Pengaruh penerapan peta konsep melalui pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan metakognitif, kemampuan berpikir, dan pemahaman konsep biologi siswa SMP Darul Ulum 1 Jombang / Mistianah

Main Author: Mistianah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/26406/
Daftar Isi:
  • KatakunciPetaKonsepTPSkemampuanmetakognitifkemampuanberpikirpemahamankonsepPendidikanmerupakanfaktorpentingdalammenggerakkanrodapembangunanbangsa.Pendidikanyangberkualitasmampumendorongterciptanyasumberdayamanusiayangberkualitas.Salahsatumasalahyangdihadapiduniapendidikankitaadalahmasalahlemahnyaprosespembelajaran.Padaprosespembelajarananakkurangdidoronguntukmengembangkankemampuanberpikir.Berpikirmerupakansalahsatuaspekpentingyangharusdikembangkandandiberdayakan.Selainkemampuanberpikirkemampuanmetakognitifjugamasihsangatkurangdiperhatikandalamprosespembelajaran.StrategiyangdapatdipakaiuntukmemberdayakankemampuanberpikirdankemampuanmetakognitifsiswaantaralainadalahstrategipembelajaranpetakonsepmelaluiThinkPairShare(TPS).Melaluistrategiinisiswadituntutuntukdapatsecarabertanggungjawabmelaporkanhasilberpikirnyakepadatemansebayasehinggadimungkinkankesadaranmengenaiproseskognitifnyadapatditingkatkan.PenelitianinidilakukandiSMPDarulUlum1Jombangselamasemestergenap2010/2011.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswaSMPDarulUlum1JombangKelasVIItahunajaran2010/2011.SampeldalampenelitianiniadalahsiswakelasVII3sebagaikelaskontroldansiswakelasVII4sebagaikelaseksperimen.SiswakelasVII3terdiriatas30orangsedangkansiswakelasVII4terdiridari35orang.Rancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahrancanganpenelitianeksperimensemudengandesainpenelitiancontrolgrouppretestposttest.Datakemampuanmetakognitif(yangterdiridaridatakesadaranmetakognitifdanketerampilanmetakognitif)datakemampuanberpikirdandatapemahamankonsepdianalisisdenganmenggunakanteknikAnalisisAnakova.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwasiswayangdiajardenganmenggunakanstrategipembelajaranpetakonsepmelaluiTPSmemilikikemampuanmetakognitifkemampuanberpikirdanpemahamankonsepyanglebihtinggidaripadasiswayangdiajardenganstrategikonvensional.HasilpenelitianmenunjukkanbahwastrategipembelajaranpetakonsepmelaluiTPSmampumeningkatkankesadaranmetakognitifsiswasebesar208%lebihtinggidaristrategipembelajarankonvensional.StrategipembelajaranpetakonsepmelaluiTPSjugamampumeningkatkanketerampilanmetakognitifsiswasebesar1844%lebihtinggidaristrategipembelajarankonvensional.StrategipembelajaranpetakonsepmelaluiTPSmampumeningkatkankemampuanberpikirsiswasebesar1157%lebihtinggidaristrategipembelajaraniikonvensional.StrategipembelajaranpetakonsepmelaluiTPSmampumeningkatkanpemahamankonsepsiswasebesar2476%lebihtinggidaristrategipembelajarankonvensional.BerdasarkanhasilpenelitianyangtelahdiperolehterlihatbahwastrategipembelajaranpetakonsepmelaluiTPSdapatdiandalkandalamrangkameningkatkankemampuanmetakognitifkemampuanberpikirdanpemahamankonsep.MelihatfaktayangtelahditunjukkanmakadiharapkangurudapatmenerapkanpenggunaanstrategipembelajaranpetakonsepmelaluiTPSdalamkegiatanpembelajarandisekolah.