Penerapan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata diklat pemasaran barang dan jasa kelas X program keahlian penjualan di SMK PGRI 6 Malang / Rahma Romadani

Main Author: Romadoni, Rahma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/27634/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRomadoniRahma.2009.PenerapanPembelajaranKooperatifModelStudentTeamsAchievementDivision(STAD)untukMeningkatkanPrestasiBelajarPadaMataDiklatPemasaranBarangdanJasaKelasXProgramKeahlianPenjualanDiSMKPGRI6Malang.SkripsiJurusanManajemen.ProgramStudiPendidikanTataNiagaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.BudiEkoSoetjiptoM.EdM.Si(II)RachmadHidayatS.Pd.KatakunciStudentTeamsAchievementDivision(STAD)hasilbelajarBerdasarkanobservasisertawawancarayangdilakukanSMKPGRI6MalangmasihmenggunakanmetodepembelajarankonvensionaldalamprosesbelajarmengajarmatadiklatPemasaranBarangdanJasa.UntukitudilakukanpenelitiantindakankelasmengenaipenerapanpembelajarankooperatifmodelSTADuntukmeningkatkanprestasibelajar.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitianyaitupenelitiantindakankelasyangdilaksanakandalamduasiklusdimanasetiapsiklusterdiridariempattahapanyaituperencanaantindakanpelaksanaantindakanpengamatandanrefleksi.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasXSMKPGRI6Malangyangberjumlah37siswaTujuanpenelitianiniadalah(1)untukmendeskripsikanpenerapanpembelajarankooperatifmodelSTADdalammatadiklatPemasaranBarangdanJasakelasXProgramKeahlianPenjualandiSMKPGRI6Malang(2)untukmengetahuiprestasibelajaraspekkognitifsiswakelasXProgramKeahlianPenjualandiSMKPGRI6MalangsetelahdilakukanpenerapanpembelajarankooperatifmodelSTADpadamatadiklatPemasaranBarangdanJasa(3)untukmengetahuiprestasibelajaraspekafektifsiswakelasXProgramKeahlianPenjualandiSMKPGRI6MalangsetelahdilakukanpenerapanpembelajarankooperatifmodelSTADpadamatadiklatPemasaranBarangdanJasa.Instrumenpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahsoalteslembarobservasicatatanlapangandaftarnilaisiswakameradanlembarwawancara.Sedangkanteknikanalisisdatadengancarareduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajarankooperatifmodelSTADdapatmeningkatkanprestasibelajarsiswakelasXSMKPGRI6MalangpadamatadiklatPemasaranBarangdanJasapadaaspekafektifdankognitif.Haliniterbuktipadaaspekkognitifpadasiklus1rata-ratanialipretestsiswa4983denganketuntasan2258%danmeningkatpadanilaiposttestyaiturata-ratakelasmenjadi6857%denganketuntasan5238%.Padaaspekafektifnilairata-ratasiswamencapai8013denganketuntasan909%.PadasiklusIImengalamikenaikandengannilairata-ratapretest5224denganketuntasan0%danpadaposttestnilairata-ratamenjadi8281denganketuntasan9375%.Padaaspekafektifpunmengalamikenaikanmenjadi8666denganketuntasan100%.iiBerdasarkanhasilpenelitiandiatassaranyangdapatdiajukanyaitu(1)pembelajarankooperatifmodelSTADsangatbermanfaatbagisiswakarenamodelpembelajarantersebuttelahterbuktimampumeningkatkanprestasisiswapadapenelitianinimaupunbeberapapenelitiansebelumnyasehinggapenelitimenyarankankepadagurumatadiklatPemasaranBarangdanJasauntukmenggunakanmodelpembelajaranini(2)sebaiknyadalammelakukanpenelitianpenerapanpembelajarankooperatifmodelSTADpembentukankelompokdarisiklussatukesikluslainnyaberbedaagarsiswatidakjenuhdanmerekabisabersosialisasidengansemuasiswa(3)kepadapenelitiselanjutnyadisarankanuntukmelakukanpenelitianpadakompetensidasarlainnyauntukmengetahuikeberhasilanmodelpembelajaraninidalammeningkatkanprestasibelajar.