Pengembangan perangkat pembelajaran klasifikasi makhluk hidup berbasis discovery-inquiry dengan sumber belajar hewan pantai untuk mengembangkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa SMP Negeri 1 Lekok / Fikhi Masjida Nugraha
Main Author: | Nugraha, Fikhi Masjida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/26585/ |
Daftar Isi:
- NugrahaFikhiMasjida.2014.PengembanganPerangkatPembelajaranKlasifikasiMakhlukHidupBerbasisDiscovery-InquirydenganSumberBelajarHewanPantaiuntukMengembangkanPenguasaanKonsepdanKeterampilanProsesSainsSiswaSMPNegeri1Lekok.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikandanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.IbrohimM.Si(II)Dr.SuebM.Kes.KataKunciPerangkatPembelajaranKlasifikasiMakhlukHidupDiscovery-InquiryPenguasaanKonsepKeterampilanProsesSainsPembelajaranIPAberdasarkankurikulum2013saatinimenggunakanpendekatansaintifik.Pendekatansaintifikdapatditerapkandenganpembelajarandiscovery-inquiry.Selainitupotensidaerahyangmendukungkegiatanpembelajaranakanlebihbermanfaatapabiladijadikansebagaisumberbelajar.Prosespembelajarandapatberjalanlancarjikaperencanaanpembelajarandibuatlebihdulusebelumpembelajarandilakukan.Perencanaanpembelajaranyangbaikakanberimbaspadapelaksanaanpembelajaranyangbaiksehinggaperludikembangkanperangkatpembelajaranberbasisdisciovery-inquirydenganmenggunakansumberbelajarkeunggulanlokaluntukmenunjangprosespembelajaran.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengembangkanperangkatpembelajaranklasifikasimakhlukhidupdenganmenggunakansumberbelajarkeanekaragamanhewanPantaiLekokdanmengujikeefektifanperangkatyangdisusundengandilakukanujicobadikelasVII-ESMPNegeri1Lekoksertameningkatkanpenguasaankonsepdanketerampilanprosessainspesertadidik.Penelitiandanpengembangandilakukandenganmenggunakanmodel4DThiagarajan(1974).Datadalampenelitiandanpengembanganiniterdiridaridatakuantitatifdandatakualitatif.Datakuantitatifdiperolehdariskorangketvalidasiskorpenguasaankonseppesertadidikdanskorketerampilanprosessainspesertadidikselamaujicoba.Datakualitatifdiperolehdarisaranataukomentaryangdiberikanolehvalidator.Validatordalampenelitiandanpengembanganterdiridarivalidatorahliperangkatvalidatorahlimateridanvalidatorpraktisilapangan.Hasilvalidasimenunjukkanbahwaperangkatpembelajaranyangdikembangkansecaraumumvaliddenganrinciansilabusdengannilaivaliditas977%RPPmemilikivaliditas973%LKPDmemilikivaliditas953%handoutmemilikivaliditas956%daninstrumenpenilaianyangdikembangkanmemilikinilaivaliditasisidankonstrukyangvalid.Perangkatpembelajaranyangdikembangkanmemilikitingkatefektivitas8017%untukmengembangkanpenguasaankonsepdan7133%untukketerampilanprosessainspesertadidik.Halinimenunjukkanbahwaperangkatyangdikembangkansudahefektifdandapatdigunakannamunperludilakukanperbaikankecil.Selainituhasilpenilaianketerlaksanaanpembelajaranmenunjukkannilai826%yangartinyaperangkatpembelajaranterpakaidenganbaik.