Upaya peningkatan prestasi belajar siswa kelas I semester II SMPN 2 Sukowono Jember dalam mata pelajaran biologi melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif, adaptasi model jigsaw oleh Dwi Sri Astutik
Main Author: | Astutik, Dwi Sri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/26303/ |
Daftar Isi:
- Pemilihanmetodepembelajaranyangtepatdapatberdampakpositifterhadapprestasbielajarsiswa.SelamainimetodepembelajaranyangseringdigrurakankhususnyadiSMPN2SukowonoJemberdalammatapelajaranbiologiadalahpembelajarankonvensionaldenganmetodeceramahyangternyatakurangmampumeningkatkanprestasbielajarsiswa.BerdasarkahnasilwawancaradengangurubiologidanhasilobservasCiikelasISMPN2SukowonoJemberdiketahuibahwasiswakurangtermotivasidalammengikutikegiatanpembelajaranH.alinidapatditunjukkandenganperilakusiswaselamapembelajarabnerlangsungyaitusiswamengantukdalammengikutipembelajarankurangbersemangakturangmemusatkanperhatianpadapelajarandancenderungpasifBerdasarkankondisitersebutmakadilakukanpenelitiantindakankelasdenganmenerapkanmetodepembelajarankooperatifadaptasimodejligsawdalamrangkauntukmeningkatkanprestasbielajarsiswa.Metodepenelitianyangdigunakanadalahpenelitiandeskriptifkualitatifyangberbentuktindakankelasdandirancangdalamduasiklus.Masing-masingsiklusterdiridariempattahapanyangterdiridariperencanaantindakan(planning)pelaksanaantindakan(action)pengamatan(observation)danrefleksi(reJlection)S.ubyekpenelitianiniadalahsiswakelasiCSMPN2SukowonoJembeyrangberjumlah35siswadangurukelasyangmengajarkelastersebut.Hasrlpenelitianyangdiperolehmenunjukkanbahwapenerapanmetodepembelajaraknooperatifadaptasmiodeljigsawdapatmeningkatkanhasilbelajarsebesa3r172%padasiklusIdan4114%poadasiklusII.KualitashasilbelajarpunmeningkadtaribaikdengannilaiPersentasAenalisis(Pa)sebesa7r1o/omenjadisangabtaikdengannilaiPersentasAenalisis(Pa)sebesa8r628%.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmetodepembelajarankooperatifadaptasimodeljigsawdapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa.Olehkarenaitudisarankanbagigurubidangstudibiologiuntukmenggunakamnetodepembelajaraknooperatitadaptasmiodeljigsawinisebagaialternatifdalammembelajarkansiswadanbagipenelitiyanglaindapatmengembangkapnenelitianinidenganpokokbahasanlain.