Pengaruh media periklanan dan publisitas terhadap proses pengambilan keputusan siswa dalam memilih sekolah (studi pada siswa-siswi kelas X Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang) / Helmy Syarif Hendriyanto

Main Author: Hendriyanto, Helmy Syarif
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/27648/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHendriyantoHelmyS.2009.PengaruhMediaPeriklanandanPublisitasTerhadapProsesPengambilanKeputusanSiswadalamMemilihSekolahStudiKasusSiswa-siswiKelasXMadrasahAliyahNegeri3Malang.SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.SinarBaskoroPembimbing(II)Drs.MohammadAriefM.Si.KataKunciMediaPeriklananPublisitasProsesPengambilanKeputusanKonsumenMAN3MalangPerkembanganjamanyangsemakinpesatsekolahdituntutagarsemakinaktifdalamkegiatanpemasaransekolahtanpamelihatstatussekolahnegeriatauswasta.Halinidikarenakanmasyarakatsemakinpandaidanlogisdalammemperhitungkanuntukmemilihsekolahataumenyekolahkananak-anaknyabahkansekolah-sekolahswastayangdulunyaterpinggirkandalampersainganduniapendidikankinisudahsemakinmampubersaingdengansekolah-sekolahberstatusnegeri.Promosisebagaisalahsatuhalyangmenjadiujungtombakdalamkegiatanpemasaranmemegangperananyangsangatpentingdalamusahauntukmenarikkonsumensebanyakbanyaknya.Dalamlingkupkegiatanpromosisekolahharuslahdilaksanakandenganefektifdanefisiensehinggatujuanpromosisekolahdapatterlaksanadanmemberikankontribusiyangsesuaidenganperencanaanpemasaransekolah.MadrasahAliyahNegeri3Malangadalahsekolahdenganstatusnegeridanmemilikireputasitingkatnasionalnamundenganstatusdanreputasiyangdimilikinyabukanberartikegiatanpemasaransekolahkhususnyapromosiharusditinggalkan.Salahsatuhalyangharusdilakukanuntukmengaturreputasiyangdimilikisekolahadalahdengankegiatanpromosikarenapromosibertujuanmenyampaikanpesan-pesanyangberkaitandengansekolahmulaidarifasilitasyangdimilikisumberdayamenusiafasilitaspenunjangkegiatanpendidikandanlain-lainsehinggamasyarakatdapatmengetahuibagaimanaprodukjasapendidikanyangditawarkanolehMadrasahAliyahNegeri3Malang.Selainitulingkupkegiatanpromosijugamerupakankegiatandalamrangkamenimbulkankesanbaikdarimasyarakatsehinggareputasiyangadadapatlebihditingkatkanlagi.JenispenelitianiniadalahPenelitianKuantitatifdenganvariabelbebasadalahPeriklanan(X1)danPublisitas(X2)danvariabelterikatadalahProsesPengambilanKeputusanSiswadalamMemilihSekolah(Y).PopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXMadrasahAliyahNegeri3Malang.Sedangkanjumlahsampelberjumlah100responden.TeknikpengambilansampelmenggunakanteknikRandomSamplingdenganinstrumenpengumpulandatamelaluiangket/kuesioner.SkalapengukuranmenggunakanskalaLikertdengan4(lima)opsijawaban.Untukmengujikelayakaninstrumendigunakanujivaliditasdanreliabilitas.TeknikanalisisyangdipilihadalahAnalisisRegresiLinierGandadanUjiAsumsiKlasik.PengolahandatadilakukandenganbantuansoftwareSPSS13.00forwindows.BerdasarkanhasilpenelitiandidapatkankesimpulanpengaruhpositifyangsignifikansecaraparsialantaraPeriklananterhadapProsesPengambilanKeputusanSiswadalamMemilihSekolahdengannilaib10583(nolkomalimaratusdelapanpuluhtiga)thitung10292(sepuluhkomaduaratussembilanpuluhdua)dansignifikant0000(nolkomanolnolnol).DidapatkanjugapengaruhpositifyangsignifikansecaraparsialantaraPublisitasterhadapProsesPengambilanKeputusanSiswadalamMemilihSekolahdengannilaib20568(nolkomalimaratusenampuluhdelapan)thitung4450(empatkomaempatratuslimapuluh)dansignifikant0000(nolkomanolnolnol).DarikeduavariabletersebutvariabelPeriklananmemilikipengaruhyangpalingdominanterhadapProsesPengambilanKeputusanSiswadalamMemilihSekolah.SelainitudarihasilanalisisdatadiperolehjugapengaruhsecarasimultanantaraPeriklanandanPublisitasterhadapProsesPengambilanKeputusanSiswadalamMemilihSekolahdengannilaifhitung196501(sembilanpuluhenamkomalimaratussatu)signifikant0000(nolkomanolnolnol)dannilaikoefisiendeterminasi(R2)sebesar0666(nolkomaenamratusenampuluhenam).