Penerapan kolaborasi pembelajaran kooperatif model student teams achievement division (Stad) dengan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat pelayanan prima (Studi pada siswa kelas X penjualan SMK Wisnuwardhana Malang) / Rizki

Main Author: Fadhilah, Rizki Lailatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/27676/
Daftar Isi:
  • KatakunciPembelajaranKooperatifSTAD(StudentTeamsAchievementDivision)PBL(ProblemBasedLearning).danhasilbelajarPerkembanganilmupengetahuandanteknologiyangsemakinpesatmenuntutlembagapendidikanuntuklebihdapatmenyesuaikandenganperkembanganilmupengetahuan.MelaluipendidikanakandihasilkanpeningkatankualitasSumberDayaManusia(SDM)yaitumanusiayangkreatifproduktifdaninovatif.Pendidikanmempunyaiperananyangsangatpentingkarenapendidikanmerupakanusahasadaruntukmenyiapkanpesertadidikuntukmelakukankegiatanbimbinganpengajarandanlatihansebagaiperanannyayangakandatang.Tujuanpenelitianiniadalah(1)UntukmengetahuiprosesbelajarmengajarsebelumdansetelahpenerapankolaborasipembelajarankooperatifmodelSTADdenganPBL(2)UntukmengetahuihasilbelajarsiswakelasXsebelumdansetelahpenerapankolaborasipembelajarankooperatifmodelSTADdenganPBL(3)UntukmengetahuifaktorpendukungdanpenghambatdalampenerapankolaborasipembelajarankooperatifmodelSTADdenganPBL.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilakukandalamduasiklus.Setiapsiklusterdiridaritahap-tahapperencanaanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.SubyekpenelitianadalahkelasXPenjualanSMKWisnuwardhanaMalang.PengumpulandatadilakukandenganmenggunakanobservasiwawancaratescatatanlapangandandokumentasiuntukmengetahuiresponsiswaterhadapkolaborasipembelajarankooperatifmodelSTADdenganPBL.DariperolehannilaipretestpadasiklusIinidihasilkannilairata-ratasiswaadalah772.Diperolehnilaiterendahadalah40dannilaitertinggiadalah100.Siswayangsudahtuntasbelajaradalah35siswa(795%)dansiswayangbelumtuntasbelajaradalah9siswa(204%).Sedangkanpadaposttestdiperolehnilairata-ratasiswaadalah752denganjumlah29siswa(659%)telahtuntasbelajardan15siswa(341%)belumtuntasbelajar.SedangkanpadasiklusIImenunjukkanpeningkatanyaitu463diperolehpadasaatpretestmenjadi629padasaatposttestdengannilaitertinggi80dannilaiterendah40.Dibandingkannilairata-rataposttestsiklusIhasilposttestpadasiklusIImengalamipeningkatansebesar166%.PadasiklusIIinidari44siswapadasaatpretestsiswayangtuntassebanyak7siswa(159%)meningkatpadasaatposttestsebanyak16siswa(363%).Rata-ratakeberhasilantindakanpadasiklusIIsebesar204%.PadasiklusInilairata-rataaspekafektifsiswa751denganjumlahsiswayangtuntassebanyak35siswaatausebesar795%.Sedangkansiswayangtidaktuntassebanyak9siswaatausebesar205%.PadasiklusIInilairata-rataaspekafektifsiswamengalamipeningkatanmenjadi805denganjumlahsiswayangtuntasbelajarsebanyak40atausebesar909%Sedangkansiswayangtidaktuntassebanyak4atausebesar91%.Darihasilpenelitiandisimpulkanbahwa(1)PenerapankolaborasipembelajarankooperatifmodelSTADdenganPBLsangatbermanfaatbagisiswakarenamodeltersebutdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswabelajarsiswawalaupuntidakterlalusignifikan.(2)SetelahditerapkanpembelajarankooperatifmodelSTADhasilbelajaraspekafektifmengalamipeningkatan.Padasiklus1nilaiposttestsiswamenurundibandingnilaipretestmereka.Padatindakansiklus2nilaiposttestsiswameningkatdibandingkannilaipretestmereka.Diketahuibahwadalamtindakansiklus2inikelasmasihbelummemenuhitarafketuntasanbelajardimanapersentasesiswayangtuntasbelajarlebihkecildaripadasiswayangbelumtuntasbelajarnya.(3)DalammelaksanakankolaborasipembelajarankooperatifmodelSTAD(StudentTeamsAchievementDivision)denganPBL(ProblemBasedLearning)penelitiperlumelakukanpersiapansecaramatangsehinggadalampelaksanaannyapenelitibisamengoptimalkanprosespembelajaran.