Penerapan kolaborasi pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) dengan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan kelas XI di SMK Negeri 1 Turen / Luluk Atus Sholichah
Main Author: | Sholichah, Luluk Atus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/27679/ |
Daftar Isi:
- KatakunciNHT(NumberedHeadsTogether)PBL(ProblemBasedLearning)AktivitasdanHasilBelajar.Pendidikanmerupakankomponenterpentingdalampembangunanbangsadannegarakegiatanpendidikanberupaprosesbelajarmengajar/prosespembelajaranmerupakanhalyangsangatpentingsebabkeberhasilansebuahpendidikansangatdipengaruhidanditentukanolehpelaksanaanpembelajaran.Keberhasilanprogrampendidikanmelaluiprosesbelajarmengajardisekolahsebagailembagapendidikanformalsangatdipengaruhiolehbeberapafaktoryaitusiswakurikulumtenagakependidikanbiayasaranadanprasaranasertafaktorlingkungan.Tujuanpenelitianiniadalah(1)UntukmendeskripsikanpenerapankolaborasipembelajarankooperatifNumberedHeadsTogetherdenganPengajaranBerbasisMasalah(PBL).(2)Untukmengetahuipeningkatanaktivitasbelajar.(3)Untukmengetahuipeningkatanhasilbelajar.(4)UntukmendeskripsikanresponsiswaterhadappenerapankolaborasipembelajarankooperatifdenganmodelNumberedHeadsTogetherdenganProblemBasedLearning(PBL).Penelitianinibersifatdeskriptifdanmenggunakananalisispendekataninduktif.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(classroomactionresearch).AlatpengumpulandatamenggunakanSoalteslembarobservasilembarcatatanlapanganangketdanpedomanwawancara.SumberdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahsiswakelasXISMKNegeri1Turentahunajaran2009/2010.HasilbelajarsiswapadasiklusImenunjukkanrata-rataskortessiswapadasiklusIsebelumditerapkankolaborasipembelajarankooperatifmodelNHTdenganPBLadalah60denganskortertinggi80dandapatdiketahuibahwasebelumpemberiantindakannilaipretestsiklusIjumlahsiswayangtuntasbelajarsebanyak4siswa(10%)dansiswayangbelumtuntasbelajarsebanyak36siswa(90%).SetelahpemberiantindakannilaiposttestsiklusIjumlahsiswayangtuntasbelajaradalah18siswa(45%)dansiswayangbelumtuntasbelajarsebanyak22siswa(55%).ArtinyaterjadipeningkatanjumlahsiswayangtuntasbelajarsebelumdansesudahpemberiantindakansiklusIsebesar35%.SedangkanpadasiklusIIrata-rataskortessiswasebelumditerapkankolaborasimodelNHTdenganPBLadalah6952denganskortertinggi85dandapatdiketahuibahwasebelumpemberiantindakannilaipretestsiklusIIjumlahsiswayangtuntasbelajarsebanyak15siswa(374%)dansiswayangbelumtuntasbelajarsebanyak2siswa(5%).SetelahpemberiantindakannilaiposttestsiklusIIjumlahsiswayangtuntasbelajaradalah38siswa(95%)dansiswayangbelumtuntasbelajarsebanyak2siswa(5%).ArtinyaterjadipeningkatanjumlahsiswayangtuntasbelajarsebelumdansesudahpemberiantindakansiklusIsebesar576%.Dalampenelitianiniaktivitasbelajarsiswadianalisisberdasarkanobservasiaktivitasbelajarsiswayangterdiridari4indikatorantaralain(a)SalingketergantunganpositifPadasiklusImenunjukkanadanyapeningkatan.Persentaserata-ratakualitasbelajarmencapai775%denganaktivitasbelajardikategorikanbaiksedangkanpadasiklusIImeningkatmenjadi95%menunjukkanaktivitasbelajarbaik.(b)InteraksitatapmukaBerdasarkananalisisdatadiketahuibahwaaktifitasbelajarsiswayangditinjaudariunsurinteraksitatapmukapadasiklusImenunjukkanpersentaserata-rata60%denganaktivitasbelajarsedangdanmeningkat875%padasiklusIImenunjukkanaktivitasbelajarbaik.(c)AkuntabilitasindividuBerdasarkananalisisdatadiketahuibahwaaktivitasbelajarsiswayangditinjaudariunsurakuntabilitasindividulpadasiklusImenunjukkanaktivitasrata-ratakualitasbelajarpadaelemeninisebesar70%menunjukkanaktivitassedangdanpadasiklusIIyaitusebesar975%menunjukkanaktivitasbaik.(d)KeterampilanmenjalinhubunganantarindividudankelompokBerdasarkananalisisdatadiketahuibahwaaktivitasbelajarsiswayangditinjaudariketerampilanmenjalinhubunganantarindividudankelompokpadasiklusImenunjukkanpersentaserata-rata901%menunjukkanaktivitasbaikdanmeningkat49%padasiklusIIyaitusebesar95%menunjukkanaktivitasbaik.KesimpulanyangdapatdiperolehdariPenerapanKolaborasiPembelajaranKooperatifModelNumberedHeadsTogether(NHT)denganProblemBasedLearning(PBL)dapatMeningkatkanAktivitasDanHasilBelajarSiswaBeberapasaranyangdapatpenelitisampaikanyaituBagiKepalaSMKdanseluruhgurukhususnyagurumatadiklatkewirausahaanuntukmencobamenerapkanpembelajaranmetodeNHT(NumberedHeadsTogether)denganPBL(problembasedlearning)padabahasanyanglainkarenasiswamemberikanresponyangpositifterhadappembelajaranmetodeinidandapatmengimplementasikanmetodeNHT(NumberedHeadsTogether)denganPBL(problembasedlearning)padapokokbahasanyangsesuaiuntukmenciptakansuasanabelajaryangmenyenangkan.Dengandemikiansiswaakantermotivasiuntukbelajarsehinggadapatmeningkatkanhasilbelajarnya..BagipenelitilainyanginginmengembangkanpenelitianinidisarankanuntukmenerapkanmetodepembelajaranNumberedHeadsTogetherdenganProblembasedlearningpadamatadiklatyangberbeda.