Pengaruh penerapan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dipadu think pair share (TPS) terhadap kemampuan metakognitif, kemampuan berpikir, dan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Peterongan / Retna Dwi Nofitasari
Main Author: | Nofitasari, Retna Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/26427/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPBMPTPSKemampuanMetakognitifKemampuanBerpikirPemahamanKonsep.Belajarmerupakansalahsatufaktoryangberperanpentingdalampembentukanpribadidanperilakuindividu.Prosesbelajardimulaisejakmanusialahirdenganberbagaikelebihandankekuranganyangmenyertainya.Prosesbelajarakanmenjadisangatpentingbagisiapasajadandimanasaja.Seiringdenganberkembangnyabelajarmanusiamakakemampuanberpikirmerekajugaakanbertambah.Salahsatufaktoryangmempengaruhikemampuanberpikiradalahkemampuanmetakognitif.StrategiyangdipilihadalahdenganpolaPBMPpadapelaksanaannyadapatdigabungkandenganmetodekooperatifsalahsatunyaadalahTPS.StrategiTPSdapatdigunakanuntukmeningkatkankeaktifansiswadalambelajardandapatmembuatsiswadapatberpikirlebihterarah(denganPBMP)sertadapatmeningkatkanaktivitassiswadalamkegiatanbelajarkarenasiswadituntutmelaporkanhasilberpikirnyapadateman-temannya.Padastrategiinisiswadituntutuntukdapatbekerjasecarabersama-samadengantemansebayanya.Kegiataninidapatmeningkatkankegiatansosialsiswa.Selainmetodepembelajaranyangdipilihhasilbelajarsiswajugadipengaruhiolehkondisiawalsiswasehinggaperlujugadilihatbagaimanapengaruhnyaterhadapkemampuanmetakognitifkemampuanberpikirdanpemahamankonsepsiswa.Penelitianinimerupakanjenispenelitianeksperimensemu.PopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIIISMPNegeri3Peterongan.SampelpenelitianadalahseluruhsiswakelasVIIIAsebagaikelaskontrol(pengajarandenganstrategikonvensional)dankelasVIIIBsebagaikelaseksperimen(pengajarandenganpolaPBMPdipaduTPS).AnalisisyangdigunakanadalahanakovauntukmengetahuipengaruhpenerapanpolaPBMPdipaduTPSterhadapkemampuanmetakognitifkemampuanberpikirdanpemahamankonsepsiswa.HasilpenelitianmenunjukkanadanyapengaruhsignifikandenganpemberianpolaPBMPdipaduTPSpadaketerampilanmetakognitifsiswasedangkantidakadanyapengaruhsignifikanpadakesadaranyangmenggunakaninventori.PenelitianjugamenunjukkanadanyapengaruhpemberianpolaPBMPdipaduTPSterhadapkemampuanberpikirdanpemahamankonsepsiswa.Melihatdarihasilpenelitiantersebutdiatasbeberapasarandiajukanolehpenelitiuntukcalonpenelitiatauguruyaituagarmelakukanpenelitianyanglebihlanjutmengenaikemampuanmetakognitifkemampuanberpikirdanpemahamankonsepsiswapadapembelajaranterkaitdisekolah.