Pengaruh penggunaan bahan ajar IPA terpadu tema gerak dan ciri kehidupan terhadap kemampuan berpikir dan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 20 Malang pada kemampuan akademik berbeda / Sofia Ratnasari

Main Author: Ratnasari, Sofia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/27335/
Daftar Isi:
  • KataKuncibahanajarIPATerpadukemampuanberpikirprestasibelajarKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)menekankanpembelajaranmampumengorientasikansiswakepadalingkungannyatasehinggasiswadapatmengasahkemampuanberpikirnya.KemampuanberpikirdanprestasibelajarmerupakanaspekpentingyangharusdiberdayakanuntukmencapaitujuanyangdiharapkandaripelaksanaanKTSP.SalahsatualternatifyangdapatmewujudkantujuanpembelajaranadalahpenerapanbahanajarIPATerpadu.Pembelajaranterpadumembantumenciptakanstrukturkognitifyangdapatmenjembataniantarapengetahuanawalpesertadidikdenganpengalamanbelajaryangterkait.PenerapanbahanajarIPATerpadutersebutditujukanuntukmengetahuipengaruhterhadapkemampuanberpikirdanprestasibelajarsiswapadakemampuanakademikberbeda.Kemampuanberpikirdalampenelitianinidiukurberdasarkantingkatkognitifpertanyaandanjawabansiswaketikapelajarandanprestasibelajardiukurdarinilaipretestdanpostest.PenelitiandilakukandiSMPNegeri20Malangpadasemestergenap2009/2010denganpopulasipenelitianadalahseluruhsiswakelasVIISMPNegeri20Malangtahunajaran2009/2010.SampelpenelitianiniadalahkelasVIIC(kelaseksperimen)dankelasVIID(kelaskontrol).Sampeldipilihmenggunakanpurposivesamplingsedangkanpenentuankelaseksperimendankontroldipilihsecaraacak.Rancanganpenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemudengandesainpenelitiannonequivalentgroupdesignversifaktorial2x2.Analisisprestasibelajarmenggunakananakovasedangkankemampuanberpikirdianalisissecaradeskriptif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamelaluipembelajarandenganmenggunakanbahanajarIPATerpadupertanyaansiswakelaseksperimenyangmemilikikemampuanakademikatasmeningkatsampaipadalevelkognitifanalisis(C4).SiswakelaseksperimenyangdifasilitasidenganbahanajarIPATerpadumemilikiprestasibelajar122%lebihtinggidibandingkansiswakelaskontrolyangmenggunakanbukuteks.BahanajarIPATerpaduberhasilmemberdayakanprestasibelajarsiswaberkemampuanakademikrendahdenganpersentasekenaikansebesar25%sedangkansiswaberkemampuanakademiktinggimengalamikenaikan35%.BerdasarkanpersentaseketerbacaanbahanajarIPATerpaduyangdiukurdarisegiisimaterisoalbahasapenyajiandanpembelajaransecaraumumsiswamemberitanggapanpositifterhadapbahanajar.Sebagianbesarsiswamemberitanggapansetujuterhadapsegipengukuranyangterdapatpadasoalkuisioner.