Pengaruh penerapan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dipadu think pair share (TPS) terhadap kemampuan metakognitif, kemampuan berpikir, dan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Peterongan / Retna Dwi Nofitasari

Main Author: Nofitasari, Retna Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/26427/
Daftar Isi:
  • KatakunciPBMPTPSKemampuanMetakognitifKemampuanBerpikirPemahamanKonsep.Belajarmerupakansalahsatufaktoryangberperanpentingdalampembentukanpribadidanperilakuindividu.Prosesbelajardimulaisejakmanusialahirdenganberbagaikelebihandankekuranganyangmenyertainya.Prosesbelajarakanmenjadisangatpentingbagisiapasajadandimanasaja.Seiringdenganberkembangnyabelajarmanusiamakakemampuanberpikirmerekajugaakanbertambah.Salahsatufaktoryangmempengaruhikemampuanberpikiradalahkemampuanmetakognitif.StrategiyangdipilihadalahdenganpolaPBMPpadapelaksanaannyadapatdigabungkandenganmetodekooperatifsalahsatunyaadalahTPS.StrategiTPSdapatdigunakanuntukmeningkatkankeaktifansiswadalambelajardandapatmembuatsiswadapatberpikirlebihterarah(denganPBMP)sertadapatmeningkatkanaktivitassiswadalamkegiatanbelajarkarenasiswadituntutmelaporkanhasilberpikirnyapadateman-temannya.Padastrategiinisiswadituntutuntukdapatbekerjasecarabersama-samadengantemansebayanya.Kegiataninidapatmeningkatkankegiatansosialsiswa.Selainmetodepembelajaranyangdipilihhasilbelajarsiswajugadipengaruhiolehkondisiawalsiswasehinggaperlujugadilihatbagaimanapengaruhnyaterhadapkemampuanmetakognitifkemampuanberpikirdanpemahamankonsepsiswa.Penelitianinimerupakanjenispenelitianeksperimensemu.PopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIIISMPNegeri3Peterongan.SampelpenelitianadalahseluruhsiswakelasVIIIAsebagaikelaskontrol(pengajarandenganstrategikonvensional)dankelasVIIIBsebagaikelaseksperimen(pengajarandenganpolaPBMPdipaduTPS).AnalisisyangdigunakanadalahanakovauntukmengetahuipengaruhpenerapanpolaPBMPdipaduTPSterhadapkemampuanmetakognitifkemampuanberpikirdanpemahamankonsepsiswa.HasilpenelitianmenunjukkanadanyapengaruhsignifikandenganpemberianpolaPBMPdipaduTPSpadaketerampilanmetakognitifsiswasedangkantidakadanyapengaruhsignifikanpadakesadaranyangmenggunakaninventori.PenelitianjugamenunjukkanadanyapengaruhpemberianpolaPBMPdipaduTPSterhadapkemampuanberpikirdanpemahamankonsepsiswa.Melihatdarihasilpenelitiantersebutdiatasbeberapasarandiajukanolehpenelitiuntukcalonpenelitiatauguruyaituagarmelakukanpenelitianyanglebihlanjutmengenaikemampuanmetakognitifkemampuanberpikirdanpemahamankonsepsiswapadapembelajaranterkaitdisekolah.