Penerapan model pembelajaran kooperatif TSTS dengan pendekatan sets untuk meningkatkan kemampuan bertanya menjawab pertanyaan dan hasil belajar siswa XI-IPA-2 di SMAN 8 Malag / Umi Nafiah

Main Author: Nafiah, Umi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/27146/
Daftar Isi:
  • BerdasarkanhasilobservasiyangdilakukandikelasXI-IPA-2SMA8Malangtanggal6Oktober2009menunjukkanbahwakurikulumyangdigunakanadalahKTSPmetodeyangdigunakanpraktikumdengananggotakelompokantara5-6siswadiskusiinformasiceramahdanmetodepenugasan.Darimetodepembelajaranyangdigunakansiswacenderungmengharapkaninformasidariseorangguru.Jumlahsiswayangmengajukapertanyaanberkisarantara30-45%.Kondisisiswadalamprosesbelajar-mengajarmasihcenderungpasifwalaupunsudahdigunakanberbagaimacammetodebelajarnamungurumasihdianggapsebagaisumberutamadalampenerimaaninformasi.Halinisangatmengurangitanggungjawabsiswaatastugasbelajarnya.Seharusnyamerekadituntutuntukmengembangkansegalaolahaninformasiyangditerimadalampikirannyaselamaprosespembelajaranberlangsung.SalahsatustrategimodelpembelajaranyangdapatditerapkanuntukmeningkatkankemampuanbertanyadanmenjawabsiswaadalahmodelpembelajarankooperatifTSTS(TwoStayTwoStray)denganpendekatanSETS(ScienceEnvironmentTechnologyandSociety).PenelitianinibertujuanuntukmeningkatankemampuanbertanyadanmenjawabsiswapadakelasXI-IPA-2SMA8MalangmelaluipenerapanmodelpembelajarankooperatifTwoStayTwoStray(TSTS).PenelitianinimerupakanpenelitiankualitatifjenisPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiriatasduasiklus.Pengambilandatadilaksanakanpadatanggal6Novembersampai20November.Datapenelitianberupakemampuanbertanyadanmenjawabsiswayangdiperolehmelaluiobservasiselamapenelitian.HasilpenelitianpenerapanmodelpembelajarankooperatifTwoStayTwoStray(TSTS)dapat(1)meningkatkankemampuanbertanyasiswadariskorrata-rata588%padasiklusImenjadi6875%padasiklusII(2)meningkatkankemampuanmenjawabsiswaskorrata-ratadari5318%padasiklusImeningkatmenjadi68125%padasiklusII.