Penerapan pembelajaran berbasis proyek (PBP) dipandu dengan group investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi, keterampilan proses, hasil belajar, dan respons siswa kelas X-5 SMA Negeri I Purwosari / Fifin Indarwati
Main Author: | Indarwati, Fifin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/26281/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPembelajaranBerbasisProjek(PBP)GroupInvestigation(GI)motivasiketerampilanproseshasilbelajarrespons.BerdasarkanhasilobservasidanwawancaradengangurubidangstudiBiologikelasX-5SMANegeriIPurwosaridiperolehbeberapafaktadalampembelajaranantaralainkegiatanpembelajarandidominasiolehguruatauteachercenteredguruseringmenggunakanmetodeceramahnilairata-ratasiswadibawahStandarKetuntasanMinimumsiswakurangtermotivasimengikutipelajaransiswakurangaktifdalamkegiatandiskusikelasdansiswaseringterlambatmengumpulkantugas.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanPembelajaranBerbasisProjek(PBP)dipandudenganGroupInvestigation(GI)dalammeningkatkanmotivasiketerampilanproseshasilbelajardanresponssiswakelasX-5SMANegeriIPurwosari.PenelitianinidilakukandiSMANegeriIPurwosariPasuruanpadatanggal21April2010sampaidengan12Mei2010.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).Pendekatanpenelitianyangdigunakanadalahkualitatifdandatadianalisissecaradeskriptif.SubjekpenelitianadalahsiswakelasX-5SMANegeriIPurwosari.Dalampenelitianinidatayangdiperolehberupamotivasiketerampilanproseshasilbelajardanresponssiswa.Instrumenpenelitianberupaangketmotivasirubrikpenilaianketerampilanprosessoalteskognitifdanangketresponssiswa.Peningkatanskorrata-ratakeseluruhanaspekmotivasibelajardarisiklusIkesiklusIIsebesar04.Peningkatanskorrata-ratakeseluruhanaspekketerampilanprosesdarisiklusIkesiklusIIsebesar471.Persentaseketuntasanbelajarmengalamipeningkatansebesar20%darisiklusIkesiklusII.Skorrata-ratahasiltessiswamengalamipeningkatansebesar807.Persentasesiswayangmemberikanresponspositif(sangatsetuju)mengalamipeningkatansebesar46%.Peresntasesiswayangmemberikanresponsragu-raguberkurangsebesar385%darisiklusIkesiklusII.Persentasesiswayangmemberikanresponstidaksetujuberkurangsebesar275%darisiklusIkesiklusII.HasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenerapanPembelajaranBerbasisProjekdipandudenganGroupInvestigation(GI)dapatmeningkatkanmotivasiketerampilanproseshasilbelajardanresponssiswakelasX-5SMANegeriIPurwosari.BerdasarkanhasilpenelitiandisarankanagarPembelajaranBerbasisProjekdipandudenganGroupInvestigation(GI)dalampembelajaranbiologilebihmendapatperhatiandantanggapanyangseriusdarigurukarenamelaluimodelpembelajarantersebutsiswadapatmemperluasdanmemperdalampemahamantentangpengetahuanpadatopikekosistemyangdikaitkandenganlingkungansekitarsiswa.