Efektivitas konseling kelompok realita untuk mengurangi kebiasaan menyontek siswa / Retno Dewi
Main Author: | Dewi, Retno |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/2708/ |
Daftar Isi:
- KataKunciKonselingKelompokRealitaKebiasaanMenyontekMenyontekmerupakansesuatuyangtidakasinglagibagipelajar.Setiapsiswainginmendapatnilaiyangbaikdalamujiandankarenaituberbagaimacamcaradilakukanuntukmencapaitujuanitu.Banyakorangberanggapanmenyonteksebagaimasalahyangbiasasajanamunadajugayangmemandangseriusmasalahini.Bentuk-bentukkebiasaaninidapatberupamenjiplakataumencontohpekerjaantemanbertanyalangsungsaatmenghadapiujianmembukacatatankecilsaatujianmencaribocoransoalulanganmembukabukusaatulanganmemintatemanuntukmengerjakantugasnyadantukarmenukarsoalyangterdapatjawabandidalamnyaFaktaadanyapelanggarankebiasaanmenyontekolehsiswaharussegeradiatasi.Olehkarenaituperludikemukakansatupendekatanbercorakkonselingyangdapatdipergunakansebagaimodellayanankonselingbagikonseloruntukmengatasimasalahkebiasaanmenyonteksiswa.PendekatanyangdiajukanadalahkonselingKelompokRealita(RealityTheraphy).Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengujikeefektifankonselingkelompokrealitadalammengurangikebiasaanmenyonteksiswa.Penelitianinidilaksanakandenganonegrouppre-testandpost-testdesigndanjugamenggunakanpendekatankualitatifdenganmenginterpretasikansetiappernyataankonseli.Subjekdaripenelitianiniadalah8siswakelasVIIISMPNegeri1DlangguMojokertoyangmemilikiskorkebiasaanmenyontektinggi.Pengumpulandatamenggunakanangkettertutupdanteknikstatistiknonparametrikyangakandigunakanuntukmengujihipotesisdalampenelitianiniadalahsigntest(ujitanda)dikarenakandatadalampenelitianinimerupakandataberskalaordinalselainitusampelnyasalingberkorelasi.Dariharipenelitiandapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaanskorkebiasaanmenyonteksiswapadasaatsebelumdansesudahpemberianperlakuankonselingkelompokrealita.Selainanalisispenelitianmenggunakanpendekatankuantitatifberupaujitandaanalisisjugadilakukanmelaluipendekatankualitatifyaitudenganmenginterpretasikansetiappernyataankonselidarisetiaptahapkonseliyangdiikuti.Subjekpenelitianmengungkapkanbahwakebiasaanmenyontekyangselamainidilakukanmulaiberkurangsetelahmengikutikonselingkelompokrealitaselama6kalitahapan.Dengandemikianhipotesisdalampenelitianinidapatditerimaartinyakonselingkelompokrealitaefektifdigunakanuntukmengurangikebiasaanmenyontek.Berdasarkanhasiltemuandalampenelitianinimakadiajukanbeberapasaransebagaiberikut(1)konselingkelompokrealitaberpengaruhterhadappengurangankebiasaanmenyonteksiswasehinggakonselorhendaknyamenggunakankonselingkelompokrealitauntukmembantusiswayangmemilikikebiasaanmenyontek(2)dalamrangkapeningkatankeefektifankonselingkelompokrealitapenelitianselanjutnyahendaknyamenggunakaneksperimendengankelompokpembandingkarenapenelitianinimenggunakanpendekatanonegrouppretestposttestdesignyangdilakukantanpaadanyakelompokpembanding.Halinidimaksudkanuntukmenunjukkanperbedaanantarasiswayangdiberikanperlakuankonselingkelompokrealitadengansiswayangtidakdiberikanperlakuankonselingkelompokrealita(3)setelahpelaksanaankonselingkelompokrealitadiharapkanbagisiswayangmenjadikonselidapatmengurangidanmenghilangkandenganperlahankebiasaanmenyontekyagbiasadilakukan(4)kelemahanyangterdapatdalampenelitianiniadalahmasihsedikitnyapengurangankebiasaanmenyonteksiswakarenaproseskonselingyangterlalucepatdengan6tahapandantigakalipertemuan.Untukpenelitianselanjutnyadiharapkanperlakuanmelaluiproseskonselingkelompokrealitadapatdilakukanselama6kalitahapandengan6kalipertemuan(5)disarankanbagipenelitianselanjutnyauntukmemilihpermainanyangdapatmenimbulkankohesifitaskelompokdanrasasalingpercayauntukmenjagarahasiaantaranggotakelompok(6)begitujugadalampemilihanvideofilmataubacaandalammengawaliproseskonselingdisarankanuntukmemilihtemayangdisesuaikandenganmasalahyangakandiselesaikan.