Pengembangan video model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan tema pencemaran air sungai sebagai sumber belajar untuk guru IPA SMP / MTs / Diyah Ayu Widyaningrum
Main Author: | Widyaningrum, Diyah Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/26398/ |
Daftar Isi:
- KataKuncivideopembelajaranLearningcycle5EsumberbelajarVideopembelajaranLearningcycle5Emerupakansalahsatusumberbelajaruntukguru.Informasiyangdiserapolehmasyarakatmelaluitayanganvideolebihbanyakyakni50%dibandingkandengan10%melaluimembaca20%melaluimendengardan30%melaluimelihat.ModelpembelajaranLearningcycle5Ememilikikeunggulanyaitudapatmembuatsiswalebihaktifsiswatertarikpadamateripelajarandansiswadapatmembangunpengetahuannyasendirisehinggapembelajaranlebihbermakna.VideomodelpembelajaranLearningcycle5Ememuatpembelajaransecaraterpadudengantemapencemaranairsungai.Temainimemuatketerpaduanbidangbiologifisikadankimia.TujuanpengembangansumberbelajariniadalahuntukmengembangkanvideomodelpembelajaranLearningcycle5EsebagaisumberbelajaruntukguruIPASMP/MTssertauntukmenemukankelebihandankekuranganvideomodelpembelajaranLearningcycle5EsebagaisumberbelajaruntukguruIPASMP/MTs.DesainpenelitianyangdigunakanadalahdesainpenelitiandanpengembanganBorgdanGallyangtelahdimodifikasi.Langkah-langkahpenelitiandanpengembanganadalahpenelitiandanpengumpulandataawalperencanaanpengembanganpengembangandraftprodukpenilaianrevisidanpenyempurnaanproduk.ProdukyangdihasilkanadalahberupavideomodelpembelajaranLearningcycle5Edengantemapencemaranairsungai.Jenisdatayangdiperolehadalahdataordinaldandatadeskriptif.Dataordinalberupaskorhasilpenilaiankelayakanolehevaluatorselanjutnyadiubahmenjadipersentasedandirata-rata.Datadeskriptifberdasarkankomentardansarandarievaluator.Instrumenpengumpulandatayangdigunakanberupaangket.Hasilpenilaiandarievaluatordidalamangketdianalisissecaradeskriptif.BerdasarkandatahasilpenilaiankelayakanreratapersentasesumberbelajarvideomodelpembelajaranLearningcycle5Esebesar7658%memenuhikriterialayaksehinggadapatdigunakanolehgurusebagaisumberbelajar.VideomodelpembelajaranLearningcycle5Ememilikikelebihandankekurangansebagaisumberbelajar.Kelebihansumberbelajariniantaralainmemenuhikriteriaekonomispraktismudahdiperolehfleksibelmendukungkegiatanbelajarmengajardanmeningkatkanproduktivitaspendidikan.KekurangansumberbelajariniantaralainhanyadilakukanpenilaianisibelumdinilaisecaraempirikmemerlukanbiayayangtidaksedikituntukmemproduksinyabeberapaadeganyangditampilkankurangsesuaidengankonsepmodelpembelajaranLearningcycle5Esehinggadiberipenjelasandalambentukcaption.