Pengaruh perasan daun kemangi (Ocimum bassilicum L.f. citratum Back.) terhadap mortalitas cacing Ascaridia galli Schrank secara in vitro / Enik Cholifah
Main Author: | Cholifah, Enik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/26324/ |
Daftar Isi:
- KatakuncicontextualteachingandlearningnumberedheadstogetheraktivitasbelajarhasilbelajarBiologi.BerdasarkanhasilobservasidiSMAN6MalangpenelitimenemukanbeberapahalantaralainmetodeyangseringditerapkandikelasX-6adalahceramahdandiskusisecaraklasikal.AktivitasbelajaryangdilakukansiswakurangsiswakurangaktifdalambelajarkurangmemperhatikanpendapattemandanterdapatbeberapasiswayangseringmendominasisehinggamenyebabkansiswakurangpahamterhadapmateripelajarandanberpengaruhterhadaphasilbelajaryangrelatiflebihrendahdariKriteriaKetuntasanMinimum(KKM)yaitu70.CaramengatasimasalahtersebutperludilakukanpenelitiantentangpenerapanpembelajaranyangdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswasalahsatunyadenganpenerapanmodelpembelajarankooperatifNumberedHeadsTogetherdenganpendekatanContextualTeachingandLearning.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasikluspadasiklusIterdiridarilimapertemuandansiklusIIterdiridariempatpertemuan.Setiapsiklusterdiridaritahapperencanaan(planning)tahappelaksanaantindakan(action)tahapobservasi(observation)dantahaprefleksi(reflection).PTKinibertujuanuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasXSMAN6Malang.SubyekpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniyaitusiswakelasX-6SMAN6MalangsemesterItahunajaran2009/2010.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterjadipeningkatanpersentaseaktivitasbelajarsiswadarisiklusIsebesar595%dengantarafkeberhasilancukupkesiklusIImeningkatmenjadi673%dengantarafkeberhasilanbaik.PeningkatanhasilbelajarkognitifsiswadiketahuidariketuntasanbelajarklasikaldarisiklusIsebesar471%denganrata-ratanilaisiswasebesar618kesiklusIImeningkatmenjadi735%denganrata-ratanilaisiswa75.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwamodelpembelajarankooperatifNumberedHeadsTogetherdenganpendekatanContextualTeachingandLearningdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasX-6SMAN6Malang.SarandaripenelitianiniadalahsebaiknyadalampenerapanmodelpembelajarankooperatifNumberedHeadsTogetherdenganpendekatanContextualTeachingandLearningmelakukansecaraberkesinambungandanteratursehinggamampumempercepatadaptasi/penyesuaiansiswaterhadapkondisibelajar.Penelitianinidapatdijadikanalternatifolehguru/penelitiyanglainuntukmelaksanakanpenelitianyangserupapadamateridansekolahyangberbedasehinggadapatdijadikanpembandingbagipenelitiansebelumnya.