Penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa kelas VII D SMP Brawijaya Smart School / Silfiah Anggraini

Main Author: Anggraini, Silfiah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/26639/
Daftar Isi:
  • AnggrainiS.2015.PenerapanMetodePembelajaranInkuiriTerbimbinguntukMeningkatkanMotivasiBelajardanHasilBelajarIPASiswaKelasVIIDSMPBrawijayaSmartSchool.SkripsiJurusanBiologiProdiPendidikanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SarwonoM.Pd(II)SitiImroatulMaslikahS.Si.M.SiKataKuncipembelajaraninkuiriterbimbingmotivasibelajarhasilbelajar.Hasilobservasipadatanggal17Maret2014-21Maret2014diSMPBrawijayaSmartSchoolmenunjukkanbahwamotivasibelajarrendah.Motivasibelajarrendahdapatdiketahuidaribeberapasiswayangtidakfokuspadasaatpembelajaranberlangsungketidakmampuanbeberapasiswadalammenyelesaikansoalevaluasidarimateriyangtelahdijelaskanolehgurubeberapasiswayangtidakberanibertanyatentangmateriyangbelumdimengertiolehsiswabeberapasiswayangtidakpuasdenganprosespembelajaran.Hasilbelajarsiswajugarendah.Upayauntukmeningkatkanmotivasibelajardanhasilbelajarsiswaadalahpenerapanmetodepembelajaraninkuiriterbimbing.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIIDsemestergenaptahunajaran2013/2014SMPBrawijayaSmartSchoolyangterdiridari13siswalaki-lakidan13siswaperempuan.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasyangdilaksanakandalam2siklussetiapsiklusterdiridari4tahapanyaituperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.Datadalampenelitianiniberupaketerlaksanaanpenerapanmetodepembelajaraninkuiriterbimbingmotivasibelajardanhasilbelajar.Instrumenyangdigunakanuntukmengukurketerlaksanaanpenerapanmetodepembelajaraninkuiriterbimbingadalahlembarobservasiketerlaksanaanpenerapanmetodepembelajaraninkuiriterbimbing.Motivasibelajarsiswameliputiempataspekyaituattentionrelevanceconfidencesatisfactionyangdiukurdenganlembarobservasimotivasi.Hasilbelajaryangdiukurmeliputihasilbelajarkognitifafektifdanpsikomotor.Instrumenyangdigunakanuntukmengukurhasilbelajaradalahsoalteslembarobservasiafektifdanlembarobservasipsikomotor.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)keterlaksanaanpenerapanmetodepembelajaraninkuiriterbimbingtercapaipadasiklus2karenasemuadeskriptorterlaksanasedangkanpadasiklus1ada3deskriptoryangtidakterlaksana(2)motivasibelajarsiswameningkatdenganketuntasanklasikalsebesar4808%padasiklus1menjadi7693%padasiklus2(3)hasilbelajarkognitifsiswameningkatdenganketuntasanbelajarklasikalsebesar6154%padasiklus1menjadi7692%padasiklus2hasilbelajarafektifsiswameningkatdenganrata-rataketuntasanbelajarklasikalsebesar4616%padasiklus1menjadi7885%padasiklus2hasilbelajarpsikomotorsiswameningkatdenganrata-rataketuntasanbelajarklasikalsebesar5962%padasiklus1menjadi8462%padasiklus2.Sarandaripenelitianiniadalah(1)Guruataupenelitilaindapatmemberikanpertanyaan-pertanyaanyangbersifatopen-endedpadaLKSyangdibuat(2)Guruataupenelitilaindapatlebihmeningkatkanaspekattentionsiswadenganmemberikancontohpentingnyamateriyangdipelajariolehsiswaaspekrelevancesiswadenganmembuatpertanyaan-pertanyaanpadaLKSdisesuaikandengankemampuansiswadanmemberikanhandoutuntukmenunjangkegiatansiswapadatahapanalisisdataaspekconfidencedenganmenambahpertemuandalampenerapanmetodepembelajaraninkuriterbimbing.