Pengembangan perangkat pembelajaran klasifikasi makhluk hidup berbasis discovery-inquiry dengan sumber belajar hewan pantai untuk mengembangkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa SMP Negeri 1 Lekok / Fikhi Masjida Nugraha

Main Author: Nugraha, Fikhi Masjida
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/26585/
Daftar Isi:
  • NugrahaFikhiMasjida.2014.PengembanganPerangkatPembelajaranKlasifikasiMakhlukHidupBerbasisDiscovery-InquirydenganSumberBelajarHewanPantaiuntukMengembangkanPenguasaanKonsepdanKeterampilanProsesSainsSiswaSMPNegeri1Lekok.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikandanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.IbrohimM.Si(II)Dr.SuebM.Kes.KataKunciPerangkatPembelajaranKlasifikasiMakhlukHidupDiscovery-InquiryPenguasaanKonsepKeterampilanProsesSainsPembelajaranIPAberdasarkankurikulum2013saatinimenggunakanpendekatansaintifik.Pendekatansaintifikdapatditerapkandenganpembelajarandiscovery-inquiry.Selainitupotensidaerahyangmendukungkegiatanpembelajaranakanlebihbermanfaatapabiladijadikansebagaisumberbelajar.Prosespembelajarandapatberjalanlancarjikaperencanaanpembelajarandibuatlebihdulusebelumpembelajarandilakukan.Perencanaanpembelajaranyangbaikakanberimbaspadapelaksanaanpembelajaranyangbaiksehinggaperludikembangkanperangkatpembelajaranberbasisdisciovery-inquirydenganmenggunakansumberbelajarkeunggulanlokaluntukmenunjangprosespembelajaran.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengembangkanperangkatpembelajaranklasifikasimakhlukhidupdenganmenggunakansumberbelajarkeanekaragamanhewanPantaiLekokdanmengujikeefektifanperangkatyangdisusundengandilakukanujicobadikelasVII-ESMPNegeri1Lekoksertameningkatkanpenguasaankonsepdanketerampilanprosessainspesertadidik.Penelitiandanpengembangandilakukandenganmenggunakanmodel4DThiagarajan(1974).Datadalampenelitiandanpengembanganiniterdiridaridatakuantitatifdandatakualitatif.Datakuantitatifdiperolehdariskorangketvalidasiskorpenguasaankonseppesertadidikdanskorketerampilanprosessainspesertadidikselamaujicoba.Datakualitatifdiperolehdarisaranataukomentaryangdiberikanolehvalidator.Validatordalampenelitiandanpengembanganterdiridarivalidatorahliperangkatvalidatorahlimateridanvalidatorpraktisilapangan.Hasilvalidasimenunjukkanbahwaperangkatpembelajaranyangdikembangkansecaraumumvaliddenganrinciansilabusdengannilaivaliditas977%RPPmemilikivaliditas973%LKPDmemilikivaliditas953%handoutmemilikivaliditas956%daninstrumenpenilaianyangdikembangkanmemilikinilaivaliditasisidankonstrukyangvalid.Perangkatpembelajaranyangdikembangkanmemilikitingkatefektivitas8017%untukmengembangkanpenguasaankonsepdan7133%untukketerampilanprosessainspesertadidik.Halinimenunjukkanbahwaperangkatyangdikembangkansudahefektifdandapatdigunakannamunperludilakukanperbaikankecil.Selainituhasilpenilaianketerlaksanaanpembelajaranmenunjukkannilai826%yangartinyaperangkatpembelajaranterpakaidenganbaik.