Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif students teams achievement division (STAD) dipadu dengan cooperative script terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMPN 2 Singosari Malang / Lukmanul Hakim

Main Author: Hakim, Lukmanul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/26349/
Daftar Isi:
  • KatakuncikooperatifSTADdipadudenganCooperativeScriptkemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitif.MenuruthasilobservasidiketahuibahwasiswadiSMPN2Singosaripadapembelajaranbiologimenunjukkanbahwakemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifsiswamasihtergolongrendah.Temuantersebutdapatdilihatdarihasilulanganhariansiswa.OlehkarenaitugurubiologidiSMPN2SingosarihanyamemberikansoaltesdengantingkatankognitifC3.SehinggagurubelumpernahmenggembangkansoaltesdengantingkatkognitifC4sampaidenganC6.HalinimenunjukkanbahwatingkatkognitifsiswamasihtergolongrendahpadajenjangpendidikanSMP.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhStrategiPembelajarankooperatifSTADdipadudenganCooperativeScriptterhadapkemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifsiswaKelasVIIISMPN2Singosari.JenispenelitianyaituPenelitianquasieksperimenataueksperimensemu.VariabelbebasdalampenelitianiniadalahStrategiPembelajaranyangterdiriatasduamacamyaituStrategipembelajarankooperatifSTADdipadudenganCooperativeScriptdanMultiStrategi.Variabelterikatdalampenelitianiniadalaha)kemampuanberpikirkritisb)hasilbelajarkognitif.Dalampenelitianinimetodepengumpulandatamelaluihasilpretesyangdilakukansebelumpenerapanstrategipembelajarandanpostesyangdilakukansetelahpenerapanstrategipembelajaranyangdiukurdenganmenggunakanrubrikuntukmengetahuikemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifmenggunakanpemahamankonsep.HasilpenelitianmenunjukkanStrategipembelajarankooperatifSTADdipadudenganCooperativeScriptmampumeningkatkankemampuanberpikirkritissiswasebesar43475%lebihtinggidarimultistrategi.StrategipembelajarankooperatifSTADdipadudenganCooperativeScriptmampumeningkatkanhasilbelajarkognitifsiswasebesar18322%lebihtinggidarimultistrategi.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwastrategipembelajarankooperatifSTADdipadudenganCooperativeScriptdapatmeningkatkankemampuanberpikirsiswadanhasilbelajarkognitifsiswapadamatapelajaranBiologi.UntukitudisarankankepadaguruBiologiagarmenerapkanstrategipembelajarankooperatifSTADdipadudenganCooperativeScriptkarenatelahterbuktidapatmeningkatkankemampuanberpikirsiswadanhasilbelajarkognitifsiswa.