Penerapan pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) dipadu peta konsep untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA negeri 10 Malang / Akhmad Ainul Yaqin
Main Author: | Yaqin, Akhmad Ainul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/26143/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKYaqinAkhmadAinul.2009.PenerapanPembelajaranThinkPairShareDipaduPetaKonsepuntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarSiswaKelasXIIPASMANegeri10Malang.SkripsiJurusanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.Sc.Ph.D.Pembimbing(II)Dra.TitiJudaniM.Kes.KatakuncipembelajaranThinkPairShare(TPS)petakonsepmotivasibelajarhasilbelajarBerdasarkanpadahasilobservasidanwawancaradenganguruBiologidiSMAN10Malangpermasalahanyangmendasardalamhaliniadalahrendahnyamotivasidanhasilbelajarsiswayangkurang.Berbagaiupayasudahdilakukanolehgurunamunmasihbelumberhasilmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.MetodepembelajaranyangbiasaditerapkandiSMAN10Malangadalahceramahdandiskusisiswabelummendominasikegiatanpembelajaransehinggasiswacenderungpasifdansiswakurangtermotivasidalamkegiatanpembelajaran.Halinimengakibatkanhasilbelajarsiswakurangmemuaskan.Dalamrangkamemecahkanmasalahpembelajarantersebutmakaperludilakukanupayaantaralainberupapengembanganstrategipembelajaranyangmampumengoptimalkanmotivasibelajarsiswa.PembelajarankooperatifmodelThinkPairShare(TPS)dipadupetakonsepmerupakansalahsatumodelpembelajaranyangefektifmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarkarenamenekankanpadakerjasamasiswadalamkelompokyangmendorongdanmembantusiswadalammenguaaimateriyangdipelajarisertamenumbuhkanbahwabelajarBiologiitumenyenangkandanpenting.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarBiologimelaluipenerapanpembelajaranThinkPairSharedipadupetakonsepmateriSelKelasXIIPAdiSMANegeri10Malang.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)pelaksanaanpenelitiantindakankelasinidilakukanmelaluiduasiklussiklusIterdiridaritigakalipertemuandansiklusIIterdiridaritigapertemuanpenelitiandilaksanakanpadabulanJulidansetiapsiklusterdiridariempattahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pengamatandan(4)refleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXIIPA1SMAN10Malangyangberjumlah38siswaterdiridari13siswalaki-lakidan25siswaperempuandalampenelitianinidatayangdiperolehberupamotivasibelajarhasilbelajarsertaangketpersepsisiswadenganinstrumenpenelitianberupatesakhirsikluspenilaianpetrakonseplembarmotivasisiswalembarobservasiketerlaksanaanpembelajaranangketpersepsisiswadancatatanlapangan.Motivasibelajarsiwadiukurberdasarkanpeningkatannilaipresentasebanyaknyadeskriptoryangmunculhasilbelajardiukurdariduaranahyaituranahkognitifdengantesakhirsiklusdanranahpsikomotordenganpenilaianpetakonsepdanpersepsisiswadiukurdenganangketpersepsisiswa.BerdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelThinkPairSharedipadupetakonsepdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.PeningkatanmotivasibelajarsiswaditunjukkanidenganpeningkatandarisiklusIsebesar7533%dengankategoribaikmenjadi81%kesiklusIIdengankategoribaikdarisiklusIkesiklusIImengalamipeningkatan567%.PeningkatanmotivasibelajarjugadiikutiolehpeningkatanhasilbelajarinidilihatdariketuntasanklasikaldarisiklusIsebesar1578%danmenjadi8684%siklusII.BerdasarkanpadahasilpenelitiandisarankanagarparapendidikdapatmenggunakanmodelpembelajaranThinkPairSharedipadupetakonsepinikarenadapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.Penelitihendaknyamenggunakanwaktu/jampelajarandengansebaik-baiknyadisarankanmelakukanpenelitiandalampembelajaranBiologidenganmateriyangberbedauntukmengembangkandanmenerapkanpembelajarandenganpembelajarankooperatifmodelTPSdipadupetakonsep.ii