Pengaruh model pembelajaran mind map (peta pikiran) terhadap prestasi belajar siswa kelas X pada mata diklat menemukan peluang baru dari pelanggan Program Keahlian Penjualan di SMK Negeri 2 Blitar / Elis Piyana

Main Author: Piyana, Elis
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/27630/
Daftar Isi:
  • BerdasarkanhasilwawancaradiketahuibahwametodepembelajaranyangditerapkandiSMKNegeri2BlitarpadamatadiklatMenemukanPeluangBarudariPelangganyaitumetodekonvensionalceramahtanyajawabpenugasan.MeskipunsudahmenerapkankurikulumKTSPtetapidalammenyampaikanmateripelajarangurumasihmenggunakanceramahsehinggasiswacenderungbersikappasifdalamkegiatanpembelajaran.Siswajugatidakbisamenggalikemampuannyasecaramaksimal.Siswamencatatmateriyangdisampaikanolehgurukedalamcatatanyangsifatnyamonoton.Halinimenyebabkansiswahanyamengingatinformasibaruyangdiberikan.Akibatnyaprestasibelajarsiswakurangmaksimalkarenadalammemberikantesgurutidakhanyamengeluarkanmateriyangbarusaja.Materilamajugadikeluarkangurudalamtes.Selainitusiswacenderungbersikappasifdalampembelajaran.ModelpembelajaranyangcocokditerapkandansesuaidengankondisisiswaSMKNegeri2BlitarpadamatadiklatMenemukanPeluangBarudariPelangganyaitumodelpembelajaranmindmap.Mindmapmampumembantusiswamengingatdanmenyimpaninformasilamamaupunbarudalamjangkawaktulamakarenacarakerjamindmaplebihmenggunakankeduabelahanotakdibandingkanmodelpembelajaranyanglain.Tujuandiadakannyapenelitianiniadalahuntukmengetahuiperbedaanprestasibelajarsiswayangdiajarmenggunakanmetodekonvensionalsebagaikelompokkontroldenganyangdiajarmenggunakanmodelmindmapsebagaikelompokeksperimendimanaprestasibelajarkeduakelompoksebelumpenelitiankurangmaksimal.SelainitupenelitianinijugabertujuanuntukmelihatpengaruhdarimodelpembelajaranmindmapterhadapprestasibelajarsiswakelasXpadamatadiklatMenemukanPeluangBarudariPelangganprogramkeahlianpenjualandiSMKNegeri2Blitar.Rancanganpenelitianinitermasukkedalamkuasieksperimendenganjenisdesainnonequivalentcontrolgroupdesign.PenelitianinimenggunakanduakelassebagaisampelpenelitianyaitukelasXPJ4sebagaikelompokkontrolyangdiberiperlakuanmetodekonvensionaldanXPJ3sebagaikelompokeksperimenyangdiberiperlakuanmodelpembelajaranmindmap.Sebelummasing-masingkelompokdiberiperlakuanyangberbedaterlebihdahuludiberipretestyangbertujuanuntukmengetahuikemampuanawalkeduakelompok.Setelahkeduakelompokdiberiperlakuanyangberbedaselanjutnyadiberiposttestuntukmengetahuikemampuanakhirdanprestasibelajarkeduakelompok.Berdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwaimplementasimetodepembelajarankonvensionaldanmodelpembelajaranmindmapdilaksanakandalam3kalipertemuan.Tiappertemuan4jampelajaran.Tahap-tahappenelitianterdiridariempatlangkahyaituperencanaantindakanpelaksanaantindakandanobservasi.Hasilpenelitianyangdianalisismenggunakanstatistikdeskriptifdiketahuibahwakeduakelompokmemilikirata-ratakemampuanawalsamayaitu6000.Setelahdiberiperlakuanyangberbedadiketahuinilairata-ratakelompokeksperimenyangdiberiperlakuanmodelpembelajaranmindmaplebihtinggidibandingkelompokkontrolyaitu90267426.Hasilujitkemampuanawalkelompokkontroldaneksperimenmenunjukkanbahwanilaithitung(0.000)ttabel(2.021).Haliniberartitidakterdapatperbedaankemampuanawalkeduakelompok.Hasilujigainvaluemenunjukkanbahwanilaithitung(7.606)ttabel(2.021)artinyaterdapatperbedaanyangsignifikanantaraprestasibelajarkelompokeksperimendengankelompokkontrol.HaliniberartimodelpembelajaranmindmapyangdiberikankepadakelompokeksperimendapatmempengaruhiprestasibelajarsiswapadamatadiklatMenemukanPeluangBarudariPelanggan.Berdasarkanhasilpenelitiansaranyangdiajukansebagaiberikut(1)bagigurumatadiklatMenemukanPeluangBarudariPelanggandisarankanmenggunakanmodelpembelajaranmindmapsebagaivariasidalammengajaruntukmeningkatkanprestasibelajarsiswakarenamodelpembelajaranmindmapsudahterbuktidapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa(2)bagigurudisarankantidakhanyamampumembantusiswadalammeningkatkanprestasibelajarnyatetapijugamampumemunculkankreativitassiswamelaluimodelpembelajaranmindmap(3)kepadapenelitiselanjutnyadisarankanuntukmenerapkanmodelpembelajaranmindmappadamatadiklatyangberbeda.