Penerapan model problem based leraning dipadu group investigation untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA-6 SMA Negeri 7 Malang / Eki Rahmaniar

Main Author: Rahmaniar, Eki
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/26599/
Daftar Isi:
  • RahmaniarEki.2014.PenerapanModelProblemBasedLearningdipaduGroupInvestigationuntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarSiswaKelasXIIPA6SMANegeri7Malang.SkripsiJurusanPendidikanBiologiFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.MurniSaptasariM.Si(II)Dra.Hj.NursasiHandayaniM.Si.KatakunciProblemBasedLearningGroupInvestigationMotivasiHasilBelajar12288122881228812288BerdasarkanhasilwawancaradanobservasiyangdilakukandiSMAN7MalangditemukanpermasalahanyangseringterjadipadasaatpembelajaranBiologiberlangsung.Permasalahanmenunjukkanbahwapadasaatgurumen-jelaskanmateripelajaranmasihbanyaksiswayangtidakmemperhatikan.Berdasarkanhasilanalisisobservasiaspekperhatiansiswahanyasebesar356%dengankategorikurang.Hasilanalisisobservasiaspekrelevancesiswasebesar404%dengankategorikurang.Aspekconfidencedansatisfactionpadasiswajugamasukdalamkategorikurangterbuktidarihasilanalisisobservasiaspekconfidencesebesar295%dansatisfactionsebesar394%.MotivasibelajarsiswaperluditingkatkandalampembelajaranBiologikarenaBiologimerupakansalahsatubagiandariilmupengetahuanalamyangpembelajarannyamembutuhkanperanaktifsiswakarenasuatukonsepharusdibangunsendiriolehsiswa.Berdasarkanmasalahyangadamakaperludilakukanpenelitiandengantujuanuntukme-ningkatkanmotivasidanhasilbelajarmelaluimodelpembelajaranProblemBasedLearningdipaduGroupInvestigation.12288122881228812288PenelitiandilakukandiSMANegeri7MalangpadabulanMaret-April2014.SubyekdalampenelitianadalahsiswaKelasXIIPA6SMANegeri7MalangsemesterGenapTahunPelajaran2013/2014yangberjumlah33siswaterdiridari13siswalaki-lakidan20siswaperempuan.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK).Analisisdatahasilpenelitianyaituberdasarkanpadadatakualitatifdandatakuantitatif.Datakualitatifdi-analisissecarakualitatifdeskriptifdandatakuantitatifyangdidapatdarihasilpenelitianyaitumotivasibelajarsiswahasilbelajarsiswadanketerlaksanaanpembelajaran.12288122881228812288HasilpenelitianmenunjukkanpenerapanmodelProblemBasedLearningdipaduGroupInvestigationdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswadanhasilbelajarsiswakelasXIIPA6SMANegeri7Malang.PenerapanpembelajarandenganmodelProblemBasedLearningdipaduGroupInvestigationdapatme-ningkatkanmotivasisiklusIkesiklusIIpadatahappertamayaituorientasimasalah..Berdasarkanobservasiindikatorattentionmeningkatsebesar244%indikatorrelevancemeningkatsebesar205%indikatorconfidencemeningkatsebesar24%danindikatorsatisfactionmeningkatsebesar185%.SedangkanhasilbelajarkognitifdarisiklusIkesiklusIImengalamipeningkatansebesar212%danhasilbelajarpsikomotormengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusIIsebesar182%.Peningkatanhasilbelajardapatdilihatpadatahapmelakukanpenyelidikansampaipenyajianhasilakhir.