Penerapan model pembelajaran quantum teaching dengan rancangan tandur berbasis lesson study untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII D SMPN 8 Malang /Selfi Sri Wahyuni
Main Author: | Wahyuni, Selfi Sri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/26601/ |
Daftar Isi:
- WahyuniSelfiSri.2013.PenerapanModelPembelajaranQuantumTeachingdenganRancanganTANDURBerbasisLessonStudyuntukMeningkatkanHasilBelajarBiologiSiswaKelasVIIIDSMPNegeri8Malang.SkripsiJurusanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.HerawatiSusiloM.Sc.Ph.D.(II)Ir.NugrahaningsihM.P.KataKunciquantumteachingrancanganTANDURlessonstudyhasilbelajarSMPN8Malang1228812288122881228812288PembelajaranyangkurangmenarikminatsiswaakibatpenggunaanmodelpembelajaranyangkuranginovatifmembuatsiswasulitmeningkatkanhasilbelajarterlebihlagijikasiswamemandangBiologisebagaipelajaranyangsulitbagimereka.KelasVIIIDSMPNegeri8Malangmerupakankelasyangmemilikipermasalahantersebut.ModelQuantumTeachingberbasisLessonStudymenjadisolusiyangtepatuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranBiologi.1228812288122881228812288PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswadenganpenerapanmodelpembelajaranQuantumTeachingberbasisLessonStudy.1228812288122881228812288Penelitianinimenggunakanrancangandeskriptifkualitatif.JenispenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)berbasisLessonStudyyangdilaksanakansebanyakduasiklus.DatahasilbelajardiperolehdengantesdiakhirsiklusIdanakhirsiklusIIuntukranahkognitifdansaatpembelajaranuntukranahafektifdanpsikomotor.Datalainyangmendukungdiperolehsaatpembelajaranberlangsung.Analisisdatahasilpenelitiandilakukandengananalisisdeskriptifkualitatif.1228812288122881228812288Hasilpenelitianinimenghasilkanduakesimpulanadalahsebagaiberikut.1)PenerapanmodelQuantumTeachingberbasiLSdapatmeningkatkanhasilbelajarranahkognitifsebesar10%ranahafektifsebesar899%danranahpsikomotorsebesar1329%.2)PenerapanmodelQuantumTeachingberbasisLSterlaksanadengansangatbaikdenganpersentase8366%padasiklusIdan9664%padasiklusII.1228812288122881228812288SaranyangdapatdikemukakanpadapenelitianiniyaitumodelpembelajaraninidapatdigunakandalampembelajaranBiologiuntukmeningkatkanhasilbelajar.Fleksibilitasgurudanalokasiwaktusangatpentingagarpembelajaranberjalandenganbaikkarenamodelinimemerlukanwaktuyangcukuplama.