Perbandingan potensi strategi pembelajaran reciprocal teaching dan cooperative script dalam memberdayakan keterampilan metakognitif, hasil belajar biologi, dan retensi pada siswa berkemampuan akademik rendah / Shefa Dwijayanti Ramadani
Main Author: | Ramadani, Shefa Dwijayanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/26509/ |
Daftar Isi:
- RamadaniShefaDwijayanti.2013.PerbandinganPotensiStrategiPembelajaranReciprocalTeachingdanCooperativeScriptdalamMemberdayakanKeterampilanMetakognitifHasilBelajarBiologidanRetensipadaSiswaBerkemampuanAkademikRendah.SkripsiJurusanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Prof.Dr.A.DuranCorebimaM.Pd.(2)Prof.Dr.Hj.SitiZubaidahM.Pd.KataKuncireciprocalteachingcooperativescriptketerampilanmetakognitifhasilbelajarbiologiretensikemampuanakademikrendah.Adanyapolapenerimaansiswabarudisekolah-sekolahtermasukdijenjangSMAyangtelahmenerapkanpolapenerimaansiswabaruberbasisMPLUANtelahmenyebabkanterjadinyapolarisasiantarasekolahyangmemilikisiswadengankemampuanakademiktinggidansekolahyangmemilikisiswadengankemampuanakademirendah.Akibatnyatidaksedikitsiswayangterpaksaharusmenjalanipendidikandanpembelajarandisekolah-sekolahyangkurangbahkantidakbaikkarenasiswatersebuttidakdapatditerimapadasekolahyangberkualifikasibaik.Selamakeadaaniniterusberlanjutmakaperludicaristrategipembelajaranyangberpotensisertaberpeluanglebihbesardalammenolongsiswaberkemampuanakademikrendahditengah-tengahkenyataanbahwaketerampilanmetakognitifdanhasilbelajarbiologimerekayangrendahsertaditengahkenyataanbahwapembelajaranyangdilaksanakanselamainibelummemperhatikanretensibelajarsiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengungkapperbandinganpotensistrategipembelajaranReciprocalTeaching(RT)danCooperativeScript(CS)dalammemberdayakanketerampilanmetakognitifhasilbelajarbiologidanretensipadasiswaberkemampuanakademikrendah.Dengandemikianakandiketahuistrategimanadiantarakeduastrategitersebutyangsebaiknyaditerapkandalampembelajaransertaberpeluangbesardalammenolongsiswaberkemampuanakademikrendahdalammemberdayakanketerampilanmetakognitifhasilbelajarbiologidanretensibelajarnya.PenelitianinidilakukandenganmetodequasieksperimentmelaluidesainNonequivalentPretest-postestControlGroupDesign.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswaSMAkelasXdiMalangyangmemilikikemampuanakademikrendahpadatahunajaran2012/2013dantelahdiujikesetaraannya.SampelyangdigunakanyaitusiswakelasX-7SMALaboratoriumUMyangditerapkandenganstrategiRTdansiswakelasX-1SMAShalahuddinMalangyangditerapkandenganstrategiCS.PenentuansampeldilakukandenganmenggunakanmetoderandomsamplingyaitudenganmelakukanpengundianterhadapsejumlahSMAyangtelahdiujikesetaraannyauntukdiambilduasekolahyangakandigunakandalampenelitian.DatayangdiperolehkemudiandiujistatistikdenganmenggunakanAnakova.Pengujianhipotesisnoldilakukanpadatarafsignifikansi005.HasilpenelitianmenunjukkanbahwastrategipembelajaranRTdanCStidakberbedasecarasignifikandalammemberdayakanketerampilanmetakonitifiihasilbelajarbiologidanretensiyangmeliputiretensiketerampilanmetakognitifdanretensihasilbelajarkognitifbiologi.BerkenaandenganhasiltersebutmakapenelitimerekomendasikanbahwabaikstrategiRTmaupunCSsebaiknyadigunakanselamapembelajarandikelasuntukmenolongsiswadengankemampuanakademikrendahdalammemberdayakanketerampilanmetakognitifhasilbelajarbiologidanretensinya.Beberapasaranyangdirekomendasikandalampenelitianiniyaitu(1)guruhendaknyameninggalkanpembelajarankonvensionaldanmulaimenerapkanstrategipembelajaranyangberpotensibesardalammenolongsiswaberkemampuanakademikrendahdalammemberdayakanketerampilanmetakognitifhasilbelajarbiologidanretensibelajarnyayaitudenganmenerapkanstrategiRTdanCS(2)kepadaguru-guruataupunpenelitilainnyayanghendakmenerapkanstrategiRTagarlebihterampildalammengelolawaktupembelajaran.SementaraitubagiguruataupeneltilainyanghendakmenerapkanstrategiCShendaknyamenempatkansiswasecaraheterogendalamkelompoksehinggamanfaatyangdiperolehsiswaoptimalserta(3)sebaiknyapenelitianyangsejenisperluterusdikembangkandengankombinasibeberapastrategipembelajaranyanglainpadajenjangpendidikanyangsamaatauberbedauntukmengetahuistrategipembelajaranyangbetul-betulberpotensibesardalammemberdayakanketerampilanmetakognitifhasilbelajarkognitifbiologidanretensisiswaberkemampuanakademikrendah.