Pengaruh penggunaan bahan ajar IPA terpadu tema gerak dan ciri kehidupan terhadap kemampuan berpikir dan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 20 Malang pada kemampuan akademik berbeda / Sofia Ratnasari
Main Author: | Ratnasari, Sofia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/27335/ |
Daftar Isi:
- KataKuncibahanajarIPATerpadukemampuanberpikirprestasibelajarKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)menekankanpembelajaranmampumengorientasikansiswakepadalingkungannyatasehinggasiswadapatmengasahkemampuanberpikirnya.KemampuanberpikirdanprestasibelajarmerupakanaspekpentingyangharusdiberdayakanuntukmencapaitujuanyangdiharapkandaripelaksanaanKTSP.SalahsatualternatifyangdapatmewujudkantujuanpembelajaranadalahpenerapanbahanajarIPATerpadu.Pembelajaranterpadumembantumenciptakanstrukturkognitifyangdapatmenjembataniantarapengetahuanawalpesertadidikdenganpengalamanbelajaryangterkait.PenerapanbahanajarIPATerpadutersebutditujukanuntukmengetahuipengaruhterhadapkemampuanberpikirdanprestasibelajarsiswapadakemampuanakademikberbeda.Kemampuanberpikirdalampenelitianinidiukurberdasarkantingkatkognitifpertanyaandanjawabansiswaketikapelajarandanprestasibelajardiukurdarinilaipretestdanpostest.PenelitiandilakukandiSMPNegeri20Malangpadasemestergenap2009/2010denganpopulasipenelitianadalahseluruhsiswakelasVIISMPNegeri20Malangtahunajaran2009/2010.SampelpenelitianiniadalahkelasVIIC(kelaseksperimen)dankelasVIID(kelaskontrol).Sampeldipilihmenggunakanpurposivesamplingsedangkanpenentuankelaseksperimendankontroldipilihsecaraacak.Rancanganpenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemudengandesainpenelitiannonequivalentgroupdesignversifaktorial2x2.Analisisprestasibelajarmenggunakananakovasedangkankemampuanberpikirdianalisissecaradeskriptif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamelaluipembelajarandenganmenggunakanbahanajarIPATerpadupertanyaansiswakelaseksperimenyangmemilikikemampuanakademikatasmeningkatsampaipadalevelkognitifanalisis(C4).SiswakelaseksperimenyangdifasilitasidenganbahanajarIPATerpadumemilikiprestasibelajar122%lebihtinggidibandingkansiswakelaskontrolyangmenggunakanbukuteks.BahanajarIPATerpaduberhasilmemberdayakanprestasibelajarsiswaberkemampuanakademikrendahdenganpersentasekenaikansebesar25%sedangkansiswaberkemampuanakademiktinggimengalamikenaikan35%.BerdasarkanpersentaseketerbacaanbahanajarIPATerpaduyangdiukurdarisegiisimaterisoalbahasapenyajiandanpembelajaransecaraumumsiswamemberitanggapanpositifterhadapbahanajar.Sebagianbesarsiswamemberitanggapansetujuterhadapsegipengukuranyangterdapatpadasoalkuisioner.