Efektivitas konseling kelompok realita untuk mengurangi kebiasaan menyontek siswa / Retno Dewi

Main Author: Dewi, Retno
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/2708/
Daftar Isi:
  • KataKunciKonselingKelompokRealitaKebiasaanMenyontekMenyontekmerupakansesuatuyangtidakasinglagibagipelajar.Setiapsiswainginmendapatnilaiyangbaikdalamujiandankarenaituberbagaimacamcaradilakukanuntukmencapaitujuanitu.Banyakorangberanggapanmenyonteksebagaimasalahyangbiasasajanamunadajugayangmemandangseriusmasalahini.Bentuk-bentukkebiasaaninidapatberupamenjiplakataumencontohpekerjaantemanbertanyalangsungsaatmenghadapiujianmembukacatatankecilsaatujianmencaribocoransoalulanganmembukabukusaatulanganmemintatemanuntukmengerjakantugasnyadantukarmenukarsoalyangterdapatjawabandidalamnyaFaktaadanyapelanggarankebiasaanmenyontekolehsiswaharussegeradiatasi.Olehkarenaituperludikemukakansatupendekatanbercorakkonselingyangdapatdipergunakansebagaimodellayanankonselingbagikonseloruntukmengatasimasalahkebiasaanmenyonteksiswa.PendekatanyangdiajukanadalahkonselingKelompokRealita(RealityTheraphy).Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengujikeefektifankonselingkelompokrealitadalammengurangikebiasaanmenyonteksiswa.Penelitianinidilaksanakandenganonegrouppre-testandpost-testdesigndanjugamenggunakanpendekatankualitatifdenganmenginterpretasikansetiappernyataankonseli.Subjekdaripenelitianiniadalah8siswakelasVIIISMPNegeri1DlangguMojokertoyangmemilikiskorkebiasaanmenyontektinggi.Pengumpulandatamenggunakanangkettertutupdanteknikstatistiknonparametrikyangakandigunakanuntukmengujihipotesisdalampenelitianiniadalahsigntest(ujitanda)dikarenakandatadalampenelitianinimerupakandataberskalaordinalselainitusampelnyasalingberkorelasi.Dariharipenelitiandapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaanskorkebiasaanmenyonteksiswapadasaatsebelumdansesudahpemberianperlakuankonselingkelompokrealita.Selainanalisispenelitianmenggunakanpendekatankuantitatifberupaujitandaanalisisjugadilakukanmelaluipendekatankualitatifyaitudenganmenginterpretasikansetiappernyataankonselidarisetiaptahapkonseliyangdiikuti.Subjekpenelitianmengungkapkanbahwakebiasaanmenyontekyangselamainidilakukanmulaiberkurangsetelahmengikutikonselingkelompokrealitaselama6kalitahapan.Dengandemikianhipotesisdalampenelitianinidapatditerimaartinyakonselingkelompokrealitaefektifdigunakanuntukmengurangikebiasaanmenyontek.Berdasarkanhasiltemuandalampenelitianinimakadiajukanbeberapasaransebagaiberikut(1)konselingkelompokrealitaberpengaruhterhadappengurangankebiasaanmenyonteksiswasehinggakonselorhendaknyamenggunakankonselingkelompokrealitauntukmembantusiswayangmemilikikebiasaanmenyontek(2)dalamrangkapeningkatankeefektifankonselingkelompokrealitapenelitianselanjutnyahendaknyamenggunakaneksperimendengankelompokpembandingkarenapenelitianinimenggunakanpendekatanonegrouppretestposttestdesignyangdilakukantanpaadanyakelompokpembanding.Halinidimaksudkanuntukmenunjukkanperbedaanantarasiswayangdiberikanperlakuankonselingkelompokrealitadengansiswayangtidakdiberikanperlakuankonselingkelompokrealita(3)setelahpelaksanaankonselingkelompokrealitadiharapkanbagisiswayangmenjadikonselidapatmengurangidanmenghilangkandenganperlahankebiasaanmenyontekyagbiasadilakukan(4)kelemahanyangterdapatdalampenelitianiniadalahmasihsedikitnyapengurangankebiasaanmenyonteksiswakarenaproseskonselingyangterlalucepatdengan6tahapandantigakalipertemuan.Untukpenelitianselanjutnyadiharapkanperlakuanmelaluiproseskonselingkelompokrealitadapatdilakukanselama6kalitahapandengan6kalipertemuan(5)disarankanbagipenelitianselanjutnyauntukmemilihpermainanyangdapatmenimbulkankohesifitaskelompokdanrasasalingpercayauntukmenjagarahasiaantaranggotakelompok(6)begitujugadalampemilihanvideofilmataubacaandalammengawaliproseskonselingdisarankanuntukmemilihtemayangdisesuaikandenganmasalahyangakandiselesaikan.