Penerapan pendekatan problem posing berbasis kontekstual untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas II.1 SMAN 1 Purwosari
Main Author: | Kurniawati, Zuliya Indah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/26292/ |
Daftar Isi:
- Prestasbielajarbiologimerupakanhasilusahaseseorandgaribelajarbiologi.Pengalamasniswasangamtempengaruhhiasilbelajarsiswa.Salahsatufaktoryangmempengaruhpiengalamasniswaadalahprosesbelajarolehkarenaituprosespembelajaranharusdirancangsedemikianrupasehinggaterjadiprosesbelajaryangoptimal.HasilobsewasiawalyangdilakukandiSMANIPurwosarikhususnydaikelasIl.lmenunjukkanbahwapembelajaraynangdilakukangurubidangstudiadalahceramahD.ari41siswahanya487Yoyangmaubertanyakepadaguruapabilaadahalyangkurangjelasatautidakmengerti.Aspkmengambilgilirandanberbagitugastidaktampakpadakegiatanpembelajarankarenqsiswahanyamendengarkanpenjelasandarigurud4nmencatatsecaraindivipal.HasilbelajaryangdiperolehdarinilairaportkelasIsemeste2rmenurqkkanrata-ratasebesa6r63.Berdasarkanfenomenayangadamakapenelitimenawarkansuatupembelajarannonkonvensionaylaitupembelajaraynangtidakhanyamentransferpengetahuasnematatetapijugamembangunstrukturkognitifsiswa.Dalamhaliniadalahpendekatanproblemposing._JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangbertujuanuntuk(1)mengetahupieningkatanaktivitasbelajarbiologidenganpendekatapnroblemposingberbasiskontekstuasliswakelasII.lSMANIPurwosari(2)mengetahupieningkatanhasilbelajarbiologidenganpendekatanproblemposingberbasiskontekstualsiswakelasII.1SMANl.PTKdilaksanakandalam2siklustindakandengansubyekpenelitianadalahkelasIl.1sebanya4k1siswa.Materiyangdiajarkanadalahstrukturtumbuhan.Teknikpengambilandatanyamenggunakanlembarobservasiangketcatatanlapangandantesformatif.Pelaksanaanmulaitanggal26Julisampaidengan9Agustus2004.FlasilpenelitianpadasiklusImenunjukkanbahwakualitasaktivitasbelajarsecarakeseluruhaandalahcukupdenganpsrsentas5e1630/oS.etelahdilakukanperbaikantindakanpadasiklusIIpersentasetersebutmeningkatmenjadi7710o/doengankualitasbaik.HasiltesformatifsiklusIkesiklusIImenunjukkanpeningkatanketuntasanbelajardai-27siswamenjadi36siswadarijumlahsiswakeseluruha(n41siswa).SelainitukemampuapnroblemposingsiswajugdmeningkatP.adasiklusIsoalbuatansiswayangsesuadienganinformasisebesa5r0o/odanmeningkamtenjadi625%padasikluslLHaliniberartibahwapembelajarandenganpendekatanproblempasingdaptmeningkatkanattivitashanhasilbelajarbiologi.