Pengembangan video model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan tema pencemaran air sungai sebagai sumber belajar untuk guru IPA SMP / MTs / Diyah Ayu Widyaningrum

Main Author: Widyaningrum, Diyah Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/26398/
Daftar Isi:
  • KataKuncivideopembelajaranLearningcycle5EsumberbelajarVideopembelajaranLearningcycle5Emerupakansalahsatusumberbelajaruntukguru.Informasiyangdiserapolehmasyarakatmelaluitayanganvideolebihbanyakyakni50%dibandingkandengan10%melaluimembaca20%melaluimendengardan30%melaluimelihat.ModelpembelajaranLearningcycle5Ememilikikeunggulanyaitudapatmembuatsiswalebihaktifsiswatertarikpadamateripelajarandansiswadapatmembangunpengetahuannyasendirisehinggapembelajaranlebihbermakna.VideomodelpembelajaranLearningcycle5Ememuatpembelajaransecaraterpadudengantemapencemaranairsungai.Temainimemuatketerpaduanbidangbiologifisikadankimia.TujuanpengembangansumberbelajariniadalahuntukmengembangkanvideomodelpembelajaranLearningcycle5EsebagaisumberbelajaruntukguruIPASMP/MTssertauntukmenemukankelebihandankekuranganvideomodelpembelajaranLearningcycle5EsebagaisumberbelajaruntukguruIPASMP/MTs.DesainpenelitianyangdigunakanadalahdesainpenelitiandanpengembanganBorgdanGallyangtelahdimodifikasi.Langkah-langkahpenelitiandanpengembanganadalahpenelitiandanpengumpulandataawalperencanaanpengembanganpengembangandraftprodukpenilaianrevisidanpenyempurnaanproduk.ProdukyangdihasilkanadalahberupavideomodelpembelajaranLearningcycle5Edengantemapencemaranairsungai.Jenisdatayangdiperolehadalahdataordinaldandatadeskriptif.Dataordinalberupaskorhasilpenilaiankelayakanolehevaluatorselanjutnyadiubahmenjadipersentasedandirata-rata.Datadeskriptifberdasarkankomentardansarandarievaluator.Instrumenpengumpulandatayangdigunakanberupaangket.Hasilpenilaiandarievaluatordidalamangketdianalisissecaradeskriptif.BerdasarkandatahasilpenilaiankelayakanreratapersentasesumberbelajarvideomodelpembelajaranLearningcycle5Esebesar7658%memenuhikriterialayaksehinggadapatdigunakanolehgurusebagaisumberbelajar.VideomodelpembelajaranLearningcycle5Ememilikikelebihandankekurangansebagaisumberbelajar.Kelebihansumberbelajariniantaralainmemenuhikriteriaekonomispraktismudahdiperolehfleksibelmendukungkegiatanbelajarmengajardanmeningkatkanproduktivitaspendidikan.KekurangansumberbelajariniantaralainhanyadilakukanpenilaianisibelumdinilaisecaraempirikmemerlukanbiayayangtidaksedikituntukmemproduksinyabeberapaadeganyangditampilkankurangsesuaidengankonsepmodelpembelajaranLearningcycle5Esehinggadiberipenjelasandalambentukcaption.