Penerapan lesson study berbasis sekolah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Penjualan pada mata diklat melakukan negosiasi di SMK PGRI 02 Malang / Sudiana
Main Author: | Sudiana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/27653/ |
Daftar Isi:
- LessonStudymerupakansalahsatuupayapembinaanuntukmeningkatkanprosespembelajaranyangdilakukanolehsekelompokgurusecarakolaboratifdanberkesinambungandalammerencanakanmelaksanakanmengobservasidanmelaporkanhasilpembelajaran.LessonStudybukansebuahproyeksesaattetapimerupakankegiatanterusmenerusyangtiadahentidanmerupakansebuahupayauntukmengaplikasikanprinsip-prinsipdalamTotalQualityManagementyaknimemperbaikiprosesdanhasilpembelajaransiswasecaraterus-menerusberdasarkandata.DalampraktiknyadiIndonesiaLessonStudydilaksanakandalamduabentukyaituLessonStudyLessonStudyberbasisSekolahdanLessonStudyberbasisMusyawarahGuruMataPelajaran(MGMP).LessonStudydilakukanberdasarkantahapan-tahapansecarasiklikyangterdiridari(1)perencanaan(plan)(b)pelaksanaan(do)refleksi(check/see).Untukmengetahuiaktivitasbelajarsiswamakadilakukanobservasi(pengamatan)denganmenggunakaninstrumenlembarobservasiLessonStudysedangkanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswaditinjaudariaspekkognitifmakadilakukanperhitunnganselisihpersentaseketuntasanbelajarsecarakeseluruhanberdasarkannilaipre-testdanpost-testpadatiapakhirsiklus.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipenerapanLessonStudyBerbasisSekolahpadaProsesPembelajaranMelakukanNegosiasidiSMKPGRI02MalangsemesterItahunajaran2009/2010yaitufokuspadakompetensidasarMemberikanTangapanTerhadapKeberatanyangMunculdariCalonPelanggan.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganmenggunakanpendekatankualitatif.PenelitianinidilakukandiSMKPGRI02MalangsemesterItahunajaran2009/2010yangberalamatkandiJl.JantiBaratBlokAMalangpadatanggal19-31Oktober2009.SiswayangmenjadisubyekpenelitianiniadalahsiswakelasXPenjualan(XPj)programkeahlianPenjualandiSMKPGRI02Malangyangberjumlah31siswa.Instrumenyangdigunakandalampenelitianinimeliputilembarobservasisoaltesangketwawancaradancatatanlapangan.Analisisdatadilakukandengancaramembandingkanpersentaseketuntasanbelajarsiswasecarakeseluruhansebelumtindakandiberikandansetelahtindakandiberikanpadatiap-tiapsiklus.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanLessonStudyBerbasisSekolahdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarbelajarsiswapadamatadiklatMelakukanNegosiasikelasXPjdiSMKPGRI02Malang.Peningkatanaktivitasbelajartersebutditunjukkandenganaktifnyasiswaketikakegiatanbelajarmengajar(KBM)berlangsunghalmembuatsiswatidakbergantungpadagurunyasajadalammenerimapelajaran.Peningkatanhasilbelajardariaspekkognitifsebesar57%sedangkanpeningkatanketuntasanbelajarsecarakeseluruhan(klaksikal)darisiklusIkesiklusIIsebesar115%.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanpadagurumatadiklatlaindanataupihaksekolahuntukmelaksanakanLessonstudyBerbasisSekolahdalamprosespembelajarandidalamkelas.SebelummelaksanakansebaiknyakegiatanLessonStudyBerbasisSekolahinilebihdahuludisosialisasikankepadaguruagarguru-gurudisekolahlebihmengenalkegitanLessonStudykhususnyaLessonStudyBerbasisSekolah.