Penerapan model pembelajaran cooperative Script dengan Picture and picture untuk meningkatkan hasil beljar biologi dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA negeri 6 Malang / Windaniyah Sri Rahayu

Main Author: Rahayu, Windaniyah Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/26193/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRahayuSriWindaniyah.2010.PenerapanModelPembelajaranCooperativeScriptdanPictureandpictureuntukmeningkatkanHasilBelajarBiologidanKemampuanBerpikirKritisSiswaKelasXIIPASMANegeri6Malang.Skripsi.JurusanBiologiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.M.NoviarDarkuniM.Kes(II)Dra.SriRahayuLestariM.Si.KatakunciCooperativeScriptPictureandpicturehasilbelajarbiologikemampuanberpikirkritisBerdasarkanhasilobservasiyangdilaksanakandiSMANegeri6MalangdiketahuibahwaKBMBiologimasihdidominasiolehgurudanmodelpembelajaranyangdigunakanmasihmenggunakanmetodeceramahsehinggasiswaterlihatkurangaktifdalamkegiatanpembelajaransertahasilbelajarnyarendah.RendahnyahasilbelajarinimenyebabkankemampuanberpikirkritissiswaSMANegeri6Malangcenderungrendah.BerdasarkanpermasalahantersebutmakaperludilakukanpenelitiantentangpenerapanpembelajaranCooperativeScriptdenganPictureandpicture.ModelPembelajaranCooperativeScriptmembantusiswauntuklebihaktiflebihbertanggungjawabmemilikikemampuanberpendapatmenarikkesimpulandanmeningkatkandayaingat.SedangkanmodelpembelajaranPictureandpicturemembantusiswauntuklebihtelitidanmemberikangambaranyangnyatatentangmateriyangdipelajarisehinggabisameningkatkanhasilbelajarsiswa.Penelitianinibertujuan(1)SebagaiupayapeningkatanhasilbelajarbiologisiswakelasXIIPASMANegeri6MalangmelaluipenerapanmodelpembelajaranCooperativeScriptdenganpictureandpicture(2)SebagaiupayapeningkatankemampuanberpikirkritissiswakelasXIIPASMANegeri6MalangmelaluipenerapanmodelpembelajaranCooperativeScriptdenganPictureandpicture.PenelitianinimerupakanPTKyangdilaksanakandalam2siklustindakan.SubyekpenelitianadalahsiswaXIIPA3denganjumlahsiswa27orang.SumberdatapadapenelitianiniadalahnilaipretesnilaitesakhirsiklusIdanIIhasilanalisisjawabansiswapadateskemampuanafektifdanketerlaksanaantindakanguru.Berdasarkanhasilanalisisdatadiketahuibahwaterjadipeningkatanhasilbelajarsebesar1732padasiklusIdanIIterjadipeningkatankemampuanafektifsebesar259peningkatankemampuanberpikirkritissebesar2719danpeningkatanketerlaksanaantindakangurusebesar0955.KesimpulanyangdiperolehbahwapenerapanmodelpembelajaranCooperatifscriptdenganPictureandPicturemeningkatkanhasilrelajardankemampuanberpikiriritis.DarihasilpenelitiandisarankanperluadanyapenerapandanpengembanganmodelpembelajaranCooperativeScriptdenganPictureandpicturesebagaisalahsatumodelalternatifuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswadankemampuanberpikirkritissehinggadapatmeningkatkankualitasprosespembelajarandisekolah.