Pengaruh perasan daun kemangi (Ocimum bassilicum L.f. citratum Back.) terhadap mortalitas cacing Ascaridia galli Schrank secara in vitro / Enik Cholifah

Main Author: Cholifah, Enik
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/26324/
Daftar Isi:
  • KatakuncicontextualteachingandlearningnumberedheadstogetheraktivitasbelajarhasilbelajarBiologi.BerdasarkanhasilobservasidiSMAN6MalangpenelitimenemukanbeberapahalantaralainmetodeyangseringditerapkandikelasX-6adalahceramahdandiskusisecaraklasikal.AktivitasbelajaryangdilakukansiswakurangsiswakurangaktifdalambelajarkurangmemperhatikanpendapattemandanterdapatbeberapasiswayangseringmendominasisehinggamenyebabkansiswakurangpahamterhadapmateripelajarandanberpengaruhterhadaphasilbelajaryangrelatiflebihrendahdariKriteriaKetuntasanMinimum(KKM)yaitu70.CaramengatasimasalahtersebutperludilakukanpenelitiantentangpenerapanpembelajaranyangdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswasalahsatunyadenganpenerapanmodelpembelajarankooperatifNumberedHeadsTogetherdenganpendekatanContextualTeachingandLearning.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasikluspadasiklusIterdiridarilimapertemuandansiklusIIterdiridariempatpertemuan.Setiapsiklusterdiridaritahapperencanaan(planning)tahappelaksanaantindakan(action)tahapobservasi(observation)dantahaprefleksi(reflection).PTKinibertujuanuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasXSMAN6Malang.SubyekpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniyaitusiswakelasX-6SMAN6MalangsemesterItahunajaran2009/2010.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterjadipeningkatanpersentaseaktivitasbelajarsiswadarisiklusIsebesar595%dengantarafkeberhasilancukupkesiklusIImeningkatmenjadi673%dengantarafkeberhasilanbaik.PeningkatanhasilbelajarkognitifsiswadiketahuidariketuntasanbelajarklasikaldarisiklusIsebesar471%denganrata-ratanilaisiswasebesar618kesiklusIImeningkatmenjadi735%denganrata-ratanilaisiswa75.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwamodelpembelajarankooperatifNumberedHeadsTogetherdenganpendekatanContextualTeachingandLearningdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasX-6SMAN6Malang.SarandaripenelitianiniadalahsebaiknyadalampenerapanmodelpembelajarankooperatifNumberedHeadsTogetherdenganpendekatanContextualTeachingandLearningmelakukansecaraberkesinambungandanteratursehinggamampumempercepatadaptasi/penyesuaiansiswaterhadapkondisibelajar.Penelitianinidapatdijadikanalternatifolehguru/penelitiyanglainuntukmelaksanakanpenelitianyangserupapadamateridansekolahyangberbedasehinggadapatdijadikanpembandingbagipenelitiansebelumnya.