Penerapan pembelajaran berbasis masalah (PBM) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang / Mariya Ulfah
Main Author: | Ulfah, Mariya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/26135/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKUlfahMariya.2009.PenerapanPembelajaranBerbasisMasalah(PBM)UntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisdanHasilBelajarsiswaKelasXSMANegeriMalang.SkripsiJurusanBiologiProgramStudiPendidikanBiologiFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.HadiSuwonoM.Si(II)Dr.FatchurRohmanM.Si.Katakuncipembelajaranberbasismasalah(PBM)berpikirkritishasilbelajar.PenelitianinibertolakdarihasilobservasidanwawancarayangtelahdilakukanpenelitisehinggaditemukanadanyapermasalahanmengenairendahnyakemampuanberpikirkritisdanhasilbelajardalammatapelajaranbiologidiSMANegeri5MalangkhususnyaKelasX-3.SalahsatunpermasalahantersebutdapatdilihatdariLKS(LembarKerjaSiswa)yangbiasadigunakansiswasebagaipenuntunkegiatanuntukmengujikonsepdalambukuatauinformasiyangdisampaikanolehguru.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswakelasX-3denganmenerapkanPembelajaranBerbasisMasalah(PBM)dalammatapelajaranbiologidiSMANegeri5Malang.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangdilaksanakandengan2siklus.SubjekpenelitianiniadalahkelasX-3diSMAN5Malangdenganjumlah32siswa.SetiapsiklusPTKterdiriatasperencanaantindakanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahlembarwawancaralembarlaporancatatanlapangansoaltesangketdandokumentasi.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahpersentaseketercapaianPBMdankemampuanberpikirkritissertahasilbelajarsiswa(ranahkognitif).HasilpenelitianmenunjukkanadanyapeningkatanpersentasepadakemampuanberpikirkritissetelahtindakanPBMdilakukandarisiklusIsampaisiklusII.Persentasekemampuanberpikirkritispadahasilkaryasiswa(laporan)mengalamipeningkatansebesar15%darisiklusIsebesar49%kesiklusIIsebesar64%.Hasilbelajarsiswauntukranahkognitifjugamengalamipeningkatansebesar13%.PersentasehasilbelajarpadasiklusIsebesar70%danpadasiklusIIsebesar83%.Dayaserapklasikalsiswajugamengalamipeningkatansebesar25%.PadasiklusIdayaserapklasikalsebesar63%dansiklusIIsebesar88%.BerdasarkanhasilpenelitianmakadapatdikatakanbahwaPenerapanPembelajaranBerbasisMasalah(PBM)dapatmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarbiologisiswaKelasXSMANegeri5Malang.