Penerapan metode pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dipadu inkuiri terbimbing untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Malang / Aniatul Hazanah

Main Author: Hazanah, Aniatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/26409/
Daftar Isi:
  • KatakunciSTADInkuiriTerbimbingMotivasiBelajarHasilBelajarSMPN1MalangmemilikikelasVIIIidenganjumlahsiswa30orang.Siswasiswatersebuttidaksemuamemilikikemampuanakademiktinggi.HalinidibuktikandengannilaihasilbejarsiswayangbelummencapaiKKM.HasilbelajaryangbelummencapaiKKMdisebabkankarenakurangnyaminatsiswadalambelajar.Kurangmyamotivasibelajarsiswasecaraotomatismenyebabkanrendahnyahasilbelajarsiswa.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk(1)MeningkatkanmotivasibelajarsiswakelasVIIIISMPN1Malang(2)MeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIIIISMPN1Malang.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganpendekatandeskriptifkualitatif.SubjekpenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIIIiSMPN1Malangtahunajaran2010/2011denganjumlahsiswa30orang.Siswalaki-lakiberjumlah12orangdansiswaperempuanberjumlah18orang.InstrumenpenelitianyangdigunakanadalahRPPLKScatatanlapanganlembarketerlaksanaanpembelajaranolehgurudansiswalembarobservasimotivasibelajarpaperandpenciltestskalalickertdanlembarobservasiranahpsikomotor.Prosedurpenelitianterdiridaritahapprapenelitiandantahappenelitian.Tahappenelitianterdiridari2siklus.Masing-masingsiklusterdiridaritahapplanactionobservreflect.Paparandatadantemuanpenelitiandilakukandenganmenjelaskansecaradeskriptifbeberapatahapyangtelahdilakukandalampenelitiankemudiandihitungjumlahpeningkatanmotivasidanhasilbelajarsiswadiketahuihasilpenelitianmenyatakanbahwa(1)PenerapanmetodepembelajarankooperatifSTADdipaduInkuriterbimbingdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswadarisiklusIdansiklusII6352%dan781%dandanterjadipeningkatansebesar632%.(2)PenerapanmetodepembelajarankooperatifSTADdipaduInkuriterbimbingdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadarisiklusIdansiklusII.HasilbelajarkognitifsiklusIdansiklusIIadalah8314dan8974terjadipeningkatansebesar66.HasilbelajarafektifsiklusIdansiklusIIadalah7174dan8537danterjadipeningkatansebesar1363.SedangkanuntukhasilbelajarpsikomotorsiklusI6086%siklusII7864%.Hasilpenelitianiniadalah(1)BerdasarkanhasilanalisisdeskriptifpenerapanmetodekooperatifSTADdipaduinkuiriterbimbingdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa.(2)BerdasarkanhasilanalisisdeskriptifpenerapanmetodekooperatifSTADdipaduinkuiriterbimbingdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.