Pengaruh strategi pembelajaran reciprocal teaching dipadu dengan jigsaw terhadap kemampuan metakognitif, hasil belajar dan retensi siswa kelas X di SMA Negeri 7 Malang / Azizul Ghofar Candra Wicaksono

Main Author: Wicaksono, Azizul Ghofar Candra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/26415/
Daftar Isi:
  • KataKunciReciprocalTeachingJigsawmetakognitifhasilbelajarretensi.Kualitaspendidikantercermindaripembelajaranyangberlangsungdidalamlembagapendidikan(sekolah).SecaraumumpembelajaranyangberlangsungdiIndonesiabelummenunjukkanperkembanganyangsignifikankondisiiniberdampakpadabanyaknyasiswayangmemilikikemampuanmetakognitifhasilbelajardanretensiyangrendah.Permasalahantersebutdapatdiatasidenganmenerapkanstrategipembelajaranreciprocalteaching(RT)dalammetodejigsaw.StrategiRTberpotensiuntukmengembangkankemampuanmetakognitifdanhasilbelajarsiswa.Selainitutingginyaaktivitassiswadalammetodejigsawtermasukmembelajarkanmaterikepadasiswalainmampumeningkatkandayaingatatauretensisiswa.DengandemikiankombinasiRTdanjigsawmenjadistrategiyangberpotensiuntukmeningkatkankeberhasilanbelajarsiswatermasukdalamaspekkemampuanmetakognitifhasilbelajardanretensi.Tujuanpenelitianiniialah1)MengetahuipengaruhstrategiReciprocalteachingdipadudenganJigsawterhadapkemampuanmetakognitif2)MengetahuipengaruhstrategiReciprocalteachingdipadudenganJigsawterhadaphasilbelajarkognitifdan3)MengetahuipengaruhstrategiReciprocalteachingdipadudenganJigsawterhadapretensi.RancanganpenelitianyangdigunakanialahquasieksperimendenganPretest-PostestNonequivalentControlGroupDesign.Variabelbebasadalahstrategipembelajaran(reciprocalteaching-jigsaw).Variabelterikatadalahkesadaranmetakognitifketerampilanmetakognitifhasilbelajardanretensi.PopulasipenelitianialahseluruhsiswakelasXSMAN7Malang.SampelpenelitianadalahsiswakelasX-2sebagaikelaskontroldanX-10sebagaikelasperlakuan.KemampuanmetakognitifdiukurmenggunakanMAI(metacognitiveawarenessinventory)danrubrikmetakognitif.Hasilbelajardiukurdenganmenggunakantesessay.Retensidiukurdenganmenggunakantesessayduaminggusetelahperlakuan.Instrumentesterlebihdahuludiujivaliditasdanreliabilitas.Datadiambilpadasaatpretespostesdanretensi(duaminggusetelahpostes).Ujihipotesismenggunakananakovadengantarafsignifikansi005(P005).Sebelumujianakovadilakukanujinormalitasdatadenganujikormogolovsmirnovdanujihomogenitasdatadenganlevenetes.Hasilpenelitianmenunjukkan1)Strategipembelajaranberpengaruhterhadapkemampuanmetakognitif2)Strategipembelajaranberpengaruhterhadaphasilbelajardan3)Strategipembelajaranberpengaruhterhadapretensi.Strategigabunganreciprocalteaching-jigsawterbuktidapatmeningkatkanprosesdanhasilbelajardandisarankanbagiguruuntukmencobamengimplementasikanstrategireciprocalteaching-jigsawdalampembelajaranBiologi.