Penerapan model pakem (pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan) untukmningkatkan hasil belajarbiologi siswakelas II semester I MTS Sunan Kalijogo Blitar oleh Khoirun Nisak

Main Author: Nisak, Khoirun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/26297/
Daftar Isi:
  • SalahsatupermasalahapnendidikanyangdihadapibangsaIndonesiaadalahrendahnyamutupendidikan.BerbagaiusahatelahdilakukanpemerintahuntukmeningkatkanmutupendidikanNasionalmisalnyaPemerintahtelahmemprogramkurikulumberbasiskompetensi(KBK).DalamKBKlebihmengedepankapnembelajaraanktifkreatifefektifdanmenyenangka(nPAKEM).Belajardenganmodulmenunh.siswalebihaktildankreatif.BerdasarkahnasilobservaspienelitidiMTsSunanKalijogoBlitarselamatigabulansiswaberkemampuiutringgidanberkemampuanrendahmemilikikeaktifandankreativitasyangrendahK.eaktifanyangrendahditunjukkandenganjumlahsiswayangbertanyadanterlibatdalampemecahamnasalahpadawaktuprosesbelajarmengajarberlangsungadasekitar1-10siswa.KreativitasrendahditunjukkandenganjumlahsiswayangberanimenjawabWrtnyanngurudantidakmencontekadasekitar1-10siswa.PembelajaradniMTsSunanKalijogoBlitartidakefektifhalituditunjukkandenganketuntasanbelajarsecaraklasikalsiswakemampuanrendahdansiswaberkemampuantinggibelummencapai85%o.Berdasarkanhasilwawancarapenelitidenganbeberapasisw4siswatidaksenangbelajarbiologidenganmencatadtanmendengarkacneramahdariguru.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahmodulpakemdapatmeningkatkankeaktifankreativitasdandapatmenjadikanpembelajaranlebihefektifsertamenyenangkanbagisiswaberkemampuantinggidansiswaberkemampuanrendah.Selainituuntukmengetahubiagaimanatanggapangwudansiswaterhadappenrapanmodulpakem.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatif.Jenispenelitiannyaadalahpenelitiantindakankelas.Databerupadatahasilobservastierhadapkeaktifankeativitassiswapadasaatprosesbelajarmengajarberlangsunghasilobservastierhadappenelitipadawaktumengajarhasilbelajarsiswadatahasilangketuntuksiswasertahasilwawancaradengangurudanbeberapasiswa.Datradianalisissecaradeskriptif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwamodulpakemdapatmeningkatkankeaktifankreativitashasilbelajarbiologisiswaberkemampwmtinggidansiswaberkemampuanrendah.ModulpakemdapatmenjadikanpembelajaranlebihefektifdanmenyenangkanM.enurutguruMTsSunanKalijogodenganmodulpakemsiswadapatmengetahusiecaralangsungtentangmateripelajaranbiologi.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanagargurumatapelajaranbiologimencobamenerapkamnodulpakem.