Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan kelas XII di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Dewi Suprobo Rini

Main Author: Rini, Dewi Suprobo
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/27631/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRiniDewiSuprobo.2009.PengaruhMinatdanKebiasaanBelajarterhadapPrestasiBelajarSiswaPadaMataDiklatKewirausahaanKelasXIIdiSMKMuhammadiyah2Malang.SkripsiJurusanManajemenProgramStudiPendidikanTataNiagaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.GatotIsnaniM.Si(2)Dr.LudiWishnuWardanaS.T.S.E.S.Pd.M.M.KataKunciMinatbelajarKebiasaanbelajarPrestasibelajarMataDiklatKewirausahaan.Pendidikanadalahsuatuusahauntukmengubahsikapdantingkahlakuagarpesertadidikaktifuntukmengembangkanpotensidirinyamelaluiikhtiarpengajarandanpelatihan.Padasaatinipersaingandalamberwirausahasemakinketat.PendidikanberbasiskompetensiSekolahMenengahkejuruan(SMK)menganutprinsippembelajarantuntas(masterylearning)untukdapatmenguasaisikap(attitude)ilmupengetahuan(knowledge)danketerampilan(skills)agardapatbekerjasesuaidenganprofesiyangdituntutolehsuatukompetensi.Tujuanyangingindicapaidalampenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)PengaruhminatdankebiasaanbelajarsecaraparsialterhadapprestasibelajarsiswapadaMataDiklatKewirausahaankelasXIISMKMuhammadiyah2Malang(2)PengaruhminatdankebiasaanbelajarsecarasimultanterhadapprestasibelajarsiswapadaMataDiklatKewirausahaankelasXIISMKMuhammadiyah2Malang(3)PengaruhyangdominanminatdankebiasaanbelajarterhadapprestasibelajarsiswapadaMataDiklatKewirausahaankelasXIISMKMuhammadiyah2Malang.Penelitianiniadalahpenelitiandeskriptifkorelasional.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXIIdiSMKMuhammadiyah2MalangTahunAjaran2008/2009yangberjumlah112orangdanjumlahsampelnya53orang.TeknikpengambilansampeldenganmenggunakanProportionalRandomSampling.InstrumenpenelitianyangdigunakanadalahangkettertutupdenganmenggunakanSkalaLikert5alternatifjawaban.Pernyataandanpertanyaandijabarkandalamangketsebanyak60itemmewakilisetiapsubvariabelbebas(minatdankebiasaanbelajar)yangkemudiandisebarkankepadasiswa.Analisisdatayangdigunakanadalahanalisisstatistikdeskriptifregresilinearbergandadenganujiasumsiklasik.Sedangkanuntukmengujikelayakaninstrumenmenggunakanujivaliditasdanreliabilitas.KeseluruhananalisisinimenggunakanbantuanprogramSPSS12.0forWindows.Adapunhasilanalisisdatadaripenelitianiniadalah(1)Terdapatpengaruhpositifyangsignifikanminatbelajar(X1)terhadapprestasibelajar(Y)siswapadaMataDiklatkewirausahaan.Halinidibuktikandengansignifikansit(0000)(005)danthitung(4281)tabel(2008).HasilperhitunganSumbanganEfektifminatbelajar(X1)terhadapprestasibelajar(Y)siswasebesar293%.(2)Terdapatpengaruhpositifyangsignifikankebiasaanbelajar(X2)terhadapprestasibelajar(Y)siswapadaMataDiklatKewirausahaan.Halinidibuktikandengansignifikansit(0000)(005)danthitung(4228)ttabel(2008).Hasilperhitungan(3183).DarihasilanalisisregresijugadiperolehnilaiR0763inimenunjukkanbahwakorelasiatauhubunganantaravariabelminatbelajar(X)dankebiasaanbelajar(X)denganprestasibelajar(Y)siswapadaMataDiklatKewirausahaanadalahkuat.NilaiRSquaremenunjukkankoefisiendeterminasisebesar0582haliniberartibahwa582%perubahanvariabelYdisebabkanolehperubahanvariabelminatbelajar(X)dankebiasaanbelajar(X)sedangkansisanya418%prestasibelajar(Y)siswapadaMataDiklatKewirausahaandisebabkanolehfaktorlaindiluarvariabelbebas.SumbanganEfektifkebiasaanbelajar(X2)terhadapprestasibelajar(Y)siswasebesar289%.(3)Secarasimultanterdapatpengaruhpositifyangsignifikanminatbelajar(X1)dankebiasaanbelajar(X2)terhadapprestasibelajar(Y)siswapadaMataDiklatKewirausahaan.HalinidibuktikandenganSigF(0000)(005)danFhitung(34828)Ftabel1212Daripenelitianinidapatditarikkesimpulanyaitu(1)Sebagianbesardari53siswakelasyangdijadikanrespondenmenyatakansangatsetujumengenaiitempertanyaanyangberhubungandenganminatbelajar(2)Sebagianbesarsiswayangdijadikanrespondenmenyatakansangatsetujumengenaiitempertanyaanyangberhubungandengankebiasaanbelajar(3)SebagianbesarsiswamempunyaiprestasibelajaryangbaikpadaMataDiklatKewirausahaan(4)MinatbelajarberpengaruhpositifsecarasignifikanterhadapprestasibelajarsiswapadaMataDiklatKewirausahaan(5)Kebiasaanbelajarberpengaruhpositifsecarasignifikanterhadapprestasibelajarsiswa(6)Minatdankebiasaanbelajarberpengaruhsecarasignifikanterhadapprestasibelajarsiswa(7)Minatbelajarmemilikipengaruhdominanterhadapprestasibelajarsiswa.Dalampenelitianinipenulismemberikansaranyaitu(1)Siswasupayalebihmeningkatkanbelajarnyadanmembiasakandiriuntukbelajarteraturdantepatwaktu(2)Guruhendaknyamenciptakansuasanabelajaryangtidakmonotonmemberikanmotivasibimbinganpengarahansertamemberikantugas-tugaskepadasiswasupayadapatmembantumeningkatkanprestasibelajarnya(3)OrangtuasiswahendaknyamemperhatikanmembimbingdanmengarahkananaknyadalambelajarsertamemantauuntukmengetahuisampaisejauhmanaperkembangankebiasaanbelajaranaknyadisekolahTujuanyangingindicapaidalampenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)PengaruhminatdankebiasaanbelajarsecaraparsialterhadapprestasibelajarsiswapadaMataDiklatKewirausahaankelasXIISMKMuhammadiyah2Malang(2)PengaruhminatdankebiasaanbelajarsecarasimultanterhadapprestasibelajarsiswapadaMataDiklatKewirausahaankelasXIISMKMuhammadiyah2Malang(3)PengaruhyangdominanminatdankebiasaanbelajarterhadapprestasibelajarsiswapadaMataDiklatKewirausahaankelasXIISMKMuhammadiyah2Malang.