Pengaruh penerapan peta konsep melalui pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan metakognitif, kemampuan berpikir, dan pemahaman konsep biologi siswa SMP Darul Ulum 1 Jombang / Mistianah
Main Author: | Mistianah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/26406/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPetaKonsepTPSkemampuanmetakognitifkemampuanberpikirpemahamankonsepPendidikanmerupakanfaktorpentingdalammenggerakkanrodapembangunanbangsa.Pendidikanyangberkualitasmampumendorongterciptanyasumberdayamanusiayangberkualitas.Salahsatumasalahyangdihadapiduniapendidikankitaadalahmasalahlemahnyaprosespembelajaran.Padaprosespembelajarananakkurangdidoronguntukmengembangkankemampuanberpikir.Berpikirmerupakansalahsatuaspekpentingyangharusdikembangkandandiberdayakan.Selainkemampuanberpikirkemampuanmetakognitifjugamasihsangatkurangdiperhatikandalamprosespembelajaran.StrategiyangdapatdipakaiuntukmemberdayakankemampuanberpikirdankemampuanmetakognitifsiswaantaralainadalahstrategipembelajaranpetakonsepmelaluiThinkPairShare(TPS).Melaluistrategiinisiswadituntutuntukdapatsecarabertanggungjawabmelaporkanhasilberpikirnyakepadatemansebayasehinggadimungkinkankesadaranmengenaiproseskognitifnyadapatditingkatkan.PenelitianinidilakukandiSMPDarulUlum1Jombangselamasemestergenap2010/2011.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswaSMPDarulUlum1JombangKelasVIItahunajaran2010/2011.SampeldalampenelitianiniadalahsiswakelasVII3sebagaikelaskontroldansiswakelasVII4sebagaikelaseksperimen.SiswakelasVII3terdiriatas30orangsedangkansiswakelasVII4terdiridari35orang.Rancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahrancanganpenelitianeksperimensemudengandesainpenelitiancontrolgrouppretestposttest.Datakemampuanmetakognitif(yangterdiridaridatakesadaranmetakognitifdanketerampilanmetakognitif)datakemampuanberpikirdandatapemahamankonsepdianalisisdenganmenggunakanteknikAnalisisAnakova.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwasiswayangdiajardenganmenggunakanstrategipembelajaranpetakonsepmelaluiTPSmemilikikemampuanmetakognitifkemampuanberpikirdanpemahamankonsepyanglebihtinggidaripadasiswayangdiajardenganstrategikonvensional.HasilpenelitianmenunjukkanbahwastrategipembelajaranpetakonsepmelaluiTPSmampumeningkatkankesadaranmetakognitifsiswasebesar208%lebihtinggidaristrategipembelajarankonvensional.StrategipembelajaranpetakonsepmelaluiTPSjugamampumeningkatkanketerampilanmetakognitifsiswasebesar1844%lebihtinggidaristrategipembelajarankonvensional.StrategipembelajaranpetakonsepmelaluiTPSmampumeningkatkankemampuanberpikirsiswasebesar1157%lebihtinggidaristrategipembelajaraniikonvensional.StrategipembelajaranpetakonsepmelaluiTPSmampumeningkatkanpemahamankonsepsiswasebesar2476%lebihtinggidaristrategipembelajarankonvensional.BerdasarkanhasilpenelitianyangtelahdiperolehterlihatbahwastrategipembelajaranpetakonsepmelaluiTPSdapatdiandalkandalamrangkameningkatkankemampuanmetakognitifkemampuanberpikirdanpemahamankonsep.MelihatfaktayangtelahditunjukkanmakadiharapkangurudapatmenerapkanpenggunaanstrategipembelajaranpetakonsepmelaluiTPSdalamkegiatanpembelajarandisekolah.