Penerapan model pembelajaran kooperatif two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan kemampuan bertanya, kemampuan menjawab, dan motivasi belajar biologi siswa kelas X-5 SMAN 7 Malang / Ratih Purwitaningrum

Main Author: Purwitaningrum, Ratih
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/26194/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPurwitaningrumRatih.2010.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTwoStayTwoStrayuntukMeningkatkanKemampuanBertanyaKemampuanMenjawabdanMotivasiBelajarBiologiSiswaKelasX-5SMANegeri7Malang.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.PudyoSusantoM.Pd(II)Dra.SriRahayuLestariM.Si.KatakuncipembelajarankooperatiftwostaytwostraykemampuanbertanyakemampuanmenjawabmotivasibelajarBerdasarkanobservasiawalyangpenulislakukandiSMANegeri7MalangdiketahuibahwametodepengajaranyangmasihumumdigunakanolehgurubiologidiSMANegeri7Malangadalahmetodeceramahdiskusikelompokkecildantanyajawab.Carapengajaraniniternyatamembuatsiswapasifseringmembuatkegaduhandanbosandalambelajar.Siswatidakterlaluaktifbertanyaataupunmengemukakanpendapatnyasebesar28%.Padasaatulanganharianpunmasihadabeberapasiswayangmencontekpekerjaantemansebangkunyasebesar44%.Siswayangtidakmaumemperhatikansaatpelajarandanmembuatkegaduhanselamakegiatanpembelajaransebesar50%.Untukdapatlebihmengaktifkandanmeningkatkankegiatanbelajarsiswaperludilakukanvariasidalamprosesbelajarmengajar.Khususnyavariasidalammodelmisalnyadenganbelajarkooperatif.PembelajarankooperatifmemilikibeberapamodelsalahsatunyaadalahmodelTwoStayTwoStray.MelaluibelajarkooperatifTwoStayTwoStraysiswadilatihuntukbekerjasamaberinteraksidanberkomunikasiantarsiswasertabertanggungjawabdalampenguasaanmateri.PenelitianTindakanKelas(PTK)belajarkooperatifmodelTwoStayTwoStrayinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanbertanyakemampuanmenjawabsiswadanefekmotivasibelajarsiswa.SubyekpenelitianadalahsiswakelasX-5SMANegeri7Malangsemestergenaptahunajaran2009/2010.JumlahsiswakelasX-5sebanyak35siswa.PenerapanbelajarkooperatifmodelTwoStayTwoStraysebagaiberikut(1)siswamembacahandoutataubukuteks.PadatahapinisiswadiberikesempatanuntukmembacamateridarihandoutsebelummengerjakanLKS(2)siswamenjawabsoal-soaldalamLKSolehkelompokyangtelahditentukan(3)anggotakelompokyangtelahditentukanuntukmembuatbeberapapertanyaan(4)siswasalingbertamukekelompoklainuntukbertukarinformasijawabandariLKSdanmengajukanpertanyaanyangsudahdibuatdarikelompokasal(5)siswayangbertamukembalikekelompokasaldanmendiskusikaninformasidarihasilbertamudan(6)diskusikelassalahsatukelompokmempresentasikankembalitugasnya.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanbertanyadenganindikatorsiswamembuatpertanyaanpadasaatbertamumengemukakanpertanyaanpadasaatdiskusipresentasiuntuksiswakelasX-5SMANegeri7MalangmenunjukkanbelummencapaitingkatkognitifsiswaSMAyangsesuai