Pengembangan bahan ajar evolusi melalui project basec learning dan pengaruhnya terhadap keterampilan berfikir kritis, kreativitas, penguasaan konsep calon guru biologi di Universitas Sulawesi Barat / Jirana
Main Author: | Jirana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/263385/ |
Daftar Isi:
- Proses pembetulan pembelajaran matakuliah evolusi merupakan salah satu usaha yang diharapkan mampu membekali lulusan calon guru biologi yang berkompeten namun sejumlah faktor diduga menjadi penyebab rendahnya hasil belajar pada matakuliah ini antara lain kurangnya kemampuan mahasiswa dalam berpikir untuk menentukan tentang apa yang diyakininya (Keterampilan Berpikir Kritis) Kurangnya keberanian mahasiswa dalam menciptakan atau mengemukakan suatu ide baru (Kreativitas) kurangnya pengetahuan awal mahasiswa terhadap sesuatu yang dikerjakannya (penguasaan konsep). Komponen-komponen tersebut merupakan tuntutan abad 21 yang dapat mendukung mahasiswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Ketersediaan bahan ajar yang mendukung untuk melatih dan menstimulasi keterampilan berpikir kritis kreativitas dan penguasaan konsep mahasiswa belum ada. Berdasarkan masalah tersebut maka diajukan solusi yang dapat mengatasi permasalahan ini melalui pengembangan bahan ajar berpendekatan PjBL. Penelitian ini untuk menghasilkan bahan ajar evolusi berpendekatan PjBL untuk menganalisis efektivitas penggunaan bahan ajar evolusi berpendekatan PjBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis kreativitas dan penguasaan konsep calon guru biologi. Bahan ajar berpendekatan PjBL ini dikembangkan menggunakan desain model ADDIE yaitu dilakukan melalui tahap Analyze Design Develop Implement dan Evaluate. Alasan pemilihan model pengembangan ini karena konsep yang diberikan sederhana namun memberikan banyak petunjuk dan sistematis dalam proses pengembangan produk pembelajaran. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa Model project based learning berpengaruh terhadap peningkatan nilai pre test ke post test keterampilan berpikir kritis mahasiswa calon guru pada lima indikator. Peningkatan nilai tertinggi pada indikator Analyze dan peningkatan nilai terendah pada indikator Evaluate. Hasil analisis N Gain peningkatan nilai rerata mahasiswa calon guru berada pada kategori tinggi dan kelompok Non PjBL pada kategori rendah. Model project based learning berpengaruh terhadap peningkatan nilai pada pre test ke post test kreativitas mahasiswa calon guru pada 4 indikator. Peningkatan nilai tertinggi pada indikator Flexibility dan peningkatan nilai terendah pada indikator originality. Hasil analisis N Gain pada kelompok PjBL dengan nilai rerata mahasiswa calon guru pada kategori sedang dan pada kelompok Non PjBL pada kategori rendah. Model project based learning berpengaruh terhadap peningkatan nilai pre test ke post test penguasaan konsep mahasiswa calon guru. Peningkatan nilai post test kelompok PjBL lebih tinggi dibandingkan kelompok Non PjBL. Hasil analisis N Gain pada penguasaan konsep kelompok PjBL berada pada kategori sedang demikian pula pada kelompok Non PjBL. Hasil uji Mann Whitney menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan bermakna antara dua kelompok yang berarti H1 diterima. Nilai Asymp Sig atau P Value sebesar 0 000 0 05. Kesimpulan penelitian pengembangan bahan ajar berbasis PjBL ini hasilnya layak digunakan dalam pembelajaran evolusi dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis kreativitas dan penguasaan konsep evolusi calon guru biologi. Bahan ajar ini dapat digunakan sebagai alternatif untuk pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student center).