Penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-2 SMA Negeri 2 Batu / Binti Khomariyah
Main Author: | Khomariyah, Binti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/26164/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKhomariyahBinti.2009.PenerapanPembelajaranKooperatifModelNumberedHeadsTogether(NHT)UntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarSiswaKelasX-2SMANegeri2Batu.Pembimbing(I)Drs.H.SoewoloM.Pd(II)Dra.Hj.HawaTuaritaM.S.KataKunciNumberedHeadsTogethermotivasihasilbelajar.BerdasarkanhasilobservasidiSMAN2BatupenelitimenemukanbeberapahalantaralainmetodeyangseringditerapkandikelasX-2adalahceramahdandiskusisecaraklasikal.MetodeyangditerapkanolehgurukurangmenarikminatdanperhatiansiswasehinggamempengaruhihasilbelajarnyadimanasetiaptesselaluadasiswayangnilaitesnyatidakmemenuhiStandarKelulusanMinimal.MotivasisiswatergolongrendahditandaidengankurangnyaperhatiansiswayangtidakmendapattugasuntukmenjawabpertanyaanyangadadiLembarKerjaSiswapadasaatpelajaran.Selainitugurulebihseringmemberikantugassecaraindividu.UntukmengatasimasalahtersebutmakaperludilakukanpenelitiantentangpenerapanpembelajaranyangdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswasalahsatunyadenganpenerapanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT).PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklusdanmasing-masingsiklusterdiridaritigapertemuan.Setiapsiklusterdiridaritahapperencanaan(Planning)tahappelaksanaantindakan(Action)tahapobservasi(Observation)dantahaprefleksi(Reflection).PTKinibertujuanuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasX-2SMAN2Batu.SubyekpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniyaitusiswakelasX-2SMAN2Batusemestergenaptahunajaran2008-2009.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterjadipeningkatanskormotivasisiswadarisiklusIsebesar69%dengantarafkeberhasilanbaikkesiklusIImeningkatmenjadi85%dengantarafkeberhasilansangatbaik.PeningkatanhasilbelajarranahkognitifsiswadiketahuidariketuntasanbelajarklasikaldarisiklusIsebesar8285%denganrata-ratanilaisiswasebesar6930kesiklusIImeningkatmenjadi9714%denganrata-ratanilaisiswa7527.PeningkatanhasilbelajarranahafektifsiswadiketahuidariskorhasilbelajarranahafektifsiswasecaraklasikaldarisiklusIsebesar77%kesiklusIImeningkatmenjadi90%.PeningkatanhasilbelajarranahpsikomotorsiswadiketahuidariskorhasilbelajarranahpsikomotorsiswasecaraklasikaldarisiklusIsebesar78%kesiklusIImeningkatmenjadi93%.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapembelajarankooperatifmodelNHTdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasX-2SMAN2Batu.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankanuntukmenghindariterjadinyakegaduhanpadapertemuankeduadanseterusnyamakasiswadapatdimintauntukduduksecaraberkelompokterlebihdahulusebelumpelajarandimulai.GurudapatmenerapkanpembelajarankooperatifmodelNHTsebagaisalahsatualternatifmodelpembelajarandalamkegiatanpembelajaran.BagipenelitiselanjutnyadapatmenerapkanpembelajarankooperatifmodelNHTpadapokokbahasanyanglainuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswaatauuntukmeningkatkanaktivitasbelajarsiswakerjailmiah.