Penerapan model pembelajaran kooperatif problem posing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 8 Malang / Karomatul Ulfa

Main Author: Ulfa, Karomatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/26148/
Daftar Isi:
  • AbstrakUlfaKaromatul.2009.PenerapanModelPembelajaranKooperatifProblemPosinguntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisdanHasilBelajarSiswaKelasXIIPA1SMANegeri8Malang.SkripsiJurusanBiologiProgramStudiPendidikanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SunarmiM.Pd.(II)Dra.AmyTenzerM.S.Katakuncimodelpembelajarankooperatifproblemposingkemampuanberpikirkritishasilbelajar.SalahsatutujuandarimatapelajaranbiologiyangtercantumdalamStandarIsiTahun2006adalahsiswamampumengembangkankemampuanberpikirkritisanalitisinduktifdandeduktifdenganmenggunakankonsepdanprinsipbiologi.Berdasarkanhasilobservasipadatanggal30Januarisampaitanggal10Pebruari2009dikelasXIIPA1dapatdiketahuibahwakemampuanberpikirkritissiswakelasXIIPA1masihrendah(persentasepertanyaansiswadenganlevelkognitifC4sebesar333%danlevelkognitifC1-C3sebesar667%).Jawabansiswajugakuranglengkapdansistematis.Berdasarkanmasalahtersebutmakadiperlukansuatustrategipembelajaranyangdapatmeningkatkankemampu-anberpikirkritisdanhasilbelajarsiswa.Salahsatumodelpembelajaranyangdiperkirakandapatmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswaadalahmodelpembelajarankooperatifproblemposing.Modelpembelajarankooperatifproblemposingmerupakansuatumodelpembelajaranyangmenekan-kanpadakegiatanmerumuskan(membuatsoal)danmemungkinkandapatmeningkatkankemampuansiswadalammenyelesaikansoal.PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdanjenisPenelitianTindakanKelasatauPTK.Penelitianinidilaksanakanpadatanggal30Januarisampai17April2009dikelasXIIPA1SMANegeri8Malang.SubyekdalampenelitianiniadalahsiswadansiswikelasXIIPA1yangterdiridari17siswadan25siswi.Datayangdiamatiyaitukemampuanberpikirkritisyangmeliputike-mampuanbertanyadanmenjawabsiswakelasXIIPA1SMANegeri8Malang.Kemampuanberpikirkritisdinilaidengantesdannontes.Kemampuanberpikirkritisyangdinilaidengantesadalahkemampuansiswasaatmenjawabsoaltesakhirsiklus.Hasiltesdinilaidenganrubrikdantanparubrik.Kemampuanber-pikirkritisyangdinilaidengannontesadalahkemampuanbertanyadanmen-jawabsiswasaatpembelajaranberlangsungyangmeliputipertanyaandanjawabansiswadalamLembarProblemPosing(LPP)IIdansaatdiskusikelassertapertanyaansiswadalamLPPI.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanberpikirkritissiswamengalamipeningkatanpadasiklusIIbaikkemampuanbertanyadanmenjawabsecaraindividualkelompokmaupunklasikal.PersentasekemampuanberpikirkritissiswayangdilihatdarikemampuanmembuatpertanyaanlevelkognitifC4secaraindividualmeningkatdarisiklusIsebesar381%menjadi429%padasiklusIIdansecarakelompokmeningkatdari40%padasiklusImenjadi70%padasiklusII.Skorkemampuanbertanyaklasikalmeningkatdari24padasiklusImenjadi35padasiklusII.PadasiklusIIpersentasekemampuanberpikirkritissiswayangditinjaudarikemampuanmenjawabmengalamipeningkatan.Kemam-puanberpikirsiswasecaraindividualyangdinilaimelaluitesmeningkatdari357%padasiklusImenjadi50%padasiklusIIuntukkategorisangatbaik.Kemampuanberpikirkritissiswasecarakelompokyangdinilaimelaluinontesmengalamipeningkatandari0%padasiklusImenjadi50%padasiklusIIuntukskorkemampuanmenjawab4.Skorkemampuanberpikirklasikalyangdinilaimelaluinontesmeningkatdari31padasiklusImenjadi33padasiklusIIdanyangmelaluitesmeningkatdarikategoribaik(746)padasiklusImenjadisangatbaik(812)padasiklusII.Rata-ratahasilbelajarklasikalmengalamipeningkatandari847padasiklusImenjadi888padasiklusII.Berdasarkanhasilpenelitianmakadisarankanbeberapahalantaralain1)bagiguruyangsiswanyamemilikikemampuanberpikirkritisyangrendahdapatmenggunakanmodelpembelajarankooperatifproblemposinguntukmeningkat-kankemampuanberpikirkritissiswa2)modelpembelajarankooperatifproblemposingdapatdigunakanolehguruuntuklebihmengaktifkansiswapadasaatdiskusikelas3)padapelaksanaanmodelpembelajaranproblemposingguruharuslebihbanyakmemberikanpertanyaanlevelkognitiftingkattinggikepadasiswasupayalebihbanyaksiswayangmembuatpertanyaandenganlevelkognitiftingkattinggi.