Penerapan model pembelajaran kooperatif TSTS dengan pendekatan sets untuk meningkatkan kemampuan bertanya menjawab pertanyaan dan hasil belajar siswa XI-IPA-2 di SMAN 8 Malag / Umi Nafiah
Main Author: | Nafiah, Umi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/27146/ |
Daftar Isi:
- BerdasarkanhasilobservasiyangdilakukandikelasXI-IPA-2SMA8Malangtanggal6Oktober2009menunjukkanbahwakurikulumyangdigunakanadalahKTSPmetodeyangdigunakanpraktikumdengananggotakelompokantara5-6siswadiskusiinformasiceramahdanmetodepenugasan.Darimetodepembelajaranyangdigunakansiswacenderungmengharapkaninformasidariseorangguru.Jumlahsiswayangmengajukapertanyaanberkisarantara30-45%.Kondisisiswadalamprosesbelajar-mengajarmasihcenderungpasifwalaupunsudahdigunakanberbagaimacammetodebelajarnamungurumasihdianggapsebagaisumberutamadalampenerimaaninformasi.Halinisangatmengurangitanggungjawabsiswaatastugasbelajarnya.Seharusnyamerekadituntutuntukmengembangkansegalaolahaninformasiyangditerimadalampikirannyaselamaprosespembelajaranberlangsung.SalahsatustrategimodelpembelajaranyangdapatditerapkanuntukmeningkatkankemampuanbertanyadanmenjawabsiswaadalahmodelpembelajarankooperatifTSTS(TwoStayTwoStray)denganpendekatanSETS(ScienceEnvironmentTechnologyandSociety).PenelitianinibertujuanuntukmeningkatankemampuanbertanyadanmenjawabsiswapadakelasXI-IPA-2SMA8MalangmelaluipenerapanmodelpembelajarankooperatifTwoStayTwoStray(TSTS).PenelitianinimerupakanpenelitiankualitatifjenisPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiriatasduasiklus.Pengambilandatadilaksanakanpadatanggal6Novembersampai20November.Datapenelitianberupakemampuanbertanyadanmenjawabsiswayangdiperolehmelaluiobservasiselamapenelitian.HasilpenelitianpenerapanmodelpembelajarankooperatifTwoStayTwoStray(TSTS)dapat(1)meningkatkankemampuanbertanyasiswadariskorrata-rata588%padasiklusImenjadi6875%padasiklusII(2)meningkatkankemampuanmenjawabsiswaskorrata-ratadari5318%padasiklusImeningkatmenjadi68125%padasiklusII.