Pengembangan modul berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem pencernaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Tumpang / Desy Sylvana Manja
Main Author: | Manja, Desy Sylvana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/26726/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKManjaDesySylvana.2014.PengembanganModulBerbasisInkuiriTerbimbingPadaMateriSistemPencernaanuntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasXISMAN1Tumpang.SkripsiJurusanBiologiProgramStudiPendidikanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.IstamarSyamsuriM.Pd(II)Dr.H.AbdulGofurM.Si.KatakuncimodulinkuiriterbimbinghasilbelajarBerdasarkanhasilobservasipenelitiselamamelaksanakanPraktikPengalamanLapangan(PPL)diSMAN1TumpangpadaAgustus-Oktober2013siswamasihkesulitandalampelaksanaanpembelajaranterutamapembelajaranbiologi.Halinidikarenakansiswatidakmempunyaibukupeganganmaupun(LembarKerjaSiswa)LKSyangmembantumerekadalamprosesbelajar.Siswahanyaterpakupadamateriataupengetahuanyangdisampaikanolehgurusajaterlepasbahwamateriyangdisampaikanolehgurutadibenaratausalah.Bukuyangtersediadiperpustakaanjumlahnyatidaksebanyakjumlahsiswa.Bukubiologisejumlah30buahsedangkansiswakelasXIberjumlahsekitar120siswasehinggasekolahtidakmeminjamkanbukukepadamasing-masingsiswa.Guruseringkalihanyamemberikanceramahpadasiswadenganalasanketerbatasanwaktupelajaranuntukmenggunakanmetodeataumodelpembelajaranyanglain.Keterbatasanwaktudidalamkelasdapatditutupidenganprosespembelajaranyangdilakukansecaramandiriolehmasing-masingsiswa.Belajarsecaramandiridisampingbelajardidalamkelasdapatmemenuhitujuanpembelajaran.Siswadapatmemahamimateridengankecepatandankemampuanmasing-masing.Untukituperluadanyabahanajaryangdapatdigunakansebagaisaranabelajarmandiriolehsiswa.Bahanpembelajaranyangsistematisdanmenarikdiharapkanmampumemotivasisiswauntukbelajarsecaramandiridiluarkelassehinggaprosespembelajaranakantetapdapatberlangsungsampaisiswadapatmenguasaimateriyangdidapatkan.Salahsatubahanajaryangdapatdigunakanadalahmodul.Pendekataninkuiriterbimbingyangterdapatdalammodulmampumemotivasisiswauntukmengembangkanpemikirannyadalamprosesmendapatkanjawabandarisuatupertanyaanilmiah.Dalamperjalanannyasiswamemperolehbanyakpengetahuansecaramandiritidakbergantungpadagurusebagaisatu-satunyasumberbelajarataupunbuku.Penelitianinimerupakanpenelitianpengembanganyangmenggunakanmodelpengembangan4DyangdikemukakanThiagarajandkk.Padapenelitianinihanyadilakukantahapan3Dhanyasampaidevelop.Subjekpenelitianiniadalah3orangvalidatoryangterdiridariahlimateriahlimediadanahlilapanganserta34orangsiswakelasXIIPA2.Datayangdiambilpadapenelitianiniadalah(1)datakelayakanpenggunaanmodulyangdiukurmelaluiangketvalidasiuntukmasing-masingahli(2)datahasilbelajarkognitifyangdiukurmelaluipretesdanposteshasilbelajarafektifyangdiukurmelaluilembarobservasiafektifdanhasilbelajarpsikomotoryangdiukurmelaluilembarobservasipsikomotorsaatpengamatan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwamodulyangdikembangkansudahlayakuntukdiujicobadanditerapkan.Berdasarkanhasilvalidasiahlimaterididapatkanpersentase9560%hasilvalidasiahlimediamendapatkanpersentasesebesar9483%danahlilapanganmendapatkanpersentasesebesar7857%.Saatpenerapanmoduldalamprosespembelajaranterlihatbahwahasilbelajarsiswameningkatsebesar1570poin.Siswajugalebihaktifsaatpembelajarandanterampildalampelaksanaanpengamatan.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwamodulsistempencernaanberbasisinkuiriterbimbingyangdikembangkanlayakuntukditerapkandalampembelajarandanhasilbelajardenganmoduljugamengalamipeningkatan.Saranpemanfaatanyangdiberikanadalah(a)modulsebaiknyadiujicobakandiseluruhkelasXIIPA(b)moduldapatdikerjakansecaraberkelompok(c)gurumemberikanbimbingandanarahansebelummoduldigunakandalamprosespembelajaran(d)gurusebaiknyamembiasakansiswauntukbelajarmenggunakanmodul.SaranuntukdiseminasiadalahmoduldapatdisebarluaskantidakhanyadiSMAN1Tumpangsaja.Saranuntukpengembanganlebihlanjutyaitu(a)melakukanpenelitianlebihlanjutuntukmengujiefektivitasmoduldalampembelajaran(b)moduldapatmenjadiacuanbagiguruuntukmengembangkanmodulpadamateriyanglain(c)gurudapatmengembangkanlebihlanjutdenganmenambahkegiatanbelajarpadamateriaplikasimetodeilmiahagarsiswadapatterbiasaberpikirkritis.Saranpraktispadapenelitianiniadalahpenelitidapatmengukurwaktubelajardanmembacamodulyangberbeda-bedapadatiapindividu.