<p>Penerapan model pembelajaran picture and picture pada materi interaksi keruangan dalam kehidupan di Negara-Negara Asean untuk meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik Kelas VIII H MTS Negeri 5 Nganjuk / Fatimatuzzahro Habibah</p>
Main Author: | Habibah, Fatimatuzzahro |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2022
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/262023/ |
Daftar Isi:
- Model pembelajaran Picture and Picture adalah suatu metode belajar yang menggunakan gambar dan dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan yang logis nbsp yang memacu peserta didik supaya tuntas pembelajarannya. Proses belajar mengajar dalam penelitian ini dilaksanakan nbsp secara daring dengan beberapa alasan nbsp pada peserta didik kelas VIII H MTs Negeri 5 Nganjuk diantaranya covid-19 sedangkan peserta didik sebelum diberi penerapan model Picture and Picture nbsp nilai nbsp rata-rata belum mencapai KKM. nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp Penelitian ini bertujuan untuk nbsp meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran IPS ruang lingkup materi Interaksi Keruangan Dalam Kehidupan Di Negara-Negara ASEAN melalui penerapan model pembelajaran Picture and Picture peserta didik nbsp kelas VIII H MTs Negeri 5 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan subyek dari peserta didik kelas VIII H pada semester ganjil MTs Negeri 5 Nganjuk. Setelah diterapkan model pembelajaran daring tipe Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII H MTs Negeri 5 Nganjuk terhadap pokok bahasan hubungan ruang lingkup suatu aktivitas organisasi yang beranggotakan negara-negara di Asia Tenggara. Penelitian ini adalah nbsp penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart dengan instrumen tes kognitif dua siklus terdapat peningkatan nilai rata-rata posttest siklus I dan siklus II. nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp nbsp Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran daring model Picture and Picture mampu memberikan peningkatan hasil belajar terhadap kelas VIII H MTs Negeri 5 nbsp Nganjuk. Sebagai saran dari penulis bahwa untuk peningkatan hasil belajar peserta didik saat pembelajaran secara daring menggunakan model Picture and Picture akan baik hasilnya bila dilakukan terhadap penelitian proses belajar mengajar bidang yang lain menggunakan Web Meeting sesuai kemampuan guru dan kapasitas peserta didik.