Penerapan model pakem (pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan) untukmningkatkan hasil belajarbiologi siswakelas II semester I MTS Sunan Kalijogo Blitar oleh Khoirun Nisak
Main Author: | Nisak, Khoirun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/26297/ |
Daftar Isi:
- SalahsatupermasalahapnendidikanyangdihadapibangsaIndonesiaadalahrendahnyamutupendidikan.BerbagaiusahatelahdilakukanpemerintahuntukmeningkatkanmutupendidikanNasionalmisalnyaPemerintahtelahmemprogramkurikulumberbasiskompetensi(KBK).DalamKBKlebihmengedepankapnembelajaraanktifkreatifefektifdanmenyenangka(nPAKEM).Belajardenganmodulmenunh.siswalebihaktildankreatif.BerdasarkahnasilobservaspienelitidiMTsSunanKalijogoBlitarselamatigabulansiswaberkemampuiutringgidanberkemampuanrendahmemilikikeaktifandankreativitasyangrendahK.eaktifanyangrendahditunjukkandenganjumlahsiswayangbertanyadanterlibatdalampemecahamnasalahpadawaktuprosesbelajarmengajarberlangsungadasekitar1-10siswa.KreativitasrendahditunjukkandenganjumlahsiswayangberanimenjawabWrtnyanngurudantidakmencontekadasekitar1-10siswa.PembelajaradniMTsSunanKalijogoBlitartidakefektifhalituditunjukkandenganketuntasanbelajarsecaraklasikalsiswakemampuanrendahdansiswaberkemampuantinggibelummencapai85%o.Berdasarkanhasilwawancarapenelitidenganbeberapasisw4siswatidaksenangbelajarbiologidenganmencatadtanmendengarkacneramahdariguru.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahmodulpakemdapatmeningkatkankeaktifankreativitasdandapatmenjadikanpembelajaranlebihefektifsertamenyenangkanbagisiswaberkemampuantinggidansiswaberkemampuanrendah.Selainituuntukmengetahubiagaimanatanggapangwudansiswaterhadappenrapanmodulpakem.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatif.Jenispenelitiannyaadalahpenelitiantindakankelas.Databerupadatahasilobservastierhadapkeaktifankeativitassiswapadasaatprosesbelajarmengajarberlangsunghasilobservastierhadappenelitipadawaktumengajarhasilbelajarsiswadatahasilangketuntuksiswasertahasilwawancaradengangurudanbeberapasiswa.Datradianalisissecaradeskriptif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwamodulpakemdapatmeningkatkankeaktifankreativitashasilbelajarbiologisiswaberkemampwmtinggidansiswaberkemampuanrendah.ModulpakemdapatmenjadikanpembelajaranlebihefektifdanmenyenangkanM.enurutguruMTsSunanKalijogodenganmodulpakemsiswadapatmengetahusiecaralangsungtentangmateripelajaranbiologi.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanagargurumatapelajaranbiologimencobamenerapkamnodulpakem.