Pengembangan modul biologi berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 1 Trenggalek / Indri Listi Kusuma
Main Author: | Kusuma, Indri Listi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/26712/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKusumaIndriListi.2015.PengembanganModulBiologiBerbasisProblemBasedLearning(PBL)UntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisSiswaKelasXISMAN1Trenggalek.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Hj.SitiZubaidahM.Pd.(II)NuningWulandariS.SiM.Si.KatakuncimodulbiologiProblemBasedLearningberpikirkritisPenemuandanpemecahanmasalahdalampembelajaranbiologidapatdilakukandengankemampuanberpikirtingkattinggisalahsatunyaadalahberpikirkritis.Realitayangterjadisaatinimenjelaskanbahwakemampuanberpikirkritispadasiswamasihrendahdankurangmendapatperhatian.BerdasarkanhasilwawancaraterhadapguruBiologikelasXISMAN1Trenggalekdiketahuibahwasiswamasihbelummempunyaikemampuanberpikirkritisyangbaik.Haltersebutdapatdiketahuidaripenjelasangurubahwasiswatidakterbiasamenganalisispermasalahandarimateriyangsedangdipelajariyangberhubungandengankehidupansehari-hari.PenelitiandalamrangkamengembangkanmodulbiologiberbasisPBLbertujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.PenelitiandanpengembanganinimenggunakanmodelpengembanganBorgdanGall(1983)yangdilaksanakan7tahapdari10tahapyangada.Tahapyangpertamayaitumelakukanpenelitiandanpengumpulaninformasimengenaipermasalahanyangadadisekolah.TahapyangkeduayaitumelakukanperencanaanyangmeliputiperencanaanpengembanganmodulyangsesuaidenganpermasalahananalisisKIdanKDdanmenentukanpokok-pokokpembelajaran.TahapketigayaitumengembangkanprodukawalyaitumodulbiologiberbasisPBL.Tahapkeempatyaitumelakukanujicobalapangantahapawalyangmeliputivalidasiolehahlimodulmateridanlapangan.Tahapkelimayaitumelakukanrevisiterhadapprodukutamaberdasarkansarandanmasukanparavalidator.Tahapkeenamujicobalapanganutamayaitupenerapanmodulkepada35siswaKelasXIMIA5SMAN1Trenggalek.Tahapketujuhyaiturevisiterhadapprodukyangtelahditerapkan.Berdasarkanhasilvalidasiolehparavalidatoryaituahlimodulmateridanlapangandiperolehhasil348371dan39.Modulyangdikembangkansudahvalidsetelahmelaluiprosesrevisipadaaspektertentu.Hasilujicobalapanganutamamenunjukkanbahwaketerlaksanaankegiatandimodul100%.HasilpretesdanposteskemampuanberpikirkritispadasiswadiperolehTingkatgainsebesar06menunjukkanbahwapeningkatangainscoresiswatergolongsedangberartiperangkatpembelajaranyangdikembangkandapatdikatakancukupefektifdalammeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.Tingkatkepraktisanmodultermasukkategoribaikberdasarkanhasilyangmenunjukkanbahwa21siswamemilikiresponsangatpositif12siswamemilikiresponpositifdan2siswamemilikiresponkurangpositif