Penerapan metode pembelajaran kooperatif model TGT (Team Games Tournament) untuk meningkatkan minat da hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X Jurusan Penjualan SMK Wisnuwhardhana Malang / Umi Maghfirotin Nisa
Main Author: | Nisa, Umi Maghfirotin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/27670/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNisaUmiMaghfirotin.2010.PenerapanMetodePembelajaranKooperatifModelTGT(TeamGamesTournament)UntukMeningkatkanMinatDanHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranKewirausahaanKelasXJurusanPenjualanSMKWisnuwardhanaMalang.ProgramStudiPendidikanTataNiagaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.WeningPatmiRahayuS.PdM.M(2)Drs.DjokoDwiKusumajantoM.Si.KataKunciPembelajaranKooperatifModelTGT(TeamGamesTournament)minatbelajarhasilbelajar.Pembelajarankooperatifadalahsalahsatubentukpembelajaranyangberdasarkanfahamkonstruktivistik.Pembelajarankooperatifmerupakanmodelpembelajarandengansejumlahsiswasebagaianggotakelompokkecilyangtingkatkemampuannyaberbeda.Dalammenyelesaikantugaskelompoknyasetiapsiswaanggotakelompokharussalingbekerjasamadansalingmembantuuntukmemahamimateripelajaran.MetodepembelajarankooperatifmemilikibeberapamodelpembelajaranyangbervariasisalahsatumodelpembelajarankooperatifyaituModelTGT(TeamGamesTournament).PembelajarankooperatifmodelTGT(TeamGamesTournament)adalahsalahsatutipeataumodelpembelajarankooperatifyangdapatditerapkanmelibatkanaktivitasseluruhsiswatanpaharusadaperbedaanstatusmelibatkanperansiswasebagaitutorsebayadanmengandungunsurpermainandanreinforcement(penguatan).BerdasarkanhasilobservasidiSMKWisnuwardhanaMalangpembelajaranmasihdidominasiolehgurudankurangterpusatpadasiswa.Guruhanyamenjelaskandansiswapasifmendengarkanpenjelasanguruhalinimenyebabkansiswakurangmeresponselamakegiatanpembelajaranberlangsungkarenasiswamerasabosanjenuhmengantukdankurangdilibatkandalamkegiatanpembelajaran.Haliniberpengaruhpadahasilbelajarsiswayangmenjadikurangoptimaliniterlihatdalamdaftarnilaiulanganhariansiswahanya21siswaatau477%darijumlahseluruhsiswamemperolehnilaitinggiyaitu70sampai80sedangkan23siswaatau523%siswayanglainmendapatkannilaisedangyaitu65.PenelitianiniterdiridarisiklusIdansiklusIIpenelitiandilakukanuntukmengetahuipenerapanpembelajarankooperatifmodelTGTpadamatapelajarankewirausahaanhasilbelajarmelaluipembelajarankooperatifmodelTGTsertaminatbelajarterhadappembelajarankooperatifmodelTGTpadamatapelajarankewirausahaan.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXJurusanPenjualanSMKWisnuwardhanaMalang.Penilaianpenelitianiniterdiridariaspekkognitifafektifdanpsikomotorik.HasilpenelitianinimenunjukkanhasildariaspekkognitifsiswayangtuntasbelajarsiklusI(75%)dansiklusIIsiswayangtuntasbelajar(884%).Sedangkanhasildariaspekafektifsiswayangtuntasbelajar8kelompok(35siswa)dansiklusIIsiswayangtuntasbelajar10kelompok(43siswa).HasilDariaspekpsikomotoriksiswayangtuntasbelajar8kelompok(34siswa)dansiklusIIsiswayangtuntasbelajar10kelompok(43siswa).Jadidapatdisimpulkanketigaaspekdiatashasilbelajarsiswamengalamipeningkatan.HasilanalisisangketminatbelajarpembelajarankooperatifmodelTGTadalahsebelumpelaksanaantindakansebesar1.014denganrata-rata2304meningkatmenjadi1.098denganrata-rata255sesudahpelaksanaantindakankooperatifmodelTGT.Dariangketyangdisebarkansebelumpelaksanaantindakandiketahuiterdapat3siswayangmemperolehkriteriakurangberminat24siswamemperolehkriteriaberminatdan17siswamemperolehkriteriasangatberminat.SesudahpelaksanaantindakanpembelajarankooperatifmodelTGTminatbelajarsiswamenunjukkanpeningkatanyaituterdapat1siswayangmemperolehkriteriakurangberminat13siswamemperolehkriteriaberminatdan29siswamemperolehkriteriasangatberminat.DibandingkanangketyangdiberikansebelumtindakanresponsiswasetelahprosespembelajaranmodelTGTpadamatapelajarankewirausahaancenderungsangatberminat.JadidapatdisimpulkanbahwapembelajarankooperatifmodelTGTberpotensimeningkatkanminatbelajarsiswapadamatapelajarankewirausahaan.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankankepada(1)SMKWisnuwardhanaMalanghendaknyalebihmemperhatikankebutuhansiswaakanbuku-bukupelajaranagardapatdigunakanuntukmemperlancarprosespembelajarandanagarsiswamempunyaibukupanduanuntukbelajar.(2)BagigurumatapelajarankewirausahaanSMKWisnuwardhanaMalang/gurumatapelajaranlaindisarankanmenggunakanmodelpembelajarankooperatifmodelTeamsGamesTournament(TGT)yangtelahterbuktidapatmeningkatkanminatdanhasilbelajarsiswa.(3)BagipenelitiselanjutnyadiharapkandapatdijadikansebagaibahaninformasidanpertimbangandalampenelitianpenerapanpembelajarankooperatifmodelTGTagarmenjadilebihbaik.