Pengembangan media pembelajaran Bilingual Berbasis Computer Assisted Instruction pada materi Sporogenesis, Gametogenesis, dan Fertilisasi tumbuhan Angiospermae untuk siswa RSMABI Kelas X semester 2 / Susanto

Main Author: Susanto
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/27460/
Daftar Isi:
  • atakunciPengembanganMediaPembelajaranComputerAssistedInstructionRSMABIBiologiselamainidianggapsebagaisalahsatumatapelajaranyangkurangdiminatiolehkebanyakansiswaSMA.Siswaberanggapanbahwamatapelajaranbiologisulitdipahamikurangmenantangdankurangmenarikkarenasebagianbesarmaterinyaharusdihafalkan.SalahsatupenyebabnyaadalahterdapatmateriyangadadidalammatapelajaranbiologitidakdapatdiamatisecaralangsungolehinderapenglihatansiswamisalnyamaterisporogenesisgametogenesisdanfertilisasitumbuhanAngiospermae.PenyelesaianinovatifdankreatifdalampembelajaranbiologidiperlukanuntukmengubahmindsetsiswayangmenganggapmateriBiologibanyakhafalansulitdipahamikurangmenantangdankurangmenariksertadapatmenyajikanilustrasivisualdarisporogenesisgametogenesisdanfertilisasitumbuhanAngiospermaeuntukmemudahkansiswadalammemahamimateri.TujuanpenelitianyaitumenghasilkanmediapembelajaranberbasisComputerAssistedInstructionuntuksiswaRSMABIkelasXSemester2yangdapatmeningkatkankeaktifanpadasaatprosespembelajarandanmempermudahsiswadalammempelajarimaterisporogenesisgametogenesisdanfertilisasitumbuhanAngiospermae.PenelitiandilakukanmenggunakanmetodeyangdiadopsidandimodifikasidariEducationalResearchandDevelopmentmilikBorgandGall.Metodepengembanganyangdigunakanterdiridaritujuhtahapyaitu1)penelitiandanpengumpulaninformasi2)perencanaan3)pembuatanmediapembelajaran4)ujivalidasiisi5)revisiproduk6)ujivalidasikelompokkecildan7)revisiprodukfinal.Hasilujivalidasiisiolehahlimaterimenunjukkanrata-ratavaliditasmateriyangdisajikanbernilai100%mengindikasikanbahwamateriyangdisajikandidalammediapembelajaranhasilpengembanganvalid.Hasilujivalidasiisiolehahlimediamenunjukkannilairata-ratavaliditastampilanmediapembelajaranhasilpengembangansebesar9786%mengindikasikanbahwatampilanmediapembelajaranhasilpengembanganvalid.Hasilujivalidasikelompokkecilmenunjukkannilairata-ratasebesar91%mengindikasikanbahwaketergunaanolehsiswasebagaipenggunadinyatakanvalid.PengembanganmediapembelajaranberbasisCAIiniperludilanjutkanketahapujicobalapanganskalakecilujicobalapanganskalabesardandiseminasi.