Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa (Studi kasus pada mata diklat kewirausahaan kelas X akuntansi SMK Negeri 2 Kediri) / Yuyun Septiana
Main Author: | Septiana, Yuyun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/27662/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSeptianaYuyun.2010.PenerapanPembelajaranKooperatifModelGroupInvestigation(GI)UntukMeningkatkanHasilBelajarSiswa(StudiKasusPadaMataDiklatKewirausahaanKelasXAkuntansiSMKNegeri2Kediri).SkripsiJurusanManajemenProgramStudiPendidikanTataNiagaFakultasEkonomiUniversirasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AgusHermawanM.Si.M.Bus(II)Drs.INyomanSaputraM.Si.Katakuncipembelajarankooperatifmodelgroupinvestigationhasilbelajar.RendahnyamutupendidikandiIndonesiadipengaruhiolehbanyakfaktordiantaranyaadalahkarenametodepembelajaranyangdigunakanolehguruadalahmetodekonvesionalberupaceramahsehinggasiswatidakdilibatkansecaraaktifdalamprosespembelajaran.Salahsatusolusiuntukmengatasidominansiguruadalahdenganmenggunakanmodelpembelajaraninovatifyangkonsepdasarpembelajarannyaterpusatpadakeaktifansiswaselamaprosespembelajaran.SalahsatumodeltersebutadalahGroupInvestigation.DiharapkandenganmenggunakanberbagaivariasimengajardansalahsatunyaadalahmenggunakanpembelajaranmodelGroupInvestigationinihasilbelajarsiswaakanmeningkat.Tujuanpenelitianiniadalah1)untukmengetahuipenerapanpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigationdalammeningkatkanhasilbelajarpadamatadiklatkewirausahaankelasXAkutansidiSMKNegeri2Kediri.2)untukmengetahuiresponsiswaterhadappenerapanmetodepembelajaranmodelGroupInvestigationpadamatadiklatkewirausahaankelasXAkutansidiSMKNegeri2Kediri.3)untukmengetahuihasilbelajarsiswaterhadapmatadiklatkewirausahaansetelahditerapkanpembelajaranGroupInvestigationpadamatadiklatkewirausahaankelasXAkutansidiSMKNegeri2Kediri.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganpendekatankualitatif.Penelitianinidilakukandalam2Siklusdengan4tahappadamasing-masingsiklusnyayaknimeliputiperencanaantindakanpelaksanaantindakansekaliguspengamatandanrefleksi.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasXprogramkeahlianakuntansidiSMKNegeri2Kediriyangberjumlah40siswa.Teknikpengumpulandatamenggunakanwawancaraobservasicatatanlapangantesdokumentasidanangket.DarihasilanalisisdatadapatdiketahuibahwahasilbelajarsiswasetelahmelakukanprosesbelajardenganmenggunakanpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigationmeningkatterbuktipadaaspekkognitifhasilperbandingannilaipretestdanposttestsiklusIyangmengalamiketuntasansebesar375%yangbelumtuntas625%danpadasiklusIIhasilpersentaseketuntasanmenjadimeningkatsebesar75%danyangbelumtuntasmenjadi25%.JikadilihatdaripenilaianaspekafektifjugaterjadipeningkatanyaitupadasiklusIsebanyak19siswayangtuntas(475%)sedangkanyangbelumtuntassebanyak21siswa(525%).DanpadaSiklusIIsiswayangtuntasmeningkatmenjadi38siswa(95%)sedangkanyangbelumtuntassebanyak2siswa(5%).SaranyangdapatpenelitiberikankepadagurumatadiklatadalahsebaiknyagurumatadiklatmenggunakanpembelajaranyangbervariasidalamkegiatanpembelajaranagarsiswaagarsiswatidakbosandalambelajarsalahsatumodelpembelajaranyangdigunakanadalahGroupInvestigationmodelpembelajaraninitelahdibuktikandalampenelitianinibisameningkatkanhasilbelajarsiswa.DisampingitugurumatadiklatkewirausahaanSMKNegeri2KediridisarankanuntukmencobamenerapkanpembelajaranmodelGroupInvestigationpadabahasanyanglainkarenasiswamemberikanresponyangpositifterhadappembelajaranmodelini.PenerapanpembelajarankooperatifmodelGroupInvestigationbisaditerapkanlebihvariatifmisalnyadenganmengajaksiswakelapanganataudunianyatasebagaitempatbelajar