Implementasi pembelajaran kooperatif model think-pair-share (TPS) pada mata diklat kewirausahaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Program Keahlian Penjualan di SMK Muhammadiyah 3 Singosari / Sri Amin Wahyuningsih
Main Author: | Sri Amin Wahyuningsih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/27544/ |
Daftar Isi:
- Kesulitansiswadalammemahamimateripelajarandisebabkanolehbeberapafaktor.Salahsatunyaadalahbentukpembelajaranyangditerapkandisekolahmasihbersifatkonvensionaldenganmetodeyangbanyakdigunakanadalahceramahatauberpusatpadaguru(teachercentered).Gurulebihbanyakmendominasikegiatanbelajarmengajarsedangkansiswalebihcenderunghanyamendengarmencatatdanmengerjakansoal.Halsemacaminiakanmengindikasikansiswamalasberpikirkarenatidakterbiasauntukaktifberpikirdalambelajardanmerekaterbiasabergantungpadamateriyangdiberikanolehguru.Untukpembelajaransepertiinikurangmemberikesempatankepadasiswauntukmengkontruksisendiripengetahuannyaakibatnyasiswahanyabekerjasecaraprosedural.BerdasarkanstudipendahuluandiperolehketeranganbahwapembelajarankooperatifmodelThink-Pair-Share(TPS)siswalebihaktifdalamprosespembelajaranbaiksecarafisikmaupunmentalartinyasiswabelajaruntukmengkontruksipengetahuanmerekasendiridanguruhanyaberperansebagaifasilitatorsertasiswadapatmelatihkerjasamadalammenyelesaikantugasyangdiberikanolehgurudengansiswayanglainnya.PembelajarankooperatifmodelThink-Pair-Share(TPS)adalahsuatumodelpembelajaranyangmengharuskansiswauntukterlibatdalamberpikiraktifberdiskusidengantemanataupasangannyadanmenyampaikanhasilnyadidepankelas.Langkah-langkahyangharusdilakukandidalampembelajarankooperatifiniadalahberpikir(Thinking)berpasangan(Pairing)danberbagi(Sharing).TujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenerapanpembelajarankooperatifmodelThink-Pair-Share(TPS)padamatadiklatkewirausahaansubkompetensimembuatkeputusanuntukmengetahuihasilbelajarsiswadanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswadenganpembelajarankooperatifmodelThink-Pair-Share(TPS).PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas(PTK).Tindakandalampenelitianinidilakukandalamduasiklussetiapsiklusmelaluiempattahapanyaituperencanaantindakanpelaksanaantindakanpengamatandanrefleksi.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasXProgramKeahlianPenjualandiSMKMuhammadiyah3SingosariMalangyangberjumlah18siswa.Teknikpengumpulandatamenggunakantestulisyangdilaksanakanpadaakhirsetiapsikluslembarobservasirubrikaspekafektifdanpsikomotorikpedomanwawancaracatatanlapangandandokumentasi.DarihasilanalisisdatahasilbelajarsiswadariaspekkognitifpadasiklusIdapatdiketahuibahwajumlahsiswayangtuntasbelajarsebanyak12siswa(6667%)danpadasiklusIIjumlahsiswayangtuntasbelajarmeningkatmenjadi17siswa(9444%)hasilbelajarsiswadariaspekafektifsiklusImenunjukkan13siswa(7222%)telahmampumampumemenuhikriteriaketuntasanminimumsebesar6.00danpadasiklusIImeningkatmenjadi16siswa(8889%)sedangkanhasilbelajarsiswadariaspekpsikomotorikmenunjukkanbahwajumlahsiswayangtelahmampumampumemenuhikriteriaketuntasanminimumsebesar6.00padasiklusIsebanyak14siswa(7778%)danpadasiklusIImeningkatmenjadi17siswa(9444%).Berdasarkanhasilpenelitiansaranyangdapatdiajukanadalah(1)pembelajarankooperatifmodelThink-Pair-Share(TPS)dapatdijadikanalternatifpilihandalampraktikpembelajarandikelasuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa(2)gurumatadiklatkewirausahaanmampuuntuklebihdapatmeningkatkanaspekpsikomotoriksiswasalahsatunyadenganmembiasakansiswauntukpresentasidandiskusididepankelas(3)guruyanginginmenerapkanpembelajarankooperatifmodelThink-Pair-Share(TPS)hendaknyamemperhatikanalokasiwaktuaktivitassiswadantahapan-tahapandalampembelajaran.