Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadu media berfbasis Information Technology (IT) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA pada materi sistem regulasi / Alifah Cholifah

Main Author: Cholifah, Alifah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/26752/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKCholifahAlifah.2016.PengaruhModelPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)dipaduMediaBerbasisITterhadapKemampuanBerpikirKritisdanHasilBelajarKognitifSiswaKelasXIpadaMateriSistemRegulasi.Skripsi.JurusanPendidikanBiologiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.ScPh.D.(II)Dr.AbdulGofurM.Si.KataKunciModelPembelajaranProblemBasedLearningmediaberbasisITkemampuanberpikirkritishasilbelajarkognitif.ObservasiyangdilakukandiSMAN1Kepanjenmenunjukkan7647%respondenmenyatakansekolahmenyediakanfasilitaspendukungkegiatanbelajarsepertiLiquidCrystalDisplay(LCD)papantuliswifikomputermejakursilaboratoriumspeakerperpustakaandll.Selainitu100%siswamenyatakanmerekamemilikiponselpribadi.Namunhanya588%siswayangmenggunakanponselmerekauntukkegiatanbelajar.Hasilwawancaradengangurubiologimenyatakanmodelpembelajaranyangdigunakanmasihmenggunakanmodelkonvensional.CapaiankognitifyangdiujikanmasihpadaranahC2dangurubelumpernahmengujikemampuanberpikirkritissiswa.FasilitasyangadadiSMAN1Kepanjeninikurangdimanfaatkandenganmaksimal.PenelitimengajukanmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL)dipadumediaberbasisInformationTechnology(IT)untukmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifsiswakelasXIpadamaterisistemregulasi.MetodepenelitianyangdigunakanadalahquasieksperimendenganrancanganPretest-PosttestNon-equivalentControlGroupDesign.PopulasipadapenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXISMANegeri1Kepanjentahunpelajaran2015/2016yangmengikutipelajaranbiologikhususnyababsistemregulasi.Sampelpadapenelitianiniditentukansecarapurposivesampling.KelasXIMIA3terpilihsebagaikelaseksperimendankelasXIMIA5terpilihsebagaikelaskontrol.InstrumenpenelitianyangdigunakanadalahinstrumenperlakuanmeliputisilabusRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)bahanajardanperangkattesdaninstrumenpengukuranmeliputilembarobservasiketerlaksanaanmodelpembelajaraninstrumenkemampuanberpikirkritisdaninstrumenhasilbelajarkognitif.Analisisdatadengananalisiskovarianpadatarafsignifikansi5%denganmenggunakanbantuansoftwareSPSSfor16.0Windows.HasilpenelitianpadakemampuanberpikirkritissiswamenghasilkanFhitungsebesar1248dengansignifikansisebesar0001.Nilaisignifikansitersebutkurangdari005sehinggahipotesispenelitianditerima.HasilperhitungandatahasilbelajarkognitifsiswamenghasilkanFhitungsebesar1412dengantarafsignifikansisebesar0000.Nilaisignfikansiinilebihkecildari005sehinggahipotesispenelitianditerima.Pengujianrerataterkoreksimenunjukkankelaskontrolmemilikipersentasekemampuanberpikirikritissebesar293%lebihtinggidibandingkelaseksperimen.Rerataterkoreksihasilbelajarkognitifmenunjukkankelaskontrol138%lebihungguldibandingkelasperlakuan.Halinidisebabkangurutidakmembatasisumberbelajarsiswapadasaatpenelitian.