Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 Program Keahlian Penjualan pada mata diklat menemukan peluang baru dari pelanggan di SMK Negeri I Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2007/2008
Main Author: | Triningtias, Ercik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/27598/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKTriningtiasErcik.2008.PenerapanPembelajaranKooperatifModelThinkPairShare(TPS)UntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelas1ProgramKeahlianPenjualanPadaMataDiklatMenemukanPeluangBaruDariPelangganDiSMKNegeriIBoyolanguTulungagungTahunAjaran2007/2008.SkripsiJurusanManajemenProgramStudiPendidikanTataniagaFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.MugiantoSEM.Si(II)RachmadHidayatS.Pd.Katakuncipembelajarankooperatifmodelthinkpairshare(TPS)hasilbelajarsiswa.Kesulitansiswadalammemahamimateripelajarandisebabkanolehbeberapafaktor.Salahsatunyaadalahbentukpembelajaranyangditerapkandisekolahmasihbersifatkonvensionaldenganmetodeyangbanyakdigunakanadalahceramahatauberpusatpadaguru(teachercentered).Gurulebihbanyakmendominasikegiatanbelajarmengajarsedangkansiswalebihcenderunghanyamendengarmencatatdanmengerjakansoal.Haliniakanmengidentifikasisiswamalasberfikirkarenatidakterbiasauntukaktifberfikirdalamprosespembelajarandanmerekaterbiasabergantungpadamateriyangdiberikanolehguru.Bentukpembelajaransepertiinikurangmemberikesempatankepadasiswauntukmengkonstruksendiripengetahuannyaakibatnyasiswahanyabekerjasecaraprosedural.BerdasarkanstudipendahuluandiperolehketeranganbahwapembelajarankooperatifmodelThinkPairShare(TPS)siswalebihaktifdalamprosespembelajaranbaiksecarafisikmaupunmentalartinyasiswabelajaruntukmengkonstrukpengetahuanmerekasendiridanguruhanyaberperansebagaifasilitatorsertasiswadapatmelatihkerjasamadalammenyelesaikantugasyangdiberikanolehgurudengansiswalainnya.PembelajarankooperatifmodelThinkPairShare(TPS)adalahsuatumodelpembelajaranyangmengharuskansiswauntukterlibatdalamberfikiraktifberdiskusidengantemanataupasangannyadanmenyampaikanhasilnyadidepankelas.Langkah-langkahyangharusdilakukandidalampembelajarankooperatifiniadalahberpikir(thinking)berpasangan(pairing)danberbagi(sharing).TujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenerapanpembelajarankooperatifmodelThinkPairShare(TPS)padamatadiklatmenemukanpeluangbarudaripelanggansubkompetensimenganalisis/mengevaluasihasilhubunganyangtelahdijalindenganpelangganuntukmengetahuihasilbelajarsiswadanuntukmengetahuipenigkatanhasilbelajarsiswadenganpembelajarankooperatifmodelThinkPairShare(TPS).PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas(PTK).Tindakandalampenelitianinidilakukandalamduasiklussetiapsiklusmelaluiempattahapanyaituperencanaantindakanpelaksanaantindakanpengamatandanrefleksi.Subyekpenelitianiniadalahsiswakelas1ProgramKeahlianPenjualan1diSMKNegeriIBoyolanguTulungagungyangberjumlah42siswa.Teknikpengumpulandatamenggunakantestulisyangdilaksanakanpadaakhirsetiapsikluslembarobservasirubrikaspekaspektifdanpsikomotorikpedomanwawancaracatatanlapangandandokumentasi.DarihasilanalisisdatahasilbelajarsiswadariaspekkognitifpadasiklusIdapatdiketahuibahwajumlahsiswayangtuntasbelajarsebanyak35siswa(833%)danpadasiklusIIjumlahsiswayangtuntasbelajarmeningkatmenjadi36siswa(857%)namunterjadipenurunannilairata-ratakelasdarisiklusIyaitu736menjadi735padasiklusIIkarenaada6siswatidakmasuksehingganilaikognitifnyakosong(nol).HasilbelajarsiswadariaspekafektifsiklusImenunjukkan33siswa(786%)telahmampumemenuhikriteriaketuntasanminimumsebesar700danpadasiklusIImeningkatmenjadi39siswa(929%)sedangkanhasilbelajarsiswadariaspekpsikomotorikmenunjukkanbahwajumlahsiswayangtelahmampumemenuhikriteriketuntasanminimumsebesar700padasiklusIsebanyak30siswa(714%)danpadasiklusIImeningkatmenjadi37siswa(881%).Berdasarkanhasilpenelitiansaranyangdapatdiajukanadalah(1)penerapandanpelaksanaanpembelajarankooperatifmodelThinkPairShare(TPS)hendaknyalebihvariatifmisalnyadenganmengajakparasiswaterjunlangsungkelapanganuntukmengamatiobyekyangdipelajari(2)gurumatadiklatMenemukanPeluangBarudariPelanggandisarankanuntukmenggunakanpembelajarankooperatifmodelThinkPairShare(TPS)dalamrangkameningkatkanhasilbelajarsiswa(3)untukpenelitiselanjutnyadisarankanuntukmenerapakanpembelajarankooperatifmodelThinkPairShare(TPS)padamatadiklatyangberbeda.