<p>Hots siswa dan pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis blended learning pada materi asam basa / Laili Mei Sulistiyani</p>

Main Author: Sulistiyani, Laili Mei
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2022
Online Access: http://repository.um.ac.id/263049/
Daftar Isi:
  • Era baru abad 21 dimana berkembangnya teknologi informasi yang pesat tentunya dalam dunia pendidikan dituntut adanya implementasi pembelajaran yang dapat mendorong kreativitas dan inovasi siswa yang tercermin dari kemampuan berpikir tingkat tinggi atau higher order thinking skills (HOTS). Salah satu cara untuk dapat meningkatkan HOTS siswa adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang kooperatif. Salah satunya yaitu metode Problem Based Learning (PBL) yang berbasis blended learning. Adanya pandemi Covid-19 ini tentunya pembelajaran membutuhkan metode yang berbasis blended leraning. Tujuan dari penelitian ini nbsp untuk mengetahui apakah metode PBL berbasis blended learning dapat meningkatkan HOTS siswa. nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp Penelitian ini melibatkan dua kelompok siswa kelas XI SMAN 1 Grati yang terdiri dari satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan metode pembelajaran PBL berbasis blended learning sedangkan kelompok kontrol diberikan pembelajaran ceramah biasa dengan materi yang sama yakni asam basa. Data hasil HOTS siswa setelah perlakuan dianalisis dengan teknik analisis varians (ANOVA) kemudian dilanjutkan dengan uji t. Data observasi yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan HOTS pada siswa yang diberikan pembelajaran PBL berbasis blended learning sebesar 69 51 % sedangkan siswa yang diberikan ceramah biasa hanya sebesar 62 39%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan nilai HOTS pembelajaran PBL berbasis blended learning sedikit tinggi dibandingkan peningkatan nilai HOTS pada pembelajaran ceramah biasa.