Pengaruh strategi pembelajaran TPS (Think Pair Share) dan TPS (Think Pair Share) yang dipadu PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) terhadap keterampilan metakognitif, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMPN 2 Singosari / Tri
Main Author: | Wahyu H., Tri Asih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/26336/ |
Daftar Isi:
- KatakunciTPS(ThinkPairShare)PBMP(PemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan)keterampilanmetakognitifkemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitif.KondisipembelajarandiSMPN2SingosarimasihtergolongpembelajaranyangkonvensionaldanbelumadaguruBiologiyangmencobauntukmengembangkankemampuanberpikirkritisdanketerampilanmetakognitifsiswa.SemuaguruBiologijugamengakubahwamerekahanyamelakukanevaluasisampaipadatingkatC3danitupuntidaksemuasiswadapatmenjawabpertanyaanyangbertingkatC3.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhStrategiPembelajaranTPS(ThinkPairShare)danTPS(ThinkPairShare)yangdipaduPBMP(PemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan)terhadapkemampuanberpikirkritisketerampilanmetakognitifdanhasilbelajarkognitifsiswaKelasVIIISMPN2Singosari.JenispenelitianyaituPenelitianquasieksperimenataueksperimensemu.VariabelbebasdalampenelitianiniadalahStrategiPembelajaranyangterdiriatastigamacamyaituStrategipembelajaranThinkPairShare(TPS)StrategiPembelajaranThinkPairShare(TPS)yangdipadudenganPBMP(PemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan)danStrategiPembelajaranKonvensional.Variabelterikatdalampenelitianiniadalaha)kemampuanberpikirkritisb)keterampilanmetakognitifdanc)hasilbelajarkognitif..Dalampenelitianinimetodepengumpulandatamelaluihasilpretesyangdilakukansebelumpenerapanstrategipembelajarandanpostesyangdilakukansetelahpenerapanstrategipembelajaranyangdiukurdenganmenggunakanrubrikuntukmengetahuiketerampilanmetakognitifkemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitif.HasilpenelitianmenunjukkanStrategipembelajaranTPSPBMPmampumeningkatkanketerampilanmetakognitifsiswasebesar735%lebihtinggidaristrategipembelajaranTPSdanmampumeningkatkanketerampilanmetakognitifsiswasebesar1537%lebihtinggidaristrategipembelajarankonvensionalsedangkanstrategipembelajaranTPSmampumeningkatkanketerampilanmetakognitifsiswasebesar367%lebihtinggidaristrategipembelaajrankonvensional.StrategipembelajaranTPSPBMPmampumeningkatkankemampuanberpikirkritissiswasebesar1556%lebihtinggidaristrategipembelajaranTPSdanmampumeningkatkankemampuanberpikirkritissiswasebesar4490%lebihtinggidaristrategipembelajarankonvensionalsedangkanstrategipembelajaranTPSmampumeningkatkankemampuanberpikirkritissiswasebesar2547%lebihtinggidaristrategipembelaajrankonvensional.StrategipembelajaranTPSPBMPmampumeningkatkanhasilbelajarkognitifsiswasebesar1608%lebihtinggidaristrategipembelajaranTPSdanmampumeningkatkanhasilbelajarkognitifsiswasebesar3500%lebihtinggidaristrategipembelajarankonvensionalsedangkanstrategipembelajaranTPSmampumeningkatkanhasilbelajarkognitifsiswasebesar1632%lebihtinggidaristrategipembelaajrankonvensional.SelainituadahubunganantaraketerampilanmetakognitifdankemampuanberpikirkritisterhadaphasilbelajarkognitifdenganpersamaanY0102X11023X20540dannilaiketerandalan835%.Keterampilanmetakognitifmemberikansumbanganrelatifsebesar540%dansumbanganefektifsebesar377%sedangkankemampuanberpikirkritismemberikansumbanganrelatifsebesar9460%dansumbanganefektifsebesar7971%.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwastrategipembelajaranTPSPBMPdapatmeningkatkanketerampilanmetakognitifkemampuanberpikirsiswadanhasilbelajarkognitifsiswapadamatapelajaranBiologi.UntukitudisarankankepadaguruBiologiagarmenerapkanstrategipembelajaranTPSyangdipaduPBMPkarenatelahterbuktidapatmeningkatkanketerampilanmetakognitifkemampuanberpikirsiswadanhasilbelajarkognitifsiswa.