Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif students teams achievement division (STAD) dipadu dengan cooperative script terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMPN 2 Singosari Malang / Lukmanul Hakim
Main Author: | Hakim, Lukmanul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/26349/ |
Daftar Isi:
- KatakuncikooperatifSTADdipadudenganCooperativeScriptkemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitif.MenuruthasilobservasidiketahuibahwasiswadiSMPN2Singosaripadapembelajaranbiologimenunjukkanbahwakemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifsiswamasihtergolongrendah.Temuantersebutdapatdilihatdarihasilulanganhariansiswa.OlehkarenaitugurubiologidiSMPN2SingosarihanyamemberikansoaltesdengantingkatankognitifC3.SehinggagurubelumpernahmenggembangkansoaltesdengantingkatkognitifC4sampaidenganC6.HalinimenunjukkanbahwatingkatkognitifsiswamasihtergolongrendahpadajenjangpendidikanSMP.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhStrategiPembelajarankooperatifSTADdipadudenganCooperativeScriptterhadapkemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifsiswaKelasVIIISMPN2Singosari.JenispenelitianyaituPenelitianquasieksperimenataueksperimensemu.VariabelbebasdalampenelitianiniadalahStrategiPembelajaranyangterdiriatasduamacamyaituStrategipembelajarankooperatifSTADdipadudenganCooperativeScriptdanMultiStrategi.Variabelterikatdalampenelitianiniadalaha)kemampuanberpikirkritisb)hasilbelajarkognitif.Dalampenelitianinimetodepengumpulandatamelaluihasilpretesyangdilakukansebelumpenerapanstrategipembelajarandanpostesyangdilakukansetelahpenerapanstrategipembelajaranyangdiukurdenganmenggunakanrubrikuntukmengetahuikemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifmenggunakanpemahamankonsep.HasilpenelitianmenunjukkanStrategipembelajarankooperatifSTADdipadudenganCooperativeScriptmampumeningkatkankemampuanberpikirkritissiswasebesar43475%lebihtinggidarimultistrategi.StrategipembelajarankooperatifSTADdipadudenganCooperativeScriptmampumeningkatkanhasilbelajarkognitifsiswasebesar18322%lebihtinggidarimultistrategi.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwastrategipembelajarankooperatifSTADdipadudenganCooperativeScriptdapatmeningkatkankemampuanberpikirsiswadanhasilbelajarkognitifsiswapadamatapelajaranBiologi.UntukitudisarankankepadaguruBiologiagarmenerapkanstrategipembelajarankooperatifSTADdipadudenganCooperativeScriptkarenatelahterbuktidapatmeningkatkankemampuanberpikirsiswadanhasilbelajarkognitifsiswa.