsiswapenentuanmetodemengajaryangdigunakanguruserta.Peningkatanpembelajaranyangdilakukanolehgurusalahsatunyadenganpenerapanmodelpembelajaranyangberfungsisebagaisaranakomunikasiantaragurudengansiswanya.Tujuanpenelitianiniadalah(1)UntukmendeskripsikanPenerapanKolaborasiPembelajaranKooperatifModelThinkPairShare(TPS)DenganPengajaranBerbasisMasalah(PBL)(StudiPadaSiswaKelasXIJurusanPenjualanSMKWisnuwardhanaMalang).(2)UntukmengetahuihasilbelajarmatadiklatkewirausahaansiswakelasXIjurusanpenjualanSMKWisnuwardhanaMalangmelaluipenerapankolaborasipembelajarankooperatifmodelThinkPairShare(TPS)denganProblemBasedLearning(PBL).Berdasarkanpermasalahandantujuanpenelitianmakapenelitianinibersifatdeskriptifdanmenggunakananalisispendekatankualitatif.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas.PenelitianiniterdiridarisiklusIdansiklusII.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXJurusanPenjualanSMKWisnuwardhanaMalang.Penilaianpenelitianiniterdiridariaspekkognitifdanafektif.BerdasarkanhasilanalisisketuntasanbelajarsiswaditinjaudariaspekkognitifpadasiklusIdapatdiketahuibahwajumlahsiswayangtuntasbelajarpadasiklusI17siswaatau425%danjumlahsiswayangbelumtuntasbelajarsebanyak23siswaatau575%.SedangkanpadasiklusIIdapatdiketahuibahwajumlahsiswayangtuntasbelajar19siswaatau475%danjumlahsiswayangbelumtuntasbelajarsebanyak21siswaatau525%.DarihasilbelajarsiswapadasiklusIIdapatdisimpulkanbahwakolaborasipembelajarankooperatifmodelThinkPairSharedenganProblemBasedLearningbelumdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswasecarasignifikan.Beberapasaranyangdapatpenelitisampaikanyaitu(1)BagiGurudisarankanuntukmencobamenerapkankolaborasipembelajarankooperatifmodelThinkPairSharedenganProblemBasedLearningdikarenakansiswamemberikanresponpositifterhadappenerapankolaborasipembelajarankooperatifmodelThinkPairSharedenganProblemBasedLearning.(2)BagiKepalaSekolahhendaknyalebihmemperhatikankebutuhansiswaakanbuku-bukupelajaran(3)Bagisiswalebihmeningkatkankreatifitasuntukberfikirlebihmajuberanimengungkapkanpendapatdanbisalebihseriusdalammengikutipembelajaran.(4)BagiPenelitiselanjutnyaapabilamenerapkanpembelajarankolaborasiTPSdenganPBLlebihmenggunakanwaktudengansebaik-baiknyakarenamodelkolaborasipembelajaranTPSdenganPBLinimembutuhkanwaktuyanglama.