Penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (Think-Pair-Share) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Talun Blitar Jawa Timur / Siti Nur Alifah
Main Author: | Alifah, Siti Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/27306/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPembelajarankooperatifmodelTPSmotivasibelajarhasilbelajarPembelajaranyangbaikadalahpembelajaranyangdapatmenimbulkanmotivasibelajardanmeningkatkanhasilbelajarsiswayaitupembelajaranyangmembuatsiswaaktifdalamprosespembelajaran.BerdasarkanhasilobservasiawalyangdilaksanakandiSMPN1TalunkelasVIIIAditemukanbahwametodepembelajaranmenggunakanceramahsiswayangaktifhanya2siswadari37siswaselama2jampelajaran.Reratapersentaseseluruhaspekmotivasisebesar3724%dengankriteriasangatkurang.BerdasarkanwawancaradenganguruBiologikelasVIIIAditemukanbahwamaterisistemperedarandarahdanhubungannyadengankesehatansulitbagisiswasertahasilbelajarnyapalingrendahdiantaramateribiologilainhasilbelajarbiologiyangtuntassebesar605%.Berdasarkanhasilobservasiyangdilaksanakanolehpenelitipada28Januari-1April2010membuktikanadanyamasalahbelajardisekolahuntukpelajaranBiologiyaituterkaitdenganmotivasidanhasilbelajarolehkarenaituuntukmengatasimasalahtersebutmakadiperlukanpenerapanpembelajarankooperatifmodelTPS.Pendekatanpenelitianadalahdeskriptifkualitatif.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangbersifatkolaboratifyaitumelibatkangurudanpeneliti.TempatpenelitiandiSMPN1TalunBlitarJawaTimur.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIIIAyangberjumlah37siswa.Waktupengambilandatapadatanggal28Januari-6Mei2010.Teknisanalisisdatakualitatifdengancaramenelaahseluruhdatayangtersediadariberbagaisumberyaitulembarobservasimotivasisiswadancatatanlapangan.Datakuantitatifdianalisissecaradeskriptifberdasarkantarafkeberhasilantindakan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaPembelajarankooperatifmodelTPSdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswakelasVIIIASMPN1Talunsebesar421%darisebelumtindakankesiklus1dansebesar1342%darisiklus1kesiklus2.PembelajarankooperatifmodelTPSdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIIIASMPN1Talunsebesar71%darisebelumtindakankesiklus1dansebesar297%darisiklus1kesiklus2.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdisimpulkan(1)pembelajarankooperatifmodelTPSdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswakelasVIIIASMPN1Talun(2)pembelajarankooperatifmodelTPSdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIIIASMPN1Talun.BerdasarkanhasilpembahasansaranyangdapatdiajukanadalahpembelajarankooperatifmodelTPSbaikuntukditerapkanolehguruSMPN1Talunagarmodelpembelajaranlebihbervariasi.i