Perbandingan potensi strategi pembelajaran reciprocal teaching dan cooperative script dalam memberdayakan keterampilan metakognitif, hasil belajar biologi, dan retensi pada siswa berkemampuan akademik rendah / Shefa Dwijayanti Ramadani

Main Author: Ramadani, Shefa Dwijayanti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/26509/
Daftar Isi:
  • RamadaniShefaDwijayanti.2013.PerbandinganPotensiStrategiPembelajaranReciprocalTeachingdanCooperativeScriptdalamMemberdayakanKeterampilanMetakognitifHasilBelajarBiologidanRetensipadaSiswaBerkemampuanAkademikRendah.SkripsiJurusanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Prof.Dr.A.DuranCorebimaM.Pd.(2)Prof.Dr.Hj.SitiZubaidahM.Pd.KataKuncireciprocalteachingcooperativescriptketerampilanmetakognitifhasilbelajarbiologiretensikemampuanakademikrendah.Adanyapolapenerimaansiswabarudisekolah-sekolahtermasukdijenjangSMAyangtelahmenerapkanpolapenerimaansiswabaruberbasisMPLUANtelahmenyebabkanterjadinyapolarisasiantarasekolahyangmemilikisiswadengankemampuanakademiktinggidansekolahyangmemilikisiswadengankemampuanakademirendah.Akibatnyatidaksedikitsiswayangterpaksaharusmenjalanipendidikandanpembelajarandisekolah-sekolahyangkurangbahkantidakbaikkarenasiswatersebuttidakdapatditerimapadasekolahyangberkualifikasibaik.Selamakeadaaniniterusberlanjutmakaperludicaristrategipembelajaranyangberpotensisertaberpeluanglebihbesardalammenolongsiswaberkemampuanakademikrendahditengah-tengahkenyataanbahwaketerampilanmetakognitifdanhasilbelajarbiologimerekayangrendahsertaditengahkenyataanbahwapembelajaranyangdilaksanakanselamainibelummemperhatikanretensibelajarsiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengungkapperbandinganpotensistrategipembelajaranReciprocalTeaching(RT)danCooperativeScript(CS)dalammemberdayakanketerampilanmetakognitifhasilbelajarbiologidanretensipadasiswaberkemampuanakademikrendah.Dengandemikianakandiketahuistrategimanadiantarakeduastrategitersebutyangsebaiknyaditerapkandalampembelajaransertaberpeluangbesardalammenolongsiswaberkemampuanakademikrendahdalammemberdayakanketerampilanmetakognitifhasilbelajarbiologidanretensibelajarnya.PenelitianinidilakukandenganmetodequasieksperimentmelaluidesainNonequivalentPretest-postestControlGroupDesign.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswaSMAkelasXdiMalangyangmemilikikemampuanakademikrendahpadatahunajaran2012/2013dantelahdiujikesetaraannya.SampelyangdigunakanyaitusiswakelasX-7SMALaboratoriumUMyangditerapkandenganstrategiRTdansiswakelasX-1SMAShalahuddinMalangyangditerapkandenganstrategiCS.PenentuansampeldilakukandenganmenggunakanmetoderandomsamplingyaitudenganmelakukanpengundianterhadapsejumlahSMAyangtelahdiujikesetaraannyauntukdiambilduasekolahyangakandigunakandalampenelitian.DatayangdiperolehkemudiandiujistatistikdenganmenggunakanAnakova.Pengujianhipotesisnoldilakukanpadatarafsignifikansi005.HasilpenelitianmenunjukkanbahwastrategipembelajaranRTdanCStidakberbedasecarasignifikandalammemberdayakanketerampilanmetakonitifiihasilbelajarbiologidanretensiyangmeliputiretensiketerampilanmetakognitifdanretensihasilbelajarkognitifbiologi.BerkenaandenganhasiltersebutmakapenelitimerekomendasikanbahwabaikstrategiRTmaupunCSsebaiknyadigunakanselamapembelajarandikelasuntukmenolongsiswadengankemampuanakademikrendahdalammemberdayakanketerampilanmetakognitifhasilbelajarbiologidanretensinya.Beberapasaranyangdirekomendasikandalampenelitianiniyaitu(1)guruhendaknyameninggalkanpembelajarankonvensionaldanmulaimenerapkanstrategipembelajaranyangberpotensibesardalammenolongsiswaberkemampuanakademikrendahdalammemberdayakanketerampilanmetakognitifhasilbelajarbiologidanretensibelajarnyayaitudenganmenerapkanstrategiRTdanCS(2)kepadaguru-guruataupunpenelitilainnyayanghendakmenerapkanstrategiRTagarlebihterampildalammengelolawaktupembelajaran.SementaraitubagiguruataupeneltilainyanghendakmenerapkanstrategiCShendaknyamenempatkansiswasecaraheterogendalamkelompoksehinggamanfaatyangdiperolehsiswaoptimalserta(3)sebaiknyapenelitianyangsejenisperluterusdikembangkandengankombinasibeberapastrategipembelajaranyanglainpadajenjangpendidikanyangsamaatauberbedauntukmengetahuistrategipembelajaranyangbetul-betulberpotensibesardalammemberdayakanketerampilanmetakognitifhasilbelajarkognitifbiologidanretensisiswaberkemampuanakademikrendah.