Penerapan lesson study berbasis sekolah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Penjualan pada mata diklat melakukan negosiasi di SMK PGRI 02 Malang / Sudiana

Main Author: Sudiana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/27653/
Daftar Isi:
  • LessonStudymerupakansalahsatuupayapembinaanuntukmeningkatkanprosespembelajaranyangdilakukanolehsekelompokgurusecarakolaboratifdanberkesinambungandalammerencanakanmelaksanakanmengobservasidanmelaporkanhasilpembelajaran.LessonStudybukansebuahproyeksesaattetapimerupakankegiatanterusmenerusyangtiadahentidanmerupakansebuahupayauntukmengaplikasikanprinsip-prinsipdalamTotalQualityManagementyaknimemperbaikiprosesdanhasilpembelajaransiswasecaraterus-menerusberdasarkandata.DalampraktiknyadiIndonesiaLessonStudydilaksanakandalamduabentukyaituLessonStudyLessonStudyberbasisSekolahdanLessonStudyberbasisMusyawarahGuruMataPelajaran(MGMP).LessonStudydilakukanberdasarkantahapan-tahapansecarasiklikyangterdiridari(1)perencanaan(plan)(b)pelaksanaan(do)refleksi(check/see).Untukmengetahuiaktivitasbelajarsiswamakadilakukanobservasi(pengamatan)denganmenggunakaninstrumenlembarobservasiLessonStudysedangkanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswaditinjaudariaspekkognitifmakadilakukanperhitunnganselisihpersentaseketuntasanbelajarsecarakeseluruhanberdasarkannilaipre-testdanpost-testpadatiapakhirsiklus.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipenerapanLessonStudyBerbasisSekolahpadaProsesPembelajaranMelakukanNegosiasidiSMKPGRI02MalangsemesterItahunajaran2009/2010yaitufokuspadakompetensidasarMemberikanTangapanTerhadapKeberatanyangMunculdariCalonPelanggan.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganmenggunakanpendekatankualitatif.PenelitianinidilakukandiSMKPGRI02MalangsemesterItahunajaran2009/2010yangberalamatkandiJl.JantiBaratBlokAMalangpadatanggal19-31Oktober2009.SiswayangmenjadisubyekpenelitianiniadalahsiswakelasXPenjualan(XPj)programkeahlianPenjualandiSMKPGRI02Malangyangberjumlah31siswa.Instrumenyangdigunakandalampenelitianinimeliputilembarobservasisoaltesangketwawancaradancatatanlapangan.Analisisdatadilakukandengancaramembandingkanpersentaseketuntasanbelajarsiswasecarakeseluruhansebelumtindakandiberikandansetelahtindakandiberikanpadatiap-tiapsiklus.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanLessonStudyBerbasisSekolahdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarbelajarsiswapadamatadiklatMelakukanNegosiasikelasXPjdiSMKPGRI02Malang.Peningkatanaktivitasbelajartersebutditunjukkandenganaktifnyasiswaketikakegiatanbelajarmengajar(KBM)berlangsunghalmembuatsiswatidakbergantungpadagurunyasajadalammenerimapelajaran.Peningkatanhasilbelajardariaspekkognitifsebesar57%sedangkanpeningkatanketuntasanbelajarsecarakeseluruhan(klaksikal)darisiklusIkesiklusIIsebesar115%.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanpadagurumatadiklatlaindanataupihaksekolahuntukmelaksanakanLessonstudyBerbasisSekolahdalamprosespembelajarandidalamkelas.SebelummelaksanakansebaiknyakegiatanLessonStudyBerbasisSekolahinilebihdahuludisosialisasikankepadaguruagarguru-gurudisekolahlebihmengenalkegitanLessonStudykhususnyaLessonStudyBerbasisSekolah.