Penerapan model pembelajaran kooperatif two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan kemampuan bertanya, kemampuan menjawab, dan motivasi belajar biologi siswa kelas X-5 SMAN 7 Malang / Ratih Purwitaningrum
Main Author: | Purwitaningrum, Ratih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/26194/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPurwitaningrumRatih.2010.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTwoStayTwoStrayuntukMeningkatkanKemampuanBertanyaKemampuanMenjawabdanMotivasiBelajarBiologiSiswaKelasX-5SMANegeri7Malang.SkripsiJurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.PudyoSusantoM.Pd(II)Dra.SriRahayuLestariM.Si.KatakuncipembelajarankooperatiftwostaytwostraykemampuanbertanyakemampuanmenjawabmotivasibelajarBerdasarkanobservasiawalyangpenulislakukandiSMANegeri7MalangdiketahuibahwametodepengajaranyangmasihumumdigunakanolehgurubiologidiSMANegeri7Malangadalahmetodeceramahdiskusikelompokkecildantanyajawab.Carapengajaraniniternyatamembuatsiswapasifseringmembuatkegaduhandanbosandalambelajar.Siswatidakterlaluaktifbertanyaataupunmengemukakanpendapatnyasebesar28%.Padasaatulanganharianpunmasihadabeberapasiswayangmencontekpekerjaantemansebangkunyasebesar44%.Siswayangtidakmaumemperhatikansaatpelajarandanmembuatkegaduhanselamakegiatanpembelajaransebesar50%.Untukdapatlebihmengaktifkandanmeningkatkankegiatanbelajarsiswaperludilakukanvariasidalamprosesbelajarmengajar.Khususnyavariasidalammodelmisalnyadenganbelajarkooperatif.PembelajarankooperatifmemilikibeberapamodelsalahsatunyaadalahmodelTwoStayTwoStray.MelaluibelajarkooperatifTwoStayTwoStraysiswadilatihuntukbekerjasamaberinteraksidanberkomunikasiantarsiswasertabertanggungjawabdalampenguasaanmateri.PenelitianTindakanKelas(PTK)belajarkooperatifmodelTwoStayTwoStrayinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanbertanyakemampuanmenjawabsiswadanefekmotivasibelajarsiswa.SubyekpenelitianadalahsiswakelasX-5SMANegeri7Malangsemestergenaptahunajaran2009/2010.JumlahsiswakelasX-5sebanyak35siswa.PenerapanbelajarkooperatifmodelTwoStayTwoStraysebagaiberikut(1)siswamembacahandoutataubukuteks.PadatahapinisiswadiberikesempatanuntukmembacamateridarihandoutsebelummengerjakanLKS(2)siswamenjawabsoal-soaldalamLKSolehkelompokyangtelahditentukan(3)anggotakelompokyangtelahditentukanuntukmembuatbeberapapertanyaan(4)siswasalingbertamukekelompoklainuntukbertukarinformasijawabandariLKSdanmengajukanpertanyaanyangsudahdibuatdarikelompokasal(5)siswayangbertamukembalikekelompokasaldanmendiskusikaninformasidarihasilbertamudan(6)diskusikelassalahsatukelompokmempresentasikankembalitugasnya.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanbertanyadenganindikatorsiswamembuatpertanyaanpadasaatbertamumengemukakanpertanyaanpadasaatdiskusipresentasiuntuksiswakelasX-5SMANegeri7MalangmenunjukkanbelummencapaitingkatkognitifsiswaSMAyangsesuai