Penerapan metode pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dipadu inkuiri terbimbing untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Malang / Aniatul Hazanah
Main Author: | Hazanah, Aniatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/26409/ |
Daftar Isi:
- KatakunciSTADInkuiriTerbimbingMotivasiBelajarHasilBelajarSMPN1MalangmemilikikelasVIIIidenganjumlahsiswa30orang.Siswasiswatersebuttidaksemuamemilikikemampuanakademiktinggi.HalinidibuktikandengannilaihasilbejarsiswayangbelummencapaiKKM.HasilbelajaryangbelummencapaiKKMdisebabkankarenakurangnyaminatsiswadalambelajar.Kurangmyamotivasibelajarsiswasecaraotomatismenyebabkanrendahnyahasilbelajarsiswa.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk(1)MeningkatkanmotivasibelajarsiswakelasVIIIISMPN1Malang(2)MeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIIIISMPN1Malang.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganpendekatandeskriptifkualitatif.SubjekpenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIIIiSMPN1Malangtahunajaran2010/2011denganjumlahsiswa30orang.Siswalaki-lakiberjumlah12orangdansiswaperempuanberjumlah18orang.InstrumenpenelitianyangdigunakanadalahRPPLKScatatanlapanganlembarketerlaksanaanpembelajaranolehgurudansiswalembarobservasimotivasibelajarpaperandpenciltestskalalickertdanlembarobservasiranahpsikomotor.Prosedurpenelitianterdiridaritahapprapenelitiandantahappenelitian.Tahappenelitianterdiridari2siklus.Masing-masingsiklusterdiridaritahapplanactionobservreflect.Paparandatadantemuanpenelitiandilakukandenganmenjelaskansecaradeskriptifbeberapatahapyangtelahdilakukandalampenelitiankemudiandihitungjumlahpeningkatanmotivasidanhasilbelajarsiswadiketahuihasilpenelitianmenyatakanbahwa(1)PenerapanmetodepembelajarankooperatifSTADdipaduInkuriterbimbingdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswadarisiklusIdansiklusII6352%dan781%dandanterjadipeningkatansebesar632%.(2)PenerapanmetodepembelajarankooperatifSTADdipaduInkuriterbimbingdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadarisiklusIdansiklusII.HasilbelajarkognitifsiklusIdansiklusIIadalah8314dan8974terjadipeningkatansebesar66.HasilbelajarafektifsiklusIdansiklusIIadalah7174dan8537danterjadipeningkatansebesar1363.SedangkanuntukhasilbelajarpsikomotorsiklusI6086%siklusII7864%.Hasilpenelitianiniadalah(1)BerdasarkanhasilanalisisdeskriptifpenerapanmetodekooperatifSTADdipaduinkuiriterbimbingdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa.(2)BerdasarkanhasilanalisisdeskriptifpenerapanmetodekooperatifSTADdipaduinkuiriterbimbingdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.